Iklan

Iklan

Pertanyaan

Proses integrasi dapat dilihat melalui proses ...

Proses integrasi dapat dilihat melalui proses ...

  1. asimilasi dan akulturasi

  2. empati dan simpati

  3. amalgamasi dan empati

  4. harmoni sosial dan kesetaraan

  5. diferensiasi dan stratifikasi

Iklan

N. Atika

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A, asimilasi dan akulturasi.

jawaban yang tepat adalah A, asimilasi dan akulturasi.

Iklan

Pembahasan

Hal yang ditanyakan dalam soal adalah terkait proses integrasi sosial. Integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan . Unsur-unsur yang berbeda tersebut dapat meliputi perbedaan kedudukan sosial, ras, etnik, agama, bahasa, kebiasaan, sistem nilai, dan norma. Dari unsur yang berbeda-beda inilah kemudian terjadilah proses integrasi sosial yang meliputi: Akulturasi . Menurut Koentjaraningrat, akulturasi adalah proses sosial yang terjadi bila kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada kebudayaan asing yang berbeda. Proses sosial itu akan berlangsung hingga unsur kebudayaan asing itu diterima masyarakat dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri. Asimilasi . Merupakan suatu proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha untuk mengurangi perbedaan-perbedaan yang ada di antara individu atau kelompok dalam masyarakat. Dalam proses ini, setiap individu dalam masyarakat berusaha untuk mempertinggi kesatuan tindakan, sikap, dan proses-proses mental dengan memperhatikan kepentingan dan tujuan bersama. Saat itu, setiap anggota kelompok dan masyarakat tidak lagi membedakan dirinya dengan anggota yang lainnya sehingga batas-batas diantara mereka hilang dan melebur menjadi satu kesatuan. Akomodasi. Soerjono Soekanto mengartikan akomodasi sebagai suatu proses usaha manusia untuk meredakan pertentangan dan mencapai kestabilan. Akomodasi di dalam masyarakat diharapkan dapat menyelesaikan pertentangan atau konflik tanpa menghancurkan pihak lawan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A, asimilasi dan akulturasi.

Hal yang ditanyakan dalam soal adalah terkait proses integrasi sosial. Integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang berbeda tersebut dapat meliputi perbedaan kedudukan sosial, ras, etnik, agama, bahasa, kebiasaan, sistem nilai, dan norma. Dari unsur yang berbeda-beda inilah kemudian terjadilah proses integrasi sosial yang meliputi:

  1. Akulturasi. Menurut Koentjaraningrat, akulturasi adalah proses sosial yang terjadi bila kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada kebudayaan asing yang berbeda. Proses sosial itu akan berlangsung hingga unsur kebudayaan asing itu diterima masyarakat dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri.
  2. Asimilasi. Merupakan suatu proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha untuk mengurangi perbedaan-perbedaan yang ada di antara individu atau kelompok dalam masyarakat. Dalam proses ini, setiap individu dalam masyarakat berusaha untuk mempertinggi kesatuan tindakan, sikap, dan proses-proses mental dengan memperhatikan kepentingan dan tujuan bersama. Saat itu, setiap anggota kelompok dan masyarakat tidak lagi membedakan dirinya dengan anggota yang lainnya sehingga batas-batas diantara mereka hilang dan melebur menjadi satu kesatuan.
  3. Akomodasi. Soerjono Soekanto mengartikan akomodasi sebagai suatu proses usaha manusia untuk meredakan pertentangan dan mencapai kestabilan. Akomodasi di dalam masyarakat diharapkan dapat menyelesaikan pertentangan atau konflik tanpa menghancurkan pihak lawan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A, asimilasi dan akulturasi.

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Akulturasi dan asimilasi Akulturasi dan asimilasi dapat menjadi faktor pendorong integrasi sosial karena adanya perpaduan dua unsur kebudayaan yang pada akhirnya menciptakan kesatuan, dalam hal ini ma...

444

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia