Pertanyaan

Piramida penduduk di negara industri majuyang banyak menerima imigran bertipe ....

Piramida penduduk di negara industri maju yang banyak menerima imigran bertipe ....space 

  1. stasionerspace 

  2. ekspansifspace 

  3. tak beraturanspace 

  4. zero growth populationspace 

  5. konstruktifspace 

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yangtepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan

Jawabanbenar pada soal ini adalah B. Berikut adalah penjelasannya. Piramida penduduk adalah suatu grafik ataupunilustrasi yang menggambarkan keadaan penduduk berdasarkan komposisi usia dan jenis kelamin. Jenis piramida penduduk adalah sebagai berikut. Piramida ekspansif, merupakan piramida penduduk yang memiliki ciri jumlah pertumbuhan penduduk meningkat, angka kelahiran tinggi, komposisi penduduk di dominasi usia muda dan dewasa, serta terdapat pada negara berkembang. Piramida konstrutif, merupakan piramida penduduk yang memiliki ciri angka kelahiran rendah dibandingkan dengan kematian, pertumbuhan penduduk rendah, dan terdapat pada negara maju. Piramida stasioner, merupakan piramida penduduk yang memiliki ciri tingkat kelahiran dan kematian rendah, pertumbuhan penduduk nol atau lambat, komposisi penduduk berdasarkan kelompok usia sama, dan terdapat pada negara maju. Berdasarkan penjelasan tersebut, negara yang memiliki industri maju berada pada negara-negara maju , sehingga bentuk piramida penduduknya adalah konstruktif dan stasioner. Karena hal tersebut, maka negara yang memiliki industri maju banyak menerima imigran bertipe ekspansif. Hal ini dikarenakan, jumlah penduduk yang rendah di negara maju membutuhkan tenaga kerja dari negara yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi. Oleh karena itu, jawaban yangtepat adalah B.

Jawaban benar pada soal ini adalah B.

Berikut adalah penjelasannya.

Piramida penduduk adalah suatu grafik ataupun ilustrasi yang menggambarkan keadaan penduduk berdasarkan komposisi usia dan jenis kelamin.

Jenis piramida penduduk adalah sebagai berikut.

  • Piramida ekspansif, merupakan piramida penduduk yang memiliki ciri jumlah pertumbuhan penduduk meningkat, angka kelahiran tinggi, komposisi penduduk di dominasi usia muda dan dewasa, serta terdapat pada negara berkembang.
  • Piramida konstrutif, merupakan piramida penduduk yang memiliki ciri angka kelahiran rendah dibandingkan dengan kematian, pertumbuhan penduduk rendah, dan terdapat pada negara maju.
  • Piramida stasioner, merupakan piramida penduduk yang memiliki ciri tingkat kelahiran dan kematian rendah, pertumbuhan penduduk nol atau lambat, komposisi penduduk berdasarkan kelompok usia sama, dan terdapat pada negara maju.

Berdasarkan penjelasan tersebut, negara yang memiliki industri maju berada pada negara-negara maju, sehingga bentuk piramida penduduknya adalah konstruktif dan stasioner. Karena hal tersebut, maka negara yang memiliki industri maju banyak menerima imigran bertipe ekspansif. Hal ini dikarenakan, jumlah penduduk yang rendah di negara maju membutuhkan tenaga kerja dari negara yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.space 

103

Iklan

Pertanyaan serupa

Piramida penduduk pada gambar tersebut menunjukkan bahwa ....

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia