Roboguru

Pneumonia adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri ....

Pertanyaan

Pneumonia adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri ....space

  1. Diplococcus pneumoniaeundefined

  2. Influenzaundefined

  3. Corynebacterium diphthreiaundefined

  4. Escherichia coliundefined

Pembahasan Soal:

Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang menyebabkan kantung udara paru-paru (alveolus) berisi cairan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Diplococcus pneumoniae. Gejala pneumonia antara lain batuk berdahak, demam dan sesak napas.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Hernandez

Mahasiswa/Alumni Universitas Riau

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Paru-paru seorang pasien penuh dengan cairan. Setelah dianalisis ternyata juga ditemukan bakteri Streptococcus pneumoniae. Pasien tersebut terserang penyakit...

Pembahasan Soal:

Infeksi Streptococcus pneumoniae dapat merangsang sistem imun yang terdapat pada pembuluh kapiler di paru-paru yang memiliki komponen-komponen reaktif sistem imun. Apabila sistem imun terangsang secara berlebihan, maka alveolus dapat terisi oleh cairan dan nanah sebagai respons peradangan. Fenomena ini disebut pneumonia, dan dapat menyebabkan gangguan-gangguan lainnya seperti edema (paru-paru basah), asfiksia (sesak napas), dan emfisema (kerusakan alveolus).

Dengan demikian, jawaban benar adalah B.undefined 

0

Roboguru

Paru-paru seorang pasien penuh dengan cairan. Setelah dianalisis ternyata juga ditemukan bakteri Streptococcus pneumoniae, Pasien tersebut terserang penyakit. . . .

Pembahasan Soal:

Penyakit paru-paru yang ditandai dengan banyaknya cairan di dalam paru dan ditemukan bakteri Streptococcus pneumoniae ialah ciri-ciri penyakit pneumonia. Sedangkan penyakit asma ditandai dengan sesak napas. Penyakit tuberculosis atau biasa disebut TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis sedangkan pada penyakit kanker paru-paru memiliki tanda seperti batuk berdarah disertai dengan nyeri dada yang pada stadium lanjut ditemukan sel kanker yang menyebar di sistem pernapasan.undefined

0

Roboguru

Penyakit pneumonia disebabkan oleh ...

Pembahasan Soal:

Pneumonia adalah peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Pneumonia bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, ataupun jamur. Pneumonia juga dikenal dengan istilah paru-paru basah. Pada kondisi ini, infeksi menyebabkan peradangan pada kantong-kantong udara (alveoli) di salah satu atau kedua paru-paru. Akibatnya, alveoli bisa dipenuhi cairan atau nanah sehingga menyebabkan penderitanya sulit bernapas. Beberapa gejala yang umumnya dialami penderita pneumonia adalah batuk berdahak, demam, dan sesak napas.

Dengan demikian tidak ada jawaban yang benar.space

0

Roboguru

Paru-paru seorang pasien penuh dengan cairan. Setelah dianalisis ternyata juga ditemukan bakteri Streptococcus pneumoniae. Pasien tersebut terserang penyakit ...

Pembahasan Soal:

Streptococcus pneumoniae atau pneumokokus adalah bakteri kokus gram positif yang sering ditemukan berpasangan, namun dapat juga ditemukan dalam keadaan satuan atau rantai pendek. Bakteri ini merupakan bakteri non motil dan tidak berspora dengan kapsul polisakarida. Streptococcus pneumoniae merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit pneumonia. Penyakit pneumonia menyebabkan peradangan pada jaringan dan kantung udara di paru-paru sehingga kantung udara dipenuhi cairan ataupun nanah. Penyakit ini biasanya menyerang siapapun tanpa mengenal umur. Namun, yang paling rentan terhadap penyakit ini adalah orang lanjut usia (>65 tahun), anak-anak, dan orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kurang baik.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Paru-paru seorang pasien penuh dengan cairan. Setelah dianalisis ternyata juga ditemukan bakteri Streptococcus pneumoniae. Pasien tersebut terserang penyakit ....

Pembahasan Soal:

Dari data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pasien tersebut terserang penyakit pneumonia. Pneumonia sering disebut dengan penyakit radang paru-paru atau penyakit paru-paru basah karena adanya penumpukan cairan di dalam paru-paru akibat dari infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae. Bakteri ini juga dapat menyebabkan penyakit meningitis pada bayi dan anak-anak.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved