Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pihak panitia penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di suatu provinsi memberlakukan jadwal untuk masa kampanye tiap pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur(Cawagub). Jadwal tersebut berisi tanggal pelaksanaan dan tempat pelaksanaan kampanye yang berbeda-beda. Pemisahan jadwal kampanye tersebut tujuannya agar tiap masa pendukung pasangan Cagub dan Cawagub tidak saling bersinggungan dan berkontak fisik satu sama lainnya sehingga meminimalisir terjadinya perselisihan/konflik. Upaya yang dilakukan oleh panitia penyelenggara Pilkada di provinsi tersebut termasuk ke dalam bentuk ….

Pihak panitia penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di suatu provinsi memberlakukan jadwal untuk masa kampanye tiap pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub). Jadwal tersebut berisi tanggal pelaksanaan dan tempat pelaksanaan kampanye yang berbeda-beda. Pemisahan jadwal kampanye tersebut tujuannya agar tiap masa pendukung pasangan Cagub dan Cawagub tidak saling bersinggungan dan berkontak fisik satu sama lainnya sehingga meminimalisir terjadinya perselisihan/konflik. Upaya yang dilakukan oleh panitia penyelenggara Pilkada di provinsi tersebut termasuk ke dalam bentuk ….undefined 

  1. ajudikasiundefined 

  2. koersiundefined 

  3. konsiliasiundefined 

  4. segregasiundefined 

  5. mediasiundefined 

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan pada ilustrasi di soal, upaya yang dilakukan oleh pihak penyelenggara Pilkada di suatu provinsi bertujuan untuk mengurangi potensi terjadinya perselisihan/konflik antarmasa pendukung Cagub dan Cawagub. Pembatasan mobilisasi tersebut termasuk ke dalam bentuk segregasi . Secara sederhana, segregasi itu sendiri adalah upaya pemisahan interaksi sosial dan hubungan sosial antara dua atau lebih kelompok yang berbeda identitas yang bertujuan untuk mengurangi terjadi potensi perselisihan/konflik sosial. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Berdasarkan pada ilustrasi di soal, upaya yang dilakukan oleh pihak penyelenggara Pilkada di suatu provinsi bertujuan untuk mengurangi potensi terjadinya perselisihan/konflik antarmasa pendukung Cagub dan Cawagub. Pembatasan mobilisasi tersebut termasuk ke dalam bentuk segregasi. Secara sederhana, segregasi itu sendiri adalah upaya pemisahan interaksi sosial dan hubungan sosial antara dua atau lebih kelompok yang berbeda identitas yang bertujuan untuk mengurangi terjadi potensi perselisihan/konflik sosial.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Konsep Kilat Interaksi Sosial (NEW!)

Bedah Tipe Soal Interaksi Sosial (NEW!)

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

31

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Demo buruh terjadi di pelataran pabrik milik perusahaan X. Buruh menuntut peningkatan fasilitas bagi mereka, seperti perbaikan fasilitas umum di dalam pabrik, peninjauan kembali jam kerja, waktu dan u...

82

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia