Roboguru

Proses pembangunan yang tidak merata mendorong munculnya kecemburuan sosial. Kondisi tersebut terjadi karena masyarakat di daerah pelosok merasa tidak diperhatikan. Akibatnya, mereka melakukan aksi demonstrasi menuntut keadilan. Latar belakang terjadinya konflik tersebut adalah ....

Pertanyaan

Proses pembangunan yang tidak merata mendorong munculnya kecemburuan sosial. Kondisi tersebut terjadi karena masyarakat di daerah pelosok merasa tidak diperhatikan. Akibatnya, mereka melakukan aksi demonstrasi menuntut keadilan. Latar belakang terjadinya konflik tersebut adalah ....undefined  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Konflik merupakan perbedaan atau pertentangan antar individu atau kelompok sosial yang terjadi karena perbedaan kepentingan, serta adanya usaha memenuhi tujuan dengan jalan menentang pihak lawan disertai dengan ancaman atau kekerasan. Faktor-faktor yang menjadi latar belakang terjadinya konflik sosial yaitu:

1. Perbedaan antara individu-individu. Perbedaan pendirian dan perasaan mungkin akan melahirkan bentrokan antara mereka, terutama perbedaan pendirian dan perasasaan. Sehingga, hal ini lantas menjadi faktor penyebab konflik yang signifikan.

2. Perbedaan kebudayaan. Perbedaan kepribadian dari orang perorangan tergantung pula dari pola-pola kebudayaan yang menjadi latar belakang pembentukan serta perkembangan kepribadian, yang sedikit banyak akan mempengaruhi kepribadian seseorang dalam kebudayaan tersebut.

3. Perbedaan kepentingan. Perbedaan kepentingan antara individu maupun kelompok merupakan sumber lain dari pertentangan baik kepentingan ekonomi, politik, dan sebagainya.

4. Perubahan sosial. Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat untuk sementara waktu akan mengubah nilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang dapat menyebabkan munculnya golongan-golongan yang berbeda pendiriannya.undefined  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Entry

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penyebab utama terjadinya konflik di lingkungan perusahaan adalah ...

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan konflik. Konflik adalah adanya pertentangan atau pertikaian di antara dua pihak. Dalam soal penyebab utama terjadinya konflik di lingkungan perusahaan adalah kesenjangan pendapatan antarindividu. Adanya perbedaan pendapatan tersebut, menyebabkan kelompok yang berpendapatan rendah, melakukan aksi atau permintaan terhadap perusahaan agar bisa memiliki gaji yang hampir setara tanpa adanya kesenjangan yang dalam. Kondisi tersebutlah yang pada akhirnya menyebabkan konflik internal perusahaan.

Dengan melihat penjelasan tersebut jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Salah satu penyebab terjadinya pertentangan atau konflik sosial adalah …

Pembahasan Soal:

Menurut Soerjono Soekanto faktor yang dapat menyebabkan konflik adalah :

1. Perbedaan pendirian dan perasaan antar individu

2. Perbedaan kebudayaan yang dapat mempengaruhi perbedaan kepribadian yang terbentuk dalam kebudayaan tersebut

3. Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok

4. Perubahan sosial yang memicu adanya perubahan tata nilai sehingga memunculkan golongan dengan pendirian yang berbeda

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Espace space

0

Roboguru

Buatlah 5 contoh gejala yang ditimbulkan dari PPKM darurat yang bisa menyebabkan konflik dalam masyarakat ...

Pembahasan Soal:

Konflik adalah adanya pertikaian di antara dua kelompok, yang saling berupaya menjatuhkan. Dengan adanya PPKM melahirkan gejala yang berpotensi menyebabkan konflik, hal tersebut di antaranya;
  1. Bantuan yang salah sasaran, pada akhirnya berpotensi menyebabkan konflik antara penerima bantuan, dan yang tidak menerima bantuan, padahal membutuhkan.
  2. Penutupan jalan yang keliru, pada akhirnya berpotensi menyebabkan konflik, antara masyarakat dan pasukan pengamanan di jalanan.
  3. Kebijakan yang kontroversial, seperti penutupan cafe-cafe secara sepihak, berpotensi menimbulkan konflik antara pemilik usaha, dan pasukan pengaman.
  4. Pengusiran kerumunan dengan kekerasan.
  5. Memaksa masyarakat untuk diam di rumah, ketika masyarakat tersebut tidak diberi bantuan.

Dengan melihat penjelasan tersebut, PPKM Darurat melahirkan berbagai potensi konflik, dan menjadi Pekerjaan Rumah bagi pemerintah untuk cermat dalam berbagai kebijakan agar tidak merugikan berbagai pihak.space 

0

Roboguru

Menurut Robert M. Z. Lawang, konflik terjadi disebabkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Konflik berasal dari bahasa latin, yaitu configure yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik merupakan proses sosial dimana terdapat gejala-gejala untuk menyingkirkan pihak lain dengan jalan menghancurkannya. Sedangkan menurut M Z Lawang Konflik sosial adalah perjuangan untuk memperoleh hal-hal yang langka, seperti nilai, status, kekuasaan, dan sebagainya, yang tujuan mereka berkonflik itu tidak hanya memperoleh keuntungan, tetapi juga untuk menundukkan pesaingnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa menurut Robert M. Z. Lawang, konflik terjadi disebabkan oleh perjuangan untuk memperoleh hal-hal yang bersifat langka dan berharga.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Aspace space 

0

Roboguru

Ketika negara belum bisa mewujudkan kesejahteraan rakyatnya secara merata maka kesenjangan ekonomi masih terjadi antara kelompok miskin dan kaya. Hal itu berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat y...

Pembahasan Soal:

Kesenjangan sosial merupakan kondisi ketidakseimbangan dalam masyarakat yang ditandai dengan adanya kelompok kaya dan miskin yang dikaitkan dengan materi seperti harta kekayaan maupun barang. Kesenjangan sosial ekonomi muncul ketika adanya peluang dan manfaat yang tidak sama untuk posisi yang berbeda dalam masyarakat. Terjadinya kesenjangan sosial ekonomi disebabkan adanya ketidakadilan seperti akses pendidikan yang sulit, terbatasnya lapangan kerja di beberapa daerah sehingga menyebabkan penganguran dan tingkat pendapatan masyarakat rendah, pembangunan yang belum merata di beberapa daerah yang menghambat distribusi hasil produksi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved