Roboguru

Pertanyaan

Prinsip geografi untuk menganalisis perkembangan perkotaan sejak zaman kolonial dan berasosiasi dengan perairan seperti sungai dan pesisir adalah ....

  1. Korologis dan kronologis

  2. Distribusi dan aglomerasi

  3. Segregasi dan lokalisasi

  4. Korologi dan aglomerasi

  5. Kronologi dan distribusi

D. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Perkembangan perkotaan zaman kolonial mengacu pada sejarah kota. Kota kolonial adalah koloni-koloni yang dikembangkan oleh para pendatang dari Eropa. Pada perkembangan selanjutnya tempat koloni-koloni tersebut berkembang menjadi pusat pemerintahan penjajahan Belanda. Pembahasan mengenai perkembangan kolonial ini jika kita kaitkan dengan konsep geografi maka yang muncul adalah konsep aglomerasi di mana terdapat pengelompokan-pengelompokkan atau koloni. Hal ini sesuai dengan bahasan yang ada pada soal, di mana perkembangan kota berasosiasi dengan pelabuhan. Sementara, jika kita bahas mengenai perkembangannya, maka tidak lepas dari prinsip distribusi, sebab dalam perkembangan kota kolonial, para penjajah ingin menguasai Indonesia dari semua sisi dan kemudian dibangunlah kota kolonial yang tersebar secara merata di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

187

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Fenomena pencemaran air tanah akibat bakteri E. Coli yang sering terjadi di perkotaan dapat ditelaah dengan menerapkan prinsip ….  persebaran deskripsi interelasi korologi  (SBMPTN 2017)

74

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia