Roboguru

Proklamasi Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 bukan akhir dari perjuangan bangsa. Setelah proklamasi, justru bangsa Indonesia mendapatkan rintangan terkait keutuhan negara dan bangsa. Peranan tokoh Kasman Singodimedjo dalam menjaga keutuhan negara dan bangsa adalah...

Pertanyaan

Proklamasi Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 bukan akhir dari perjuangan bangsa. Setelah proklamasi, justru bangsa Indonesia mendapatkan rintangan terkait keutuhan negara dan bangsa. Peranan tokoh Kasman Singodimedjo dalam menjaga keutuhan negara dan bangsa adalah... 

  1. menjadi penengah antara golongan muda dan golongan tua terkait waktu pelaksanaan proklamasi.

  2. menjadi penengah antara golongan muda dan golongan tua terkait pembentukkan Badan Keamanan Rakyat yang banyak menuai protes.

  3. menjadi penengah antar anggota PPKI terkait permasalahan tujuh kata dalam piagam Jakarta.

  4. menjadi penengah antara kelompok Soekarno yang pro diplomasi dengan kelompok Jenderal Soedirman yang pro perjuangan senjata.

  5. menjadi penengah terkait permasalahan hasil dari perjanjian Renville yang dianggap terlalu merugikan Republik.

Pembahasan Soal:

Sosok Kasman Singodimedjo tidak boleh dilupakan begitu saja oleh bangsa Indonesia. Melalui jasanya, bangsa Indonesia bisa bersatu dengan menjadi mediator Sukarno-Hatta dengan Ki Bagus Hadikusumo, seorang anggota PPKI dalam permasalahan mengenai dasar Pancasila. Setelah proklamasi, pada malam harinya Kasman Singodimedjo bersilaturahmi dan meyakinkan Ki Bagus tentang pentingnya kompromi dan keberatan kelompok timur Indonesia mengenai tujuh kata dalam Piagam Jakarta. Setelah diskusi mendalam, akhirnya Ki Bagus bersedia mencoret tujuh kata dalam piagam Jakarta dengan syarat agar tujuh kata dalam Piagam Jakarta diganti dengan rumusan sila Pancasila dan menginginkan persoalan agama harus ditempatkan sebagai sila pertama dalam Pancasila. Sila pertama yang semula berbunyi "Ketuhanan dengan kewajiban melaksanakan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya" berubah menjadi "Ketuhanan Yang Maha Esa". 

Berdasarkan perjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Undang-Undang Dasar yang diterapkan pada 18 Agustus 1945 dirancang oleh...

Pembahasan Soal:

UUD 1945 dirancang sejak 28 Mei 1945 oleh Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau dikenal dengan Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai yang beranggotakan 62 orang, diketuai oleh Radjiman Wedyodiningrat dan Ichibangase Yosio (Jepang) serta Raden Pandji Soeroso sebagai wakil ketua. Badan tersebut (BPUPKI) ditetapkan berdasarkan maklumat gunseikan nomor 23 bersamaan dengan ulang tahun Tenno Heika pada 29 April 1945. BPUPKI melakukan dua kali sidang. Sidang yang pertama dilakukan pada tanggal 28 Mei - 1 Juni 1945 dengan agenda perumusan Dasar Negara. Sedangkan sidang yang kedua dilaksanakan pada tanggal 10 - 17 Juli 1945 dengan agenda membahas rancangan UUD dan pembukaannya.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Dalam perumusan dasar negara Indonesia, rumusan dasar negara Pancasila yang sempat menjadi perdebatan panjang dan sengit hingga akhir penetapan tanggal 18 Agustus 1945, adalah penetapan sila pertama y...

Pembahasan Soal:

Perumusan dasar negara Indonesia yang kemudian dikenal dengan nama Pancasila, sejatinya dibentuk dan direncanakan sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Pembicaraan awal tentang hal itu bermula dari sidang pertama BPUPKI pada 29 Mei-1 Juni 1945, yang membahas tentang persoalan dasar negara. Hasil dari persidangan BPUPKI pertama menghasilkan lima butir dasar negara yang disebut Pancasila, namun persidangan menyepakati agar dibentuk suatu panitia yakni Panitia Sembilan yang diketuai oleh Ir. Soekarno untuk kembali membahas lima butir dasar negara hasil sidang BPUPKI pertama tersebut. Akhirnya, pada 22 Juni 1945 Piagam Jakarta atau Jakarta Charter berhasil disahkan oleh Panitia Sembilan, mencakup di dalamnya lima butir dasar negara yang kemudian dikenal dengan Pancasila.
Akan tetapi, menjelang diresmikannya dasar negara dalam sidang PPKI pada 18 Agustus 1945, terdapat perubahan lima butir dasar negara dalam Piagam Jakarta, terutama dalam sila ke-1. Pada awalnya sila ke-1 berbunyi, "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya", kemudian berubah menjadi, "Ketuhanan Yang Maha Esa". Adapun perubahan ini dilakukan sebagai wujud persatuan dan bentuk penerimaan bahwa di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hidup beragam keyakinan, sehingga berubah lah sila ke-1 menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa. 

Dengan demikian, rumusan dasar negara Pancasila yang memancing perdebatan hingga akhir penetapannya adalah sila ke-1 dalam Piagam Jakarta yang berbunyi Ketuhanan dengan kewajban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya. 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan berikut! "Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan keter...

Pembahasan Soal:

Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Tujuan Nasional Negara Republik Indonesia tertuang dalam alinea keempat, yaitu: "..melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial..." Dari alinea tersebut, dapat disimpulkan bahwa tujuan nasional berdasarkan Pancasila, sebagai berikut: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Dengan tujuan tersebut, kemerdekaan yang sudah didapat bukanlah akhir dari perjuangan. Sejarah kehidupan bangsa Indonesia masih panjang, Dalam rangka mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional, terdapat beberapa upaya untuk dilakukan negara, yaitu: memberikan kepastian dan perlindungan hukum terhadap semua warga negara tanpa diskriminatif, menyediakan fasilitas umum yang memadai yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat, menyediakan sarana pendidikan yang memadai dan merata, memberikan biaya pendidikan gratis di seluruh jenjang pendidikan bagi semua warga negaa, menyediakan infrastruktur dan transportasi yang memadai dan menunjang tingkat perekonomian rakyat, menyediakan lapangan kerja, mengirimkan pasukan perdamaian dalam rangka ikut serta berpartisipasi aktif untuk menjaga dan memelihara perdamaian dunia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Agenda sidang pertama PPKI adalah pembentukan susunan pemerintahan. Agenda tersebut menjadi sangat mendesak dan harus segera dibahas karena bangsa Indonesia ....

Pembahasan Soal:

Setelah proklamasi kemerdekaan, segera dilaksanakan sidang PPKI I, II, dan III yang menghasilkan keputusan dibentuknya sejumlah kelengkapan negara seperti UUD 1945, presiden dan wakil presiden, membentuk Komite Nasional, menentapkan pembagian delapan provinsi, membentuk BKR,dan membentuk KNIP. Hal ini dilakukan agar Indonesia sebagai negara yang merdeka harus mempunyai pemerintahan sebagai salah satu syarat berdirinya negara. Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 menentukan Sukarno dan Mohammad Hatta sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia. Selain itu terdapat poin penting lainnya dalam sidang pertama PPKI tanggal 18 Agustus 1945 yakni mengesahkan Undang-Undang 1945 dan tugas presiden sementara dibantu oleh Komite Nasional Indonesia Pusat sebelum dibentuknya MPR dan DPR.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Dalam sidang PPKI I tanggal 18 Agustus 1945, Sukarno membentuk 9 orang yang tergabung dalam panitia kecil yang disebut Panitia Sembilan. Tim ini diketuai oleh...

Pembahasan Soal:

Untuk mempermudah pekerjaan PPKI yang memiliki terlalu banyak anggota Soekarno memutuskan membentuk Panitia Sembilan. Ketua kelompok ini adalah Ir. Soekarno sendiri.


Dengan demikian Panitia Sembilan diketuai oleh Ir. Soekarnospace space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved