Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pola gerakan lempeng Australia dan lempeng Eurasia yang konvergen mengakibatkan terbentuknya busur gunung api di Indonesia. Dampak fenomena tersebut bagi Indonesia adalah ....

Pola gerakan lempeng Australia dan lempeng Eurasia yang konvergen mengakibatkan terbentuknya busur gunung api di Indonesia. Dampak fenomena tersebut bagi Indonesia adalah  ....

  1. Sering terjadi gempa dan gunung meletus 

  2. Umumnya hutan Indonesia berjenis hutan hujan tropik

  3. Sebagian besar wilayah Indonesia terdiri atas lautan

  4. Memiliki sumber daya alam hayati yang melimpah 

  5. Sering terjadi bencana banjir dan kekeringan 

Iklan

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pola gerakan yang terjadi antara benua Eurasia dan Australia sudah sangat lama terjadi, dan mungkin hingga saat ini. Dalam pergerakan yang terjadi antara lempeng Eurasi dan Australia merupakan gerak Konvergen (gerakan yang saling mendekat) Oleh karena itu fenomena yang terjadi membentuk Zona Konvergen dampaknya adalah banyak didaerah bagian barat Kepulauan Indonesia banyak tersebar gunung api, Oleh karena itu bagian barat Kepulauan Indonesia sangat rentan terjadi Gempa dan Gunung Meletus. Oleh karena itu pada soal ini jawaban yang paling tepat adalah Sering Terjadi Gempa dan Gunung Meletus. Pola gerakan yang terjadi antara benua Afrika dan Pulau Madagaskar sudah sangat lama terjadi, dalam proses pergerarakannya kedua obyek tersebut mengalami pola gerakan divergen karena keduanya saling menjauh.

Pola gerakan yang terjadi antara benua Eurasia dan Australia sudah sangat lama terjadi, dan mungkin hingga saat ini. Dalam pergerakan yang terjadi antara lempeng Eurasi dan Australia merupakan gerak Konvergen (gerakan yang saling mendekat) Oleh karena itu fenomena yang terjadi membentuk Zona Konvergen dampaknya adalah banyak didaerah bagian barat Kepulauan Indonesia banyak tersebar gunung api, Oleh karena itu bagian barat Kepulauan Indonesia sangat rentan terjadi Gempa dan Gunung Meletus. Oleh karena itu pada soal ini jawaban yang paling tepat adalah Sering Terjadi Gempa dan Gunung Meletus.
Pola gerakan yang terjadi antara benua Afrika dan Pulau Madagaskar sudah sangat lama terjadi, dalam proses pergerarakannya kedua obyek tersebut mengalami pola gerakan divergen karena keduanya saling menjauh.

686

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Fenomena yang terjadi di subduction zone sebagai akibat gerak konvergen adalah ….

752

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia