Roboguru

Proses migrasi hewan bisa berlangsung lama dan menempuh jarak yang jauh. Mengapa kumpulan hewan yang melakukan migrasi tidak tersesat?

Pertanyaan

Proses migrasi hewan bisa berlangsung lama dan menempuh jarak yang jauh.

Mengapa kumpulan hewan yang melakukan migrasi tidak tersesat?

Pembahasan Soal:

Beberapa hewan melakukan migrasi atau perpindahan tempat besar-besaran pada beberapa musim. Hewan-hewan tersebut memanfaatkan kemagnetan bumi sebagai arah atau petunjuk dalam migrasi. Kehidupan makhluk hidup di bumi tidak lepas dari kemagnetan pada bumi. Beberapa makhluk hidup seperti burung, salmon, dan ikan paus sering melakukan migrasi dengan memanfaatkan kemagnetan sebagai arah atau petunjuk jalan. Hewan mampu mendeteksi medan magnet bumi karena di dalam tubuh hewan terdapat magnet. Fenomena tersebut dinamakan biomagnetik. Selain bermanfaat dalam melakukan migrasi, biomagnetik pada tubuh hewan berguna pula untuk mempermudah upaya mencari mangsa, atau menghindari musuh.

jadi, faktor utama yang menyebabkan hewan tidak tersesat saat migrasi adalah karena hewan memanfaatkan kemagnetan sebagai arah atau petunjuk jalan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. ACFLSATUSEMBILANTIGA

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana mekanisme migrasi pada burung?

Pembahasan Soal:

Pola yang paling umum adalah terbang ke utara untuk berkembang biak pada musim panas Arktik dan terbang kembali ke selatan yang hangat ketika udara sedang mengalami musim dingin.undefined 

0

Roboguru

Mengapa ikan paus sering tersesat ketika melakukan perjalanan migrasi?

Pembahasan Soal:

Paus dapat tersesat pada saat melakukan migrasi karena gelombang sonar atau gelombang  ultrasonik yang mereka gunakan untuk menentukan arah terganggu oleh gelombang suara dari kapal dan aktivitas manusia lainnya.undefined 

0

Roboguru

Berikan beberapa contoh hewan yang menggunakan kemagnetan dalam tubuhnya!

Pembahasan Soal:

beberapa contoh hewan yang menggunakan kemagnetan dalam tubuhnya adalah sebagai berikut:

  1. Migrasi Burung seperti burung elang, burung merpati, dan burung layang-layang dengan memanfaatkan partikel magnet pada tubuhnya untuk menentukan arah berdasarkan arah medan magnet bumi. 
  2. Migrasi Ikan Salmon untuk kembali ke aliran sungai air tawar tempat awal mereka menetas dan tumbuh setelah berenang ribuan mil mengarungi lautan dengan memanfaatkan medan magnet yang dapat dideteksi oleh ikan Salmon
  3. Migrasi Penyu. Pergerakan penyu dalam mengikuti jalur medan magnet bertujuan untuk menjaga penyu agar tetap berada di lautan yang hangat dan wilayah yang kaya akan sumber makanan.
  4. Migrasi Lobster Duri. Lobster duri mampu merasakan medan magnet bumi untuk memandu migrasi yang dilakukan dari lepas pantai Florida menuju lautan lepas yang lebih hangat dan tenang di setiap akhir musim gugur.
  5. Magnet dalam Bakteri. Magnetotactic bacteria merupakan kelompok bakteri yang mampu melakukan navigasi dan bermigrasi dengan memanfaatkan medan magnet

0

Roboguru

Perhatikan senyawa berikut ini! senyawa khusus yang dimiliki organisme untuk bermigrasi adalah ....

Pembahasan Soal:

Magnetotactic bacteria merupakan kelompok bakteri yang mampu melakukan navigasi dan bermigrasi dengan memanfaatkan medan magnet. Beberapa jenis bakteri ini memiliki flagela yang berfungsi sebagai pendorong. Jenis bakteri ini ditemukan pertama kali oleh Richard P. Blakemore pada tahun 1975. Magnetosome tersusun atas senyawa magnetite (Fe3O4) atau greigite (Fe3S4) yang memiliki sifat kemagnetan jauh lebih kuat dibandingkan dengan magnet sintetik atau yang dibuat oleh manusia. Magnetosome dan senyawa yang terkandung di dalamnya masih terus diteliti dan diduga memiliki potensi yang besar untuk digunakan dalam bidang kesehatan. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Tujuan lobster duri memanfaatkan medan magnet bumi dalam bermigrasi dari pantai ke lautan lepas untuk...

Pembahasan Soal:

Lobster duri bermigrasi untuk menemukan lautan yang tenang dan hangat sehingga dapat mendukung keberlangsungan kehidupan si lobster duri.

Dengan demikian, tujuan lobster duri memanfaatkan medan magnet bumi dalam bermigrasi dari pantai ke lautan lepas untuk memperoleh lingkungan hangat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved