Roboguru

Pola aliran sungai di daerah yang relatif datar, d...

Pola aliran sungai di daerah yang relatif datar, dengan ciri anak-anak sungai bermuara pada sungai induk secara tidak teratur, membentuk sudut tumpul dan lancip adalah ….

  1. pola radial sentripetal

  2. pola radial sentrifugal

  3. pola dendritik

  4. pola anular

  5. pola trellis

Jawaban:

Bentuk-bentuk aliran sungai:

  • Pola radial sentrifugal adalah pola aliran pada kerucut gunung api atau dome dan arah alirannya menuruni lereng.
  • Pola radial sentripetal adalah pola aliran pada suatu kawah atau kaldera gunung api, danau atau daerah depresiasi lainnya dimana arah aliran air menuju pada pusat depresi itu.
  • Pola dendritik adalah pola aliran yang mirip cabang atau akar tanaman. Terdapat pada daerah datar, tidak beraturan dan membentuk sudut lancip maupun sudut tumpul pada percabangannya.
  • Pola anular adalah variasi pola aliran radial dimana pada suatu dome atau kaledera terdapat sungai obsekuen, resekuen, konsekuen dan subsekuen.
  • Pola trellis adalah pola aliran seperti jeruji, dengan sudut 90o pada anak-anak sungainya dari sungai utama. Pada pola ini, sungai mengalir sepanjang lembah dari suatu bentukan antiklin dan sinklin yang pararel

 

Sumber: K. Wardiyatmoko. 2013. Buku Geografi untuk SMA/MA kelas X. Erlangga: Jakarta

Berdasarkan penjelasan tersebut maka bentuk sungai yang dimaksud pada soal dengan aliran sungai di daerah datar, dengan ciri anak-anak sungai bermuara pada induk sungai tidak teratur, membentuk sudut tumpul dan lancip adalah ciri sungai dendritik yakni pilihan C.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved