Roboguru

Pola keruangan desa radial adalah ....

Pertanyaan

Pola keruangan desa radial adalah ....undefined  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pola keruangan desa menurut Bintarto terdiri dari 5 pola, yaitu :
- Pada pilihan A. adalah : Pola desa memanjang terhadap jaringan jalan. Pada pola keruangan desa ini, permukiman penduduk akan memanjang mengikuti jaringan jalan. 
- Pada pilihan B adalah : Pola desa memanjang terhadap aliran sungai. Pada pola keruangan desa ini, permukiman penduduk akan memanjang mengikuti aliran sungai.
- Pada pilihan C adalah : Pola desa radial. Pada pola keruangan desa ini, permukiman penduduk memusat pada suatu gunung dan memanjang terhadap lereng gunung tersebut.
- Pada pilihan D adalah : Pola desa menyebar. Pada pola keruangan desa ini, permukiman penduduk menyebar di beberapa tempat yang berbeda. Hal tersebut dapat disebabkan karena kesuburan tanah yang tidak merata. Contohnya di wilayah karst.
- Pada pilihan E adalah : Pola desa memanjang terhadap garis pantai. Pada pola keruangan desa ini, permukiman penduduk akan memanjang mengikuti garis pantai. Biasanya terjadi pada desa dengan mata pencaharian penduduk utama sebagai nelayan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebaran pemukiman penduduk desa di wilayah pegunungan membentuk pola....

Pembahasan Soal:

Pola permukiman sebuah perkampungan penduduk di pedesaan dapat didefinisikan dari situs yang berada di dekatnya, misalnya pegunungan. Pola pemukiman di pegunungan yaitu mengelompok/terpusat karena tanahnya yang subur, aturan adat, ketersediaan sumber air dan sumber daya alam lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pola pemukiman penduduk desa yang terletak di dataran rendah yang subur adalah ...

Pembahasan Soal:

Pengaruh kondisi fisik suatu wilayah akan berpengaruh terhadap aktivitas manusia, termasuk di dalamnya pola permukiman.

  • Pola linier (memanjang) biasa terjadi pada wilayah-wilayah sepanjang sungai, pantai, jalan raya bahkan rel kereta api.
  • Pola radial (memutar) atau mengelilingi biasa berada pada wilayah danau. Atau sumber mata air.
  • Pola tersebar biasa terjadi pada daerah-daerah pertanian dengan tingkat kesuburan tanah yang berbeda. Penduduk akan terkonsentrasi pada daerah yang lebih subur. Pada serah karst permukiman akan tersebar pada daerah-daerah yang memiliki lokasi penampungan air
  • Pola terpencar biasa terjadi pada daerah-daerah bertopografi kasar karena penduduk mencari daerah datar yang dapat ditinggali.
  • Pola mengelompok biasa terjadi daerah-daerah datar atau pada daerah-daerah konsentrasi lahan pertanian dan air. Pola permukiman ini cepat berkembang. Interaksi antar masyarakat tinggi karena jarak rumah yang berdekatan menyebabkan banyaknya komunikasi yang dilakukan.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat adalah E. pola mengelompok

1

Roboguru

Desa yang terletak di daerah pegunungan dan dihuni penduduk satu kerabat maka pola pemukiman penduduk membentuk ...

Pembahasan Soal:

Perumahan yang tersusun mengikuti pola memusat/Mengelompok biasanya berbentuk unit-unit kecil, dan biasanya terdapat di daerah pegunungan (bisa juga dataran tinggi yang berelief kasar) dan daerah-daerah yang terisolir. Permukiman penduduk memusat mendekat sumber-sumber penghidupan mereka, seperti permukiman di pegunungan mengitari/mendekati mata air. Penduduk yang tinggal di permukiman yang terpusat biasanya masih memiliki hubungan kekerabatan atau hubungan pekerjaan, sehingga pola ini akan membantu mereka untuk saling berkomunikasi dengan mudah.

0

Roboguru

Desa yang terletak di daerah pegunungan dan dihuni penduduk satu kerabat maka pola pemukiman penduduk membentuk .....

Pembahasan Soal:

Perkampungan penduduk yang ada pada soal membentuk pola pemukiman mengelompok.

Pola permukiman penduduk adalah bentuk umum sebuah permukiman penduduk dan terlihat mengikuti pola tertentu. Pola permukiman penduduk berbeda-beda di setiap daerah.

  • Pola permukiman memusat/ mengelompok. Perumahan yang tersusun mengikuti pola ini biasanya berbentuk unit-unit kecil, dan biasanya terdapat di daerah pegunungan (bisa juga dataran tinggi yang berelief kasar) dan daerah-daerah yang terisolir. Permukiman penduduk memusat mendekati sumber-sumber penghidupan mereka, seperti permukiman di pegunungan mengitari/mendekati sumber mata air. Penduduk yang tinggal di permukiman yang terpusat biasanya masih memiliki hubungan kekerabatan atau hubungan pekerjaan, sehingga pola ini akan membantu mereka untuk saling berkomunikasi dengan mudah.
  • Pola permukiman memanjang. Perumahan yang tersusun dengan pola ini biasanya dapat dijumpai di sepanjang jalan, sepanjang sungai, dan sepanjang garis pantai. Anda bisa melihatnya, kan? Bentuknya memanjang mengikuti bentuk jalan, sungai, atau garis pantai.
  • Pola pemukiman menyebar. Pola pemukiman tersebar terdapat di daerah dataran tinggi atau daerah gunung api dan daerah-daerah yang kurang subur. Pada daerah dataran tinggi atau daerah gunung api penduduk akan mendirikan pemukiman secara tersebar karena mencari daerah yang tidak terjal, morfologinya rata dan relatif aman. Sedangkan pada daerah kapur pemukiman penduduk akan tersebar mencari daerah yang memiliki kondisi air yang baik.

0

Roboguru

Pola permukiman penduduk di daerah dengan topografi kasar, biasanya berbentuk …

Pembahasan Soal:

Pola persebaran penduduk desa dipengaruhi oleh faktor geografis wilayahnya. Empat faktor geografis yang menentukan persebaran desa yaitu topografi, iklim, jenis tanah dan air. Menurut Sutanto, pola keruangan desa dapat dibedakan antara lain sebagai berikut :

  1. Pola memanjang, biasanya terdapat pada desa yang terletak di sepanjang jalan, jalur sungai, dan daerah pantai.
  2. Pola memusat, memiliki ciri permukiman desa saling mengelompok, biasanya terdapat di daerah pegunungan.
  3. Pola tersebar, memiliki ciri permukiman penduduk menyebar di daerah pertanian.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pola permukiman penduduk di daerah dengan topografi kasar seperti pegunungan, biasanya berbentuk memusat.

Jadi, jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved