Roboguru

Praktek pemanfaatan tanaman obat dapat dilakukan m...

Praktek pemanfaatan tanaman obat dapat dilakukan melalui berbagai macam cara agar mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal. Kelompok tanaman berikut ini yang dimanfaatkan rimpangnya adalah . . . undefined 

  1. Jahe, asam jawa dan jinten undefined 

  2. Temulawak, kunyit dan jahe undefined 

  3. Temulawak, kencur dan cabeundefined 

  4. Jahe, mahkota dewa dan ladaundefined 

Jawaban:

Tanaman obat adalah jenis yang sebagian atau seluruh isi tanaman tersebut, seperti daun, batang, buah, umbi, hingga akar digunakan sebagai obat. Salah satunya tanaman obat jenis rimpang paling banyak digunakan. Rimpang atau rhizoma adalah modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar di bawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan tunas serta akar baru dari ruas-ruasnya.

  • Kunyit

Kunyit biasanya dimanfaatkan sebagai pewarna makanan dan juga untuk jamu. Ramuan ini cukup populer sebagai minuman yang menyehatkan untuk tubuh. Dilansir dari healthline, kunyit merupakan suplemen nutrisi yang paling efektif. Kandungan senyawa pada kunyit sama dengan obat. Senyawa utama pada kunyit disebut curcuminoids atau nama lainnya kurkumin. Senyawa inilah yang merupakan bahan aktif utama yang memiliki antiinflamasi kuat dan antioksidan sangat kuat. 

Manfaat yang dapat kamu peroleh dari kunyit ini sangatlah beragam. Salah satunya untuk kesehatan adalah mampu meredakan radang sendi. Kunyit tak hanya mampu mengobati penyakit tubuh dari dalam, tapi juga untuk bagian kulit luar. Kunyit mengandung antiseptik dan antibakteri yang cocok jadi obat penawar luka.

  • Temulawak

Tumbuhan rimpang asli Indonesia ini dikenal dengan beberapa nama, antara lain Curcuma, Curcuma de Java, Curcuma Javanais, dan masih banyak lagi. Temulawak memiliki bentuk yang hampir sama dengan kunyit, namun dari segi rasa dan aroma berbeda. Temulawak memiliki kandungan utama yakni kurkumin, protein, karbohidrat, dan berbagai mineral seperti mangan, besi, kalium, natrium dan magnesium. Berkat semua senyawa tersebut, temulawak banyak diambil manfaatnya untuk kesehatan di antaranya mengatasi masalah pencernaan, mengobati kanker dan sebagai obat antiradang.

  • Jahe

Jenis tanaman herbal satu ini telah dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan. Jahe memiliki kandungan yang bersifat sebagai antiinflamasi, antibakteri dan antioksidan yang baik untuk mengobati berbagai macam penyakit, meningkatkan sistem imunitas tubuh dan merawat kecantikan kulit. Selain itu jahe dipercaya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga terhindar dari penyakit kembung, sembelit dan asam lambung yang sering menyerang sistem pencernaan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B. undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved