Roboguru

Prasasti Tugu dibuat pada masa pemerintahan…..

Pertanyaan

Prasasti Tugu dibuat pada masa pemerintahan…..

  1. Raja Kudungga

  2. Raja Mulwarman

  3. Raja Asmawarman

  4. Ratu Sima

  5. Raja Purnawarman

Pembahasan Soal:

Prasasti Tugu adalah salah satu prasasti yang berasal dari Kerajaan Tarumanegara. Prasasti ini merupakan prasasti terpanjang dan terpenting dari kerajaan Tarumanegara yang dibuat pada masa pemerintahan Raja Purnawarman. Prasasti Tugu menerangkan tentang penggalian Sungai Candrabaga oleh Rajadirajaguru dan penggalian Sungai Gomati oleh Purnawarman pada tahun ke-22 masa pemerintahannya. Penggalian sungai tersebut merupakan gagasan untuk menghindari bencana alam berupa banjir yang sering terjadi pada masa pemerintahan Purnawarman dan kekeringan yang terjadi pada musim kemarau. Prasasti Tugu juga menjelaskan tentang kekuasaan Raja Purnawarman yang mengalami lika-liku, kemudian dijelaskan bahwa ia merupakan raja besar yang memiliki sifat bijaksana dan pandai. Selain itu, prasasti tersebut juga menjelaskan mengenai pemberian sapi berjumlah seribu ekor kepada kaum brahmana.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 16 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pembangunan saluran Gomati dilakukan oleh masyarakat Kerajaan Tarumanegara atas perintah raja Purnawarman. Pembangunan saluran tersebut bertujuan untuk . . . .

Pembahasan Soal:

Menurut prasasti Tugu, Raja Purnawarman memerintahkan rakyat untuk membangun saluran Gomati. Saluran Gomati ini membawa pengaruh besar bagi masyarakat karena saluran ini berguna sebagai sarana pengairan, pencegahan banjir, serta sarana lalu lintas perdagangan dan pelayaran antardaerah.

0

Roboguru

Apa peninggalan Kerajaan Tarumanegara?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan Hindu yang terletak di Jawa Barat. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-4 hingga abad ke-7 Masehi dengan raja pertamanya adalah Jayasingawarman (358-382 M). Bukti-bukti peninggalan Kerajaan Tarumanegara bisa dilihat dari prasasti yang dimilikinya. Prasasti tersebut, yaitu Prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Jambu/Prasasti Pasir Koleangkak, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Tugu, Prasasti Pasir Awi.

Dengan demikian, peninggalan-peninggalan kerajaan Tarumanegara adalah berupa prasasti.

0

Roboguru

Gambar diatas merupakan gamber salah satu prasasti kerajaan Tarumanegara yang berisi tentang penggalian saluran air gomati dan Candrabaga yang dilakukan oleh Raja Purnawarman. Tunjukkanlah nama prasas...

Pembahasan Soal:

Gambar di atas merupakan gambar dari prasasti Tugu. Prasasti Tugu merupakan peninggalan tertulis dari kerajaan Tarumanegara. Prasasti tersebut ditulis pada masa pemerintahan Raja Purnawarman. Secara garis besar, prasasti Tugu mencatat mengenai pembangunai sungai atau kanal air di wilayah kerajaan Tarumanegara. Sungai tersebut adalah Gomati dan Candrabaga. Pembangunan tersebut dimulai pada tanggal delapan paroh gelap bulan Phalguna dan selesai pada tanggal tiga belas paroh terang bulai Caitra. Pembangunan tersebut memakan waktu kurang lebih selama 21 hari. Panjang dari sungai yang dibangun pada masa pemerintahan Purnawarman yakni 6.122 busur atau sekitar 11 km. Setelah proyek pembuatan sungai atau kanal air selesai, dilakukan upacara selamatan oleh para brahmana dengan persembahan 1.000 ekor sapi.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Kerajaan Tarumanegara diduga terletak di tepi Sungai Bekasi. Berdasarkan bukti dalam prasasti ...

Pembahasan Soal:

Ditemukan di daerah Tugu, Cilincing, Jakarta Utara. Prasasti ini dipahatkan pada sebuah batu bulat panjang melingkar dan isinya paling panjang. Prasasti ini berisi kabar tentang penggalian sungai Gomati ( yang nanti bernama sungai bekasi ) pada masa kepemimpinan Purnawarman.

.

0

Roboguru

Amati gambar berikut! Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang prasasti berikut!

Pembahasan Soal:

Prasasti tersebut adalah salah satu prasasti Yupa yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Kutai. Prasasti ini menggunakan huruf Pallawa dan dalam bahasa Sanskerta yang dibuat sekitar abad ke-5 Masehi . Prasasti ini ditulis dalam bentuk puisi anustub. Isinya menceritakan Raja Mulawarman yang memberikan sumbangan kepada para kaum Brahmana berupa emas dan 20.000 ekor sapi. Mulawarman disebutkan sebagai cucu dari Kudungga, dan anak dari Aswawarman. Prasasti ini merupakan bukti peninggalan tertua dari kerajaan yang beragama Hindu di Indonesia.

Dengan demikian prasasti tersebut merupakan prasasti Yupa peninggalan dari Kerajaan Kutai Isinya menceritakan Raja Mulawarman yang memberikan sumbangan kepada para kaum Brahmana berupa emas dan 20.000 ekor sapi. Mulawarman disebutkan sebagai cucu dari Kudungga, dan anak dari Aswawarman.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved