Roboguru

Proses perubahan menuju proses sistem sosial, ekonomi, dan politik yang mengacu pada kemajuan yang ada di Eropa Barat dan Amerika Utara dari abad ke-17 hingga 19, dan menyebar ke Negara Eropa lain, serta dari abad ke-19 dan 20 menyebar ke Negara Amerika Selatan, Asia, dan Afrika, merupakan pengertian modernisasi berdasarkan definisi ….

Pertanyaan

Proses perubahan menuju proses sistem sosial, ekonomi, dan politik yang mengacu pada kemajuan yang ada di Eropa Barat dan Amerika Utara dari abad ke-17 hingga 19, dan menyebar ke Negara Eropa lain, serta dari abad ke-19 dan 20 menyebar ke Negara Amerika Selatan, Asia, dan Afrika, merupakan pengertian modernisasi berdasarkan definisi ….space 

  1. historisspace 

  2. sosiologisspace 

  3. relatifspace 

  4. klasikspace 

  5. modernspace 

Pembahasan Soal:

Menurut definisi historis, modernisasi adalah “proses perubahan menuju proses sistem sosial, ekonomi, dan politik yang mengacu pada kemajuan yang ada di Eropa Barat dan Amerika Utara dari abad ke-17 hingga 19, dan menyebar ke Negara Eropa lain. Kemudian, dari abad ke-19 dan 20 menyebar ke Negara Amerika Selatan, Asia, dan Afrika.” Kemajuan ini dapat dipengaruhi oleh adanya peristiwa-peristiwa besar, seperti Revolusi Perancis dan Revolusi Industri. Dan proses penyebarannya ke negara-negara di Amerika Selatan, Asia, dan Afrika dapat dipengaruhi oleh faktor kolonialisme.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Modernisasi berasal dari bahasa latin, yaitu modernus, yang terdiri dari dua kata, modo dan ernus. Modo berarti cara, sedangkan ernus menunjuk pada ….

Pembahasan Soal:

Istilah ‘modern’ pada modernisasi berasal dari bahasa latin, yaitu modernus, yang terdiri dari dua kata, modo dan ernus. Modo berarti cara dan ernus menunjuk pada periode waktu masa kini. Berdasarkan istilah ini, modernisasi dapat diartikan sebagai proses yang dilakukan masyarakat untuk menyesuaikan dengan perkembangan terkini, misalnya dalam memanfaatkan perkembangan teknologi. Berdasarkan kemajuan-kemajuan teknologi yang ada saat ini, modernisasi mengarahkan masyarakat untuk berproses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern.

0

Roboguru

Modernisasi berasal dari bahasa latin, yaitu modernus, yang terdiri dari dua kata, modo dan ernus. Modo menunjuk pada arti …

Pembahasan Soal:

Istilah ‘modern’ pada modernisasi berasal dari bahasa latin, yaitu modernus, yang terdiri dari dua kata, modo dan ernus. Modo berarti cara dan ernus menunjuk pada periode waktu masa kini. Berdasarkan istilah ini, modernisasi dapat diartikan sebagai proses yang dilakukan masyarakat untuk menyesuaikan dengan perkembangan terkini, misalnya dalam memanfaatkan perkembangan teknologi. Berdasarkan kemajuan-kemajuan teknologi yang ada saat ini, modernisasi mengarahkan masyarakat untuk berproses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Jadi, jawabam yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Modernisasi tergantung pada fenomena yang sedang berkembang, ketika fenomena yang sedang berkembang adalah budaya K-Pop, maka budaya tersebutlah yang sedang dianggap modern oleh masyarakat. Kondisi te...

Pembahasan Soal:

Berdasarakan pengertian relatif, modernisasi tidaklah memiliki standar ataupun acuan yang mutlak. Dengan kata lain, modernisasi dapat berasal dari negara-negara Barat bisa juga dari negara-negara Timur, karena tergantung pada fenomena yang sedang berkembang. Misalnya, ketika fenomena yang sedang berkembang adalah budaya K-Pop, maka budaya tersebutlah yang sedang dianggap modern oleh masyarakat. Selain itu, kemajuan teknologi yang berkembang saat ini, seperti kendaraan, handphone, maupun peralatan elektronik, perkembangannya telah dipengaruhi oleh kemajuan dari negara-negara Asia, seperti Jepang, Korea, maupun Tiongkok.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Modernisasi memang kerap kali disamakan dengan westernisasi. Namun, yang menjadi perbedaannya adalah ….

Pembahasan Soal:

Westernisasi merupakan sebuah sikap yang cenderung hanya menyerap budaya atau gaya hidup Barat, dan tidak selalu mengacu pada kemajuan. Sedangkan, modernisasi merupakan sebuah proses yang mengacu pada suatu kemajuan. Jadi, ketika ada seseorang atau masyarakat yang bersikap kebarat-baratan, belum tentu mereka dapat dikatakan sebagai masyarakat yang modern.

0

Roboguru

Perhatikan beberapa wujud modernisasi berikut ini! Berkembangnya aplikasi belanja online yang memudahkan masyarakat dalam berbelanja Kemunculan ojek online yang menciptakan lapangan kerja baru bag...

Pembahasan Soal:

Salah satu alasan diperlukannya modernisasi adalah karena modernisisasi dapat menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat. Nilai tambah ini bertujuan untuk mengembangkan suatu industri kreatif di masyarakat dalam mengembangkan usaha-usahanya. Misalnya, kemunculan ojek online yang menciptakan lapangan kerja baru di masyarakat dan memudahkan masyarakat lainnya dalam bepergian. Kemudian, modernisasi juga telah mendorong masyarakat untuk menghasilkan inovasi sekaligus memberi pesan-pesan kreatif melalui sebuah produk sebagai nilai tambah baru. Misalnya, produk-produk ramah lingkungan, seperti produk sedotan yang terbuat dari bambu atau stainless steel yang mengampanyekan tentang bahaya dari produk-produk berbahan plastik satu pakai ataupun produk-produk batik yang terbuat dari pewarna alami yang dipasarkan di masyarakat. Selain itu, program internet masuk desa juga bisa menghasilkan nilai tambah bagi masyarakatnya, yang salah satunya bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian masyarakat.

Poin 1) tidak tepat, karena lebih menggambarkan bahwa modenisasi membuat hidup menjadi praktis dan nyaman, sedangkan poin 5), lebih menggambarkan modernisasi dapat meningkatkan efisiensi kerja dan meningkatkan produksi.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved