Roboguru

Pokok bahasan teks anekdot tersebut adalah ....

Pertanyaan

Pokok bahasan teks anekdot tersebut adalah ....space 

  1. Seorang laki-laki menerima telepon dengan menempelkan setrika panas di telinga kanan dan kiri.undefined 

  2. Seorang laki-laki berobat ke rumah sakit karena kedua telinganya terluka bakar akibat terkena setrika panas.undefined 

  3. Seorang laki-laki bertelepon·dengan seseorang menggunakan setrika panas sehingga telinganya terbakar.undefined 

  4. Seorang laki-laki mengeluh kepada dokter di rumah sakit bahwa telinga kanan dan kirinya terkena luka bakar.undefined 

  5. Seorang laki-laki mengadu kepada dokter sambil marah-marah dengan seseorang yang telah meneleponnya.undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Anekdot termasuk teks narasi. Sebuah teks narasi mempunyai pokok-pokok isi yang menyusun cerita. Pokok-pokok isi tersebut dapat ditemukan dengan menjawab pertanyaan ADIKSIMBA (apa, dimana, kapan, siapa, dan bagaimana) sesuai dengan isi cerita. Berdasarkan penjelasan tersebut, pokok bahasan teks anekdot di atas adalah seorang laki-laki berobat ke rumah sakit karena kedua telinganya terluka bakar akibat terkena setrika panas.undefined 

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 20 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sasaran pembaca dalam teks anekdot tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Anekdot tidak sekadar menyajikan cerita lucu, tetapi ada makna tersirat yang terkandung yang membawa fungsi sosial dengan tujuan mengkritik atau menyindir. Kritik dan sindiran tersebut disampaikan melalui lelucon sehingga tidak terkesan menghakimi atau menyudutkan suatu pihak. Anekdot dibuat dengan sasaran pembaca tertentu sesaui dengan isi teksnya. Pada teks anekdot di atas, diceritakan bahwa saat pendakwah berceramah, semua orang tertidur karena ngantuk mendengar ceramahnya, sedangkan sopir angkot membawa kendaraan dengan ugal-ugalan. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan pendakwah tidak memberikan ceramah yang membosankan dan sopir angkot membawa kendaraan dengan lebih hati-hati. Oleh karena itu, sasaran pembaca dalam teks anekdot tersebut adalah sopir angkot dan pendakwah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Analisis isi yang tidak sesuai dengan isi teks anekdot tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Dalam menganalisis isi teks anekdot, dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Membaca atau menyimak, serta memahami anekdot dengan saksama
  2. Menentukan makna tersirat yang disampaikan berdasarkan identifikasi sebelumnya
  3. Mengaitkan makna anekdot dengan fakta dan nilai-nilai kehidupan
  4. Mengidentifikasi unsur-unsur anekdot
  5. Mengumpulkan dan menguraikan fakta-fakta yang berkaitan dengan topik anekdot

Oleh karena itu, analisis isi yang tidak sesuai dengan isi teks anekdot tersebut adalah menulis pesan singkat dipandang dapat digunakan sebagai sarana bergosip.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Mengapa tokoh Timur Lenk merasa senang mendengar jawaban dari Nasrudin?

Pembahasan Soal:

Teks anekdot bersifat humor atau lelucon, artinya teks anekdot berisikan kisah-kisah lucu atau bualan. Teks anekdot juga bersifat menggelitik, artinya teks anekdot akan membuat pembacanya merasa terhibur dengan kelucuan yang ada dalam teks.

Pada teks di atas dijelaskan bahwa tokoh Timur Lenk merasa senang mendengar jawaban dari Nasrudin karena tokoh Timur Lenk senang disamakan dengan raja-raja yang menghiasi sejarah dunia. Hal itu dijelaskan pada kalimat "lnsyaallah akan ditempatkan bersama raja-raja dan tokoh-tokoh yang telah menghiasi sejarah." Dengan wajah gembira, Timur Lenk kembali bertanya, "Betulkah itu, Nasrudin?"

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Mengapa redaksi surat kabar tersebut menulis berita yang tidak sesuai dengan kenyataan?

Pembahasan Soal:

Kata tanya mengapa digunakan untuk menanyakan sebab, alasan, ataupun perbuatan. Pada teks anekdot kata tanya mengapa digunakan untuk mengidentifikasi alasan peristiwa terjadi. Alasan redaksi surat kabar tersebut menulis berita yang tidak sesuai dengan kenyataan adalah surat kabar tersebut ingin menutupi korupsi yang dilakukan si pejabat. Hal itu dijelaskan dalam kutipan kalimat "Kalau kami menulis tentang Bapak sesuai dengan kenyataan yang ada, pasti Bapak tidak akan terpilih sebagai kepala daerah, melainkan malah dipanggil KPK,"

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Tentukan pokok-pokok isi teks anekdot tersebut!

Pembahasan Soal:

Anekdot diartikan sebagai cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Dalam humor suatu anekdot terdapat kritik atau sindiran yang disampaikan secara halus dalam cerita. Teks di atas berisi tentang seekor keledai yang belajar membaca. Tentunya, tidak benar-benar membaca. Keledai hanya membalikkan halaman buku karena ada gandum yang disisipkan di situ. Nasrudin mengumpamakan kita seperti keledai kalau kita membuka-buka buku tanpa mengerti isinya. 

Peta konsep akan dibuat setelah kita memahami pokok-pokok isi dalam teks anekdot di atas. Pokok-pokok isi teks di atas dapat menggunakan kata-kata tanya berikut.

  1. Apa
    Apa digunakan untuk identifikasi peristiwa yang digunakan. Identifikasi peristiwa di atas adalah peristiwa yang dilakukan Nasrudin, mengajari keledainya membaca.
  2. Siapa
    Siapa digunakan untuk mengidentifikasi tokoh-tokoh yang diceritakan dalam teks "Keledai Membaca". Tokoh-tokoh dalam teks di atas adalah Nasrudin dan Timur Lenk.
  3. Kapan
    Kapan digunakan untuk mengidentifikasi latar waktu dalam cerita. Latar waktu dalam teks di atas adalah selama dua minggu. Terdapat pada kalimat "Dua minggu kemudian, dia datang kembali ke istana."
  4. Di mana
    Di mana digunakan untuk mengidentifikasi latar tempat dalam cerita. Tempat kejadian cerita dalam anekdot adalah di istana. Terdapat pada kalimat "Dua minggu kemudian, dia datang kembali ke istana."
  5. Mengapa
    Mengapa digunakan untuk mengidentifikasi alasan peristiwa terjadi. Alasan Nasrudin mengajari keledainya membaca dengan menaruh gandum di balik halaman-halaman buku.
  6. Bagaimana
    Bagaimana digunakan untuk mengidentifikasi akibat dari tindakan yang dilakukan tokoh dalam cerita. Nilai membaca yang ingin disampaikan Nasrudin, yakni perbedaan cara kita dan keledai dalam membaca. Kita akan sama seperti keledai, jika membuka-buka buku tanpa mengerti isinya.

Dengan demikian, pokok-pokok isi teks anekdot di atas adalah mengenai Nasrudin mengajari keledainya membaca, tokoh-tokoh yang terlibat dalam teks di atas (Nasrudin dan Timur Lenk), waktu dua minggu yang dibutuhkan seperti diceritakan dalam teks,  istana sebagai tempat kejadian cerita dalam anekdot, alasan Nasrudin mengajari keledainya membaca dengan menaruh gandum di balik halaman-halaman buku, dan nilai membaca yang ingin disampaikan Nasrudin, yakni perbedaan cara kita dan keledai dalam membaca.space 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved