Roboguru

Presiden Amerika Serikat, Woodrow Wilson turut serta dalam upaya menyelesaikan Perang Dunia I dengan menuangkan ide-ide yang dikenal dengan Wilson’s Fourteen Points. Salah satu ide yang di ungkapkan Woodrow Wilson tersebut adalah ....

Pertanyaan

Presiden Amerika Serikat, Woodrow Wilson turut serta dalam upaya menyelesaikan Perang Dunia I dengan menuangkan ide-ide yang dikenal dengan Wilson’s Fourteen Points. Salah satu ide yang di ungkapkan Woodrow Wilson tersebut adalah ....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada akhir Perang Dunia I Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson mengucapkan pidato yang disebut Wilson Fourteen points. Ide yang diungkapkan dalam pidato tersebut adalah tentang perdamaian pasca terjadinya Perang Dunia I. 

Dengan demikian, salah satu ide yang di ungkapkan Woodrow Wilson tersebut adalah tentang perdamaian pasca terjadinya Perang Dunia I.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Usulan mengenai Wilson’s Fourteen Point disepakati pada tanggal .....

Pembahasan Soal:

Wilson’s Fourteen Point yang berisikan tentang seruan perdamaian dunia pasca terjadinya perang dunia pertama ditandatangani pada 8 Januari 1918. Atas usulan tersebut munculah sebuah ide mengenai pembentukan organisasi internasional yang dapat menjaga perdamaian dunia dan menyelesaikan sengketa atas negara-negara di dunia. Organisasi internasional yang dimaksud adalah Liga Bangsa-Bangsa.

0

Roboguru

Perhatikan Gambar berikut! Negara-negara pada wilayah yang ditunjukkan oleh angka X saling bekerja sama dan membentuk organisasi ....

Pembahasan Soal:

Berawal dari keinginan menciptakan perdamaian dunia akibat Perang Dunia I, Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson memberikan usulan Peace without Victory yang berisi: (1) perjanjian-perjanjian rahasia tidak diperbolehkan, (2) semua bangsa mempunyai kedudukan yang sama, (3) pengurangan persenjataan. Usulan tersebut kemudian diimplementasikan ke dalam 14 pasal perdamaian bangsa (Wilson’s Fourteen Points) yang salah satunya berisi “Perlu dibentuknya Liga Bangsa-Bangsa (LBB)”. Akhirnya pada 10 Januari 1920 Liga Bangsa-Bangsa didirikan. LBB bermarkas di Genewa, Swiss.

Dengan demikian negara-negara pada wilayah yang ditunjukkan oleh angka X saling bekerja sama dan membentuk organisasi LBB (Liga Bangsa Bangsa).

 

0

Roboguru

Ide-ide tentang perdamaian dunia diwujudkan melalui pembentukan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) atau League of Nations.... SEBAB LBB merupakan organisasi yang bertujuan untuk mencegah perang melalui keaman...

Pembahasan Soal:

Pernyataan Benar. Berakhirnya Perang Dunia I membuat banyak pemimpin dunia saat itu, khususnya Woodrow Wilson, yang menganggap perlunya sebuah lembaga internasional yang mencakup semua bangsa harus dibentuk untuk menjamin perdamaian di masa depan. Untuk itu pada perjanjian Versailles 28 Juni 1919, ditetapkanlah beberapa klausul dari perjanjian Versailes tersebut yang berkaitan dengan pendirian Liga Bangsa-bangsa dan kemudian tanggal 10 Januari 1920, Liga Bangsa-Bangsa diresmikan.

Alasan Benar. Liga Bangsa-bangsa merupakan organisasi Internasional yang bertujuan untuk menjaga perdamaian dunia, pendiri Liga Bangsa-Bangsa (AS) berharap bahwa seluruh bangsa-bangsa di dunia dapat bergabung ke dalam LBB, karena ketika ada krisis antar negara atau bangsa, lembaga ini dapat menjadi salah satu penengah dalam upaya negosiasi antar pihak yang bertikai. Bahkan dalam Liga BangsaBangsa, para anggotanya telah mengatur mekanisme apabila ada pertikaian yang tidak dapat diselesaikan melalui jalur negosiasi.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah B.

0

Roboguru

Orang yang membentuk LBB?

Pembahasan Soal:

Berawal dari keinginan menciptakan perdamaian dunia akibat Perang Dunia I, Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson memberikan usulan Peace without Victory yang berisi:

  1. Perjanjian-perjanjian rahasia tidak diperbolehkan.
  2. Semua bangsa mempunyai kedudukan yang sama.
  3. Pengurangan persenjataan.

Usulan tersebut kemudian diimplementasikan ke dalam 14 pasal perdamaian bangsa (Wilson’s Fourteen Points) yang salah satunya berisi “Perlu dibentuknya Liga Bangsa-Bangsa (LBB)”. Akhirnya pada 10 Januari 1920 Liga Bangsa-Bangsa didirikan.

Dengan demikian, yang membentuk LBB adalah Woodrow Wilson.

0

Roboguru

Sebutkan 4 poin pemikiran presiden Wodrow Wilson yang menjadi dasar pembentukan LBB!

Pembahasan Soal:

Perang Dunia I yang terjadi pada tahun 1914-1918 telah mengakibatkan sejumlah kerugian serta penderitaan bagi seluruh masyarakat dunia. Hal tersebut yang mendorong didirikannya Liga Bangsa-Bangsa yang bertujuan menjamin perdamaian dunia. Berdirinya Liga Bangsa-Bangsa  pada 10 Januari 1920 didasarkan pada gagasan Woodrow Wilson seputar perdamaian dunia atau yang lebih dikenal sebagai Wilson's Fourteen Points. Isi dari Wilson's Fourteen Points yakni: diplomasi rahasia tidak diperbolehkan, pengurangan persenjataan, bangsa-bangsa diberi hak untuk menentukan nasibnya sendiri, pembentukan Liga Bangsa-Bangsa, kebebasan lalu lintas di segala lautan, soal koloni-koloni harus ditilik kembali, Jerman harus keluar dari Rusia, Belgia dibangun kembali, Alsace-Lorraine dikembalikan kepada Prancis dan kerusakan di sana harus diperbaiki, tapal batas Italia harus dipulihkan, bangsa-bangsa di bawah Austria-Hungaria harus memilih pemerintahannya sendiri, memulihkan daerah-daerah di bawah kekuasaan Turki, kebebasan bagi Polandia dan diberi jalan laut kepadanya, serta Serbia harus diberikan jalan ke laut dan memulihkan negara nasionalnya di Balkan. 

Dengan demikian, 4 poin pemikiran Woodrow Wilson yang menjadi landasan berdirinya LBB adalah diplomasi rahasia tidak diperbolehkan, pengurangan persenjataan, bangsa-bangsa diberi hak untuk menentukan nasibnya sendiri, dan kebebasan lalu lintas di segala lautan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved