Roboguru

Predikat yang dibentuk oleh adverbia frekuentatif + verba terdapat pada kalimat ...

Pertanyaan

Predikat yang dibentuk oleh adverbia frekuentatif + verba terdapat pada kalimat ...space space space 

  1. Hasil survei itu sesuai dengan usaha masyarakat dunia agar tidak pecah perang.space space space 

  2. Sejumlah negara terus berusaha mencari jalan untuk menyelesaikan masalah secara damai.space space space 

  3. Korut hanyalah salah satu persoalan yang membuat kawasan Asia Timur dan Tenggara semakin dinamis.space space space 

  4. Tiongkok, misalnya, yang telah menjadi kekuatan besar di kawasan Asia dan bahkan dunia, ingin menegaskan peran dan kehadirannya.space space space 

  5. Tiongkok ingin menjadi, katakanlah pengganti AS yang memang di zaman Presiden Donald Trump ini ingin lebih fokus mengurusi masalah-masalah dalam negeri.space space space 

Pembahasan Soal:

Baik adverbia maupun verba termasuk ke dalam kebahasaan teks editorial.

  1. Adverbia merupakan kata keterangan yang mengikuti kata kerja, kata benda, atau kata sifat. Dalam pembahasan teks editorial, adverbia yang digunakan untuk menyatakan intensitas atau frekuensi suatu tindakan atau keadaan. Contohnya, selalu, biasanya, sering, kadang-kadang, sebagian besar waktu, jarang.
  2. Verba dan ketiga jenisnya yaitu, verba material, verba mental, verba relasional


Meskipun tidak termasuk verba yang sering digunakan, kata terus berdasarkan KBBI memiliki makna kegiatan yang terus berulang, tidak berhenti. Jadi, adverbia frekuentatif + verba dalam teks tersebut terdapat pada kata terus berusaha pada kalimat Sejumlah negara terus berusaha mencari jalan untuk menyelesaikan masalah secara damai ....

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Analisislah kaidah kebahasaan teks editorial tersebut! (bagian verba mental)

Pembahasan Soal:

Salah satu kebahasaan yang digunakan dalam teks editorial adalah verba atau kata kerja. Verba mental adalah salah satu jenis verba. Verba ini merupakan kata kerja mengungkapkan pekerjaan yang tidak terlihat secara fisik, seperti memikirkan, merasakan, menghayal. Contoh kalimat yang ditemukan menggunakan verba mental adalah sebagai berikut.

  1. Jumlah tersebut memang masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah sampah pada bulan sebelumnya yang mencapai 1,1 juta ton.
  2. Dengan adanya sanksi yang tegas, diharapkan akan mampu memberikan efek jera kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan.

Dengan demikian, verba mental yang ditemukan dalam teks tersebut terdapat pada kalimat yang mengandung kata dibandingkan dan diharapkan.space space space 

0

Roboguru

Pada paragraf pertama kutipan kutipan editorial tersebut, terdapat beberapa verba material. Berikut yang tidak termasuk contohnya adalah ....

Pembahasan Soal:

Verba termasuk salah satu kaidah kebahasaan teks editorial. Namun, secara jenisnya terdapat tiga macam, yaitu: 

  1. Verba mental, kata kerja yang mengungkapkan pekerjaan yang tidak terlihat secara fisik, seperti memikirkan, merasakan, menghayal.
  2. Verba material, kata kerja yang mengungkapkan pekerjaan yang terlihat secara fisik, seperti memotong, menangkap, menyentuh.
  3. Verba relasional, kata kerja yang menghubungkan konsep dengan definisi, verba ini hanya terlihat dari penggunaan kalimat saja, seperti adalah atau merupakan.


Terdapat beberapa verba material dalam teks tersebut. Namun, yang tidak termasuk ke dalam verba material adalah verba mental, yaitu kata bepikir salah satunya pada kalimat sementara, sebanyak 51 persen responden berpikir Korut akan memicu perang, yang berarti akan pecah Perang Korea II.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space space space 

0

Roboguru

Makna frasa solusi yang fleksibel adalah....

Pembahasan Soal:

Makna kata dalam Bahasa Indonesia adalah hubungan antara ujaran dengan arti dari sebuah kata. Makna kata juga dapat diartikan sebagai maksud yang terkandung dari sebuah kata.

Makna frasa (kata)  "solusi yang fleksibel" adalah solusi yang termudah. Fleksibel adalah kelenturan atau mudah diatur. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering kali mendengar kata fleksibel bahkan kita sering mengucapkannya. Kata fleksibel ini juga bisa diartikan seseorang yang mudah menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang baru.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Bacalah kutipan teks editorial berikut! (1) Pernah terpikir soal berapa banyak pengguna internet saat ini? (2) “Bila Anda ingin memerdekakan sebuah masyarakat,” ujar Wael Ghonim, “yang Anda butuhkan...

Pembahasan Soal:

Verba relasional adalah verba yang mengandung pengertian A adalah B, misalnya adalah dan merupakan. Verba relasional yang terdapat pada paragraf di atas adalah merupakan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut!   (1) Baru-baru ini tidak jarang orang yang membicarakan tentang Ujian Nasional berbasik komputer. (2) Itulah salah satu upaya untuk pengembangan teknologi di Indones...

Pembahasan Soal:

Verba mental terdiri atas verba yang menerangkan persepsi, afeksi, kognisi. Verba persepsi, yaitu verba yang berkaitan dengan pancaindera, seperti melihat, mendengar, mencium. Verba afeksi adalah verba yang berkaitan dengan perasaan psikologis seseorang, seperti marah, sedih, khawatir, dan senang. Verba kognisi yaitu  verba yang berkaitan dengan proses memahami sesuatu, seperti berpikir, mengerti, dan memahami. Kalimat yang terdapat verba mental adalah kalimat (1) karena terdapat kata membicarakan yang berkaitan dengan proses memahami sesuatu.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved