Roboguru

Premium mempunyai bilangan oktan sekitar 88. Apa arti pernyataan tersebut?

Pertanyaan

Premium mempunyai bilangan oktan sekitar 88. Apa arti pernyataan tersebut?space 

Pembahasan Soal:

Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Menentukan bilangan oktan, ditetapkan dua jenis senyawa sebagai pembanding, yaitu isooktana dan n-heptana. Kedua senyawa ini adalah dua di antara banyak macam senyawa yang terdapat dalam bensin. lsooktana menghasilkan ketukan paling sedikit dan diberi bilangan oktan 100, sedangkan n- heptana menghasilkan ketukan paling banyak dan diberi bilangan oktan 0 (nol). Suatu campuran yang terdiri atas 80 % isooktana dan 20 % n-heptana mempunyai bilangan oktan sebesar :

open parentheses 80 over 100 cross times 100 close parentheses plus open parentheses 20 over 100 cross times 0 close parentheses equals 80 

Sehingga jika premium mempunyai bilangan oktan 88 maka perbandingan komposisi isooktana dan n-heptana nya adalah 88 % isooktana dan 12 % n-heptana.


Jadi, premium mempunyai bilangan oktan 88 maka perbandingan komposisi isooktana dan n-heptana nya adalah 88 % isooktana dan 12 % n-heptana.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved