Roboguru

Pola pengembangan wilayah di kawasan Asia Tenggara adalah....

Pertanyaan

Pola pengembangan wilayah di kawasan Asia Tenggara adalah....

  1. optimalisasi sektor industri

  2. pembangunan sektor teknologi

  3. optimalisasi teknologi pada sektor agraris

  4. pengembangan sektor peternakan di daerah sabana

  5. pengembangan rencana MDG (Millennium Development Goals)

Pembahasan Soal:

Secara umum model pengembangan wilayah di Asia Tenggara lebih menekankan pada sektor agraris yaitu upaya pengolahan sumber daya alam secara langsung seperti pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan. Namun akhir-akhir sektor industri mulai berkembang namun hanya sebatas manufaktur. Negara-negara Asia Tenggara mulai bergerak menuju negara industri. Negara di Asia Tenggara (kecuali Singapura) kebanyakan masih mengimpor beberapa produk dari negara maju sehingga menghasilkan ketergantungan yang berlebihan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junior

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 05 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Setiap pembangunan membutuhkan suatu perencanaan, dengan pemanfaatan lahan yang sesuai agar tidak merusak lingkungan. Sebutkan pendapat kalian tentang manfaat dari masing-masing perencanaan pembanguna...

Pembahasan Soal:

Perencanaan pembangunan wilayah adalah upaya untuk mengoptimalkan aktivitas serta fungsi wilayah dengan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi wilayah tersebut dengan memperhatikan kondisi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada. Perencanaan pembangunan permukiman dilakukan agar pembangunan permukiman tetap menjaga kelestarian lingkungan misalnya sumber air dan lahan terbuka hijau. Selain itu, perencanaan pembanguan permukiman juga bermanfaat untuk menentukan pembangunan fasilitas lainnya.  

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ! Setiap wilayah melakukan interaksi dengan wilayah lainnya untuk mendorong terjadinya pertumbuhan wilayah. Akan tetapi, kenyataan yang ditemui terkadang tidak sesuai deng...

Pembahasan Soal:

Wilayah tersebut merupakan wilayah perkotaan. Kawasan Perkotaan adalah wilayah yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman perkotaan, pemusatan dan distribusi pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi. Sektor pembangunan yang dapat dikembangkan pada wilayah tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. sektor industri
  2. sektor jasa
  3. sektor pendidikan tinggi
  4. sektor pariwisata dan perhotelan, dan sebagainya.

0

Roboguru

Kenapa faktor pendidikan memengaruhi pertumbuhan wilayah?

Pembahasan Soal:

Pendidikan adalah faktor yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan wilayah. Karena dengan pendidikan akan menciptakan SDM masyarakat yang handal dan berkompeten. Kunci dan modal utama dalam pembangunan dan pertumbuhan suatu wilayah menjadi wilayah yang lebih berkembang dan maju adalah kualitas SDM,  baik buruknya kualitas SDM juga dipengaruhi oleh pendidikan dan ketrampilan SDM tersebut. Semakin berkualitas SDM maka pembangunan wilayah akan cepat untuk terlaksana. 

0

Roboguru

Bagaimana tujuan pembangunan wilayah dapat di katakan telah tercapai?

Pembahasan Soal:

Pembangunan adalah suatu upaya meningkatkan segenap sumber daya yang dilakukan secara berencana dan berkelanjutan dengan prinsip daya guna yang merata dan berkeadilan. Tujuan pembangunan wilayah dapat dikatakan telah tercapai apabila indikator-indikator yang ditetapkan telah berhasil diterapkan. Indikator tersebut di antaranya produktivitas, efisiensi, dan partisipasi masyarakat

0

Roboguru

Deskripsikan lima macam bentuk kota dalam pengembangan wilayah di negara maju !

Pembahasan Soal:

Bentuk kota berdasarkan tingkat perkembangan wilayah, menurut Lewis Mumford adalah:

  • Eopolis. Tahap ini merupakan awal pembentukkan benih sebuah kota yang dicirikan dengan adanya perkampungan. Kegiatan masyarakat pada tahap ini masih terfokus pada sektor pertanian, pertambangan, perkebunan dan perikanan.
  • Polis. Kota pada tahap ini masih memiliki ciri kehidupan agraris, dan juga berperan sebagai pusat pemerintahan dan keagamaan. Tahap ini dicirikan dengan munculnya pasar di tengah perkampungan serta mulai berdirinya industri kecil. Pengaruh industri pada tahap ini masih belum begitu besar.
  • Metropolis. Pada tahap ini, kota sudah mengarah ke sektor industri dan kenampakan struktur ruang kota sudah berkembang cukup besar. Pengaruh kota sudah terasa hingga daerah sekitarnya sehingga banyak ditemukan kota satelit atau daerah penyokong kota utama.
  • Megalopolis. Tahap megapolis ini merupakan wilayah perkotaan yang terdiri dari kota-kota metropolis yang berdekatan lokasinya, sehingga membentuk jalur perkotaan yang sangat besar dan telah mencapai tingkat tertinggi. Tahap ini dicirikan dengan perilaku manusia di atasnya yang hanya berorientasi materi. Sistem birokrasi yang buruk dan standarisasi produk lebih dipentingkan pada tahap ini.
  • Tiranopolis. Pada tahap ini, kota sudah mengalami penurunan moral penduduknya dan dicirikan dengan adanya angka kriminalitas yang tinggi. Tahap ini merupakan awal kehancuran suatu kota. Kondisi perdagangan mulai menurun secara signifikan.
  • Nekropolis. Tahap ini disebut juga the city of dead, yaitu kehancuran total kota karena berbagai faktor seperti kelaparan, perang, bencana atau sistem tata kota yang buruk. Kenyamanan sudah tidak ditemukan pada kota seperti ini. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved