Iklan

Iklan

Pertanyaan

Proses apakah yang terjadi pada gambar a dan b?

Proses apakah yang terjadi pada gambar a dan b?

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

JIka dilihat berdasarkan gambar pada soal, maka : Gambar a merupakan gambar mengenai proses pertumbuhan pada tanaman. Pertumbuhanadalah sebuah proses pertambahan volume yang bersifat irreversible (tidak dapat balik). Hal ini dapat terjadi karena adanya pembelahan mitosis atau pembesaran sel dandapat pula disebabkan oleh keduanya. Pertumbuhan dapat diukur dan dinyatakan secara kuantitatif, contohnya pertumbuhan batang tanaman dapat diukur menggunakan busur pertumbuhan. Contoh yang ditampilkan pada gambar adalah proses pertumbuhan dari biji hingga menjadi satu tanaman sempurna yangmengalami penambahan tinggi tanaman. Gambar b merupakan gambar mengenai proses perkembangan pada tanaman. Perkembangan adalah terspesialisasinya sel-sel menjadi struktur dan fungsi tertentu. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran seperti yang dapat dilakukan pada saat mengukur pertumbuhan tanaman, namundapat dinyatakan dengan perubahan bentuk dan tingkat kedewasaan.Contoh yang ditampilkan pada gambar adalah proses perkembangandari tan[pa bunga kemudian berkembang menjadi berbunga dan berbuah.

JIka dilihat berdasarkan gambar pada soal, maka :

  1. Gambar a merupakan gambar mengenai proses pertumbuhan pada tanaman. Pertumbuhan adalah sebuah proses pertambahan volume yang bersifat irreversible (tidak dapat balik). Hal ini dapat terjadi karena adanya pembelahan mitosis atau pembesaran sel dan dapat pula disebabkan oleh keduanya. Pertumbuhan dapat diukur dan dinyatakan secara kuantitatif, contohnya pertumbuhan batang tanaman dapat diukur menggunakan busur pertumbuhan. Contoh yang ditampilkan pada gambar adalah proses pertumbuhan dari biji hingga menjadi satu tanaman sempurna yang mengalami penambahan tinggi tanaman.
  2. Gambar b merupakan gambar mengenai proses perkembangan pada tanaman. Perkembangan adalah terspesialisasinya sel-sel menjadi struktur dan fungsi tertentu. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran seperti yang dapat dilakukan pada saat mengukur pertumbuhan tanaman, namun dapat dinyatakan dengan perubahan bentuk dan tingkat kedewasaan. Contoh yang ditampilkan pada gambar adalah proses perkembangan dari tan[pa bunga kemudian berkembang menjadi berbunga dan berbuah.

Latihan Bab

Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Proses Perkecambahan

Jenis-jenis Perkecambahan

Jenis-jenis Pertumbuhan pada Tumbuhan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut! Jelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan!

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia