Roboguru

Program transmigrasi dilaksanakan untuk menangani pengangguran ....

Pertanyaan

Program transmigrasi dilaksanakan untuk menangani pengangguran ....space 

  1. strukturalspace 

  2. musimanspace 

  3. terselubungspace 

  4. siklisspace 

  5. teknologispace 

Pembahasan Soal:

Pengangguran struktural adalah pengangguran yang diakibatkan oleh perubahan struktur ekonomi dan corak ekonomi dalam jangka panjang.

Pengangguran Struktural dapat diatasi dengan peningkatan mobilitas modal dan tenaga kerja.

  • Mobilitas modal adalah usaha mengatasi pengangguran dengan cara memindahkan industri padat karya ke wilayah yang mengalami masalah pengangguran parah.
  • Mobilitas tenaga kerja (transmigrasi) adalah usaha mengatasi pengangguran dengan cara memindahkan ke daerah yang memiliki kesempatan kerja dan melatih ulang tenaga kerja tersebut agar sesuai dengan kebutuhan pencari kerja.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Fany

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bu Marlina merupakan seorang pengangguran yang disebabkan karena ia diberhentikan dari perusahaan tempat ia bekerja. Perusahaan melakukan pemberhentian kerja karena terjadinya krisis ekonomi di negara...

Pembahasan Soal:

Salah satu jenis pengangguran berdasarkan penyebabnya adalah pengangguran strukturan. Pengangguran struktural adalah pengangguran yang disebabkan oleh adanya perubahan kondisi perekonomian, misalnya inflasi atau krisis ekonomi. 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.undefined  

Roboguru

Jelaskan penyebab timbulnya pengangguran struktural!

Pembahasan Soal:

Pengangguran struktural adalah pengangguran yang disebabkan perubahan struktur dan corak kegiatan ekonomi sebagai akibat  perkembangan ekonomi. Hal ini bisa disebabkan karena berdirinya industri padat modal dapat menggantikan peran tenaga manusia dalam proses kerja yang meliputi keahlian, pekerjaan, industri, dan juga lokasi geografis dari tenaga kerja tersebut menjadi tidak memenuhi kriteria, sehingga mengubah struktur ekonomi. Seperti relokasi industri, dan lain lain.          

Roboguru

Adapun yang dimaksud dengan pengangguran struktural adalah....

Pembahasan Soal:

Pengangguran struktural adalah pengangguran yang terjadi akibat perubahan dalam struktur perekonomian, misalnya perubahan dari struktur perekonomian agraris menjadi struktur perekonomian industri. Contoh pengangguran struktural: Aji yang semula bekerja sebagai petani menjadi pengangguran akibat lahan pertanian di desanya mulai berubah menjadi pabrik dan pemukiman.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D. space 

Roboguru

Akibat krisis global perusahaan-perusahaan otomotif di Amerika dan Jepang, mulai (berencana) merumahkan karyawannya, hal ini akan mengakibatkan meningkatnya jumlah pengangguran di kedua negara tersebu...

Pembahasan Soal:

Pengangguran siklikal merupakan pengangguran yang terjadi karena siklus perekonomian yang naik turun sebagai gelombang konjungtur perekonomian.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. undefined 

Roboguru

Arya berangkat ke kota untuk mencari pekerjaan. Ia merasa hasil dari buruh tani tidak mencukupi kebutuhannya. Ia belum juga memperoleh pekerjaan karena tidak memiliki keahlian di bidang lain. Kondisi ...

Pembahasan Soal:

pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15-64 tahun) dan tidak mempunyai pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan.

Jenis-jenis pengangguran:

  1. Pengangguran Struktural: Pengangguran jenis ini terjadi ketika para tenaga kerja tidak dapat mengikuti keterampilan yang diminta karena adanya perubahan struktur ekonomi.
  2. Pengangguran Konjungtur: Pengangguran yang terkena dampak perubahan dalam perekonomian, utamanya adalah dampak dari permintaan-penawaran terhadap suatu barang. Mereka adalah pekerja yang harus dikurangi pada saat produksi menurun karena berkurangnya permintaan, hal ini dilakukan untuk mencegah kerugian yang lebih besar.
  3. Pengangguran Friksional: Pengangguran ini terjadi karena adanya sebuah kesulitan, yaitu mempertemukan pencari kerja dengan lowongan pekerjaan.
  4. Pengangguran Musiman: Pengangguran ini terjadi karena adanya perubahan musim. Misalnya petani, mereka hanya akan bekerja pada saat musim tanam dan musim panen, tetapi setelah itu mereka akan menganggur, inilah yang disebut pengangguran musiman.
  5. Pengangguran Teknologi: Pengangguran ini terjadi karena bidang-bidang produksi yang dulunya dikerjakan dengan tenaga manusia, sekarang bisa menjadi lebih mudah jika dikerjakan dengan teknologi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space space 

 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved