Roboguru

Promosi jabatan dengan imbalan tinggi merupakan bentuk mobilitas sosial yang dapat memicu terjadinya ... persaingan antarpegawai perdebatan antarpegawai konflik antarpegawai keharmonisan antarpegawai

Pertanyaan

Promosi jabatan dengan imbalan tinggi merupakan bentuk mobilitas sosial yang dapat memicu terjadinya ...

  1. persaingan antarpegawai
  2. perdebatan antarpegawai
  3. konflik antarpegawai
  4. keharmonisan antarpegawai
  1. Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar

  2. Jika jawaban (1) dan (3) benar

  3. Jika jawaban (2) dan (4) benar

  4. Jika hanya jawaban (4) benar

  5. Jika semuanya benar

Pembahasan Soal:

Promosi jabatan merupakan bentuk mobilitas sosial karena individu dapat melakukan gerak perpindahan ke lapisan yang lebih tinggi. Namun, promosi jabatan dalam suatu perusahaan atau lembaga dapat memicu terjadinya hal berikut ini:

  • Persaingan antarpegawai

Dalam konteks sosiologi persaingan atau kompetisi merupakan bentuk Dissosiatif atau mengarah pada perpecahan. Persaingan merupakan bentuk perebutan sesuatu yang sifatnya langka tetapi dengan jalan baik tanpa ada keinginan saling menjatuhkan. Promosi jabatan menjadikan antar pegawai berusaha menjadi lebih baik dan saling bersaing untuk mendapatkannya.

  • Perdebatan antarpegawai

Perdebatan muncul dari suatu pandangan yang berbeda terhadap suatu hal antar pegawai dalam usahanya untuk mendapatkan jabatan.

  • Konflik antarpegawai

Konflik muncul ketika antar pegawai yang bersaing secara baik berusaha saling menjatuhkan sehingga terjadi benturan-benturan antarpegawai demi mendapatkan jabatan yang dipromosikan. Hal itu sangat sering dijumpai dalam suatu promosi jabatan.

 

Poin 4 tidak tepat karena keharmoniasan antarpegawai bukan dipengaruhi oleh ada atau tidaknya promosi jabatan yang dilakukan oleh perusahaan tetapi lebih kepada peran HRD dalam perusahaan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 18 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), pekerja asing dapat dengan mudah masuk ke Indonesia, sehingga menimbulkan kecemburuan sosial dan pengangguran pada tenaga keria Indonesia. Interaksi yang meng...

Pembahasan Soal:

Interaksi disosiatif (mengarah pada perpecahan) diantaranya adalah persaingan, kontravensi, dan pertikaian. Persaingan (kompetisi) merupakan suatu upaya yang melibatkan individu atau kelompok memperebutkan sesuatu yang jumlahnya terbatas tanpa disertai ancaman dan kekerasan. Permasalahan yang muncul akibat adanya MEA adalah pekerja asing dapat dengan mudah masuk ke Indonesia, sehingga menimbulkan kecemburuan sosial dan pengganguran pada tenaga kerja Indonesia. Hal itu disebabkan karena keberadaan MEA mengarahkan persaingan pekerja lokal dan asing dalam mencari pekerjaan.

0

Roboguru

Cara pemberian suatu pandangan atau pengaruh oleh seseorang kepada orang lain dengan cara tertentu sehingga orang tersebut mengikuti pandangan atau pengaruh itu tanpa berpikir secara kritis dan rasion...

Pembahasan Soal:

Sugesti adalah pemberian pengaruh atau pandangan dari satu pihak kepada pihak lain. Akibatnya pihak yang dipengaruhi akan tergerak mengikuti pengaruh atau pandangan tersebut. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat C.

0

Roboguru

Syarat utama terjadinya aktivitas sosial dalam kehidupan masyarakat adalah ….   (SBMPTN 2015)

Pembahasan Soal:

Kata kunci pada soal adalah aktivitas sosial. Menurut ilmu sosiologi, aktivitas diartikan sebagai segala bentuk kegiatan yang ada di masyarakat, contohnya seperti gotong royong, dan kerja sama baik yang berdasarkan hubungan tetangga ataupun kekerabatan. Aktivitas sosial berkenaan dengan kegiatan yang dilakukan masyarakat yang di dalamnya terdapat syarat interaksi sosial. Dalam interaksi sosial, terdapat unsur-unsur yang saling memengaruhi, sehingga akan menciptakan suatu aktivitas sosial. Dari interaksi ini, akan tumbuh kerja sama, perasaan saling membutuhkan, dan saling pengertian yang sangat penting dalam mewujudkan kehidupan bersama yang dinamis.

Pilihan A kurang tepat karena struktur mengarah pada tatanan masyarakat dalam bentuk stratifikasi dan diferensiasi. Pilihan C salah karena fungsi sosial berkenaan dengan kegunaan, sedangkan aktivitas sosial berkenaan dengan kegiatan yang dilakukan masyarakat. Pilihan D kurang tepat karena dalam proses sosial berkenaan dengan cara masyarakat berhubungan dan berperilaku/berinteraksi, dari sinilah baru terdapat pengaruh timbal balik dari berbagai aspek yang berkembang menjadi aktivitas sosial. Sedangkan pilihan E salah karena dinamika sosial lebih membahas tentang perubahan di masyarakat, bukan kegiatan di masyarakat. undefined 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah B.undefined   

0

Roboguru

Interaksi merupakan proses sosial yang menjadi dasar terjadinya aktivitas sosial dalam masyarakat. Interaksi tersebut bermanfaat sebagai berikut, KECUALI ...

Pembahasan Soal:

Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang melibatkan antarindividu, individu dengan kelompok, maupun antarkelompok. Proses interaksi sosial yang terjadi di masyarakat memiliki tujuan tertentu seperti menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk mencapai atau mewujudkan keinginan masing-masing pihak. Selain itu, tujuan lain dari interaksi sosial yaitu untuk mengenal individu atau kelompok lain. Adapun manfaat yang dapat diperoleh masyarakat berdasarkan interaksi sosial yang mereka lakukan dapat mendorong terjadinya integrasi sosial di masyarakat dan memadukan beberapa kepentingan melalui kegiatan kerja sama antarpihak tertentu. Tidak hanya itu, melalui interaksi sosial yang terjalin dari berbagai pihak bermanfaat dalam mengenal adat istiadat masyarakat yang berbeda dan mengurangi ketegangan antarkelompok masyarakat yang berbeda karena semakin akrab. Oleh karenanya, tujuan interaksi sosial berbeda dengan manfaat yang diperoleh melalui interaksi sosial.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut untuk menjawab soal Pernyataan: Kerjasama merupakan salah satu contoh perilaku nyata yang dapat mendukung terbentuknya integras sosial di masyarakat. Sebab Di dalam k...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benarKerjasama merupakan salah satu contoh perilaku nyata yang dapat mendukung terbentuknya integras sosial di masyarakat. Alasan benar, Di dalam kerjasama terjadi interaksi antara individu yang satu dengan individu lainnya, yang dilakukan untuk mencapai tujuan bersama. Pernyataan dan alasan menunjukkan sebab akibat.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved