Roboguru

Piagam PBB lahir di San Fransisco di tengah kecamuk Perang Dunia II dan sebelum Proklamasi Indonesia 17 Agustus 1945. Menurut sumber sejarah lahirnya, PBB lebih dulu dibandingkan Proklamasi Indonesia. Dan hal tersebut memungkinkan bahwa bapak pendiri bangsa mendengarkan perihal Piagam PBB tersebut dan mengungkapkan niat untuk mengadakan Proklamasi Kemerdekaan. Yang isi Piagam PBB yaitu kemerdekaan dan kedaulatan bangsa. Dari illustrasi tersebut Analisislah dan kemukakan pendapat anda mengenai maknanya bagi kehidupan bangsa dan negara pada masa kini!

Pertanyaan

Piagam PBB lahir di San Fransisco di tengah kecamuk Perang Dunia II dan sebelum Proklamasi Indonesia 17 Agustus 1945. Menurut sumber sejarah lahirnya, PBB lebih dulu dibandingkan Proklamasi Indonesia. Dan hal tersebut memungkinkan bahwa bapak pendiri bangsa mendengarkan perihal Piagam PBB tersebut dan mengungkapkan niat untuk mengadakan Proklamasi Kemerdekaan. Yang isi Piagam PBB yaitu kemerdekaan dan kedaulatan bangsa. Dari illustrasi tersebut Analisislah dan kemukakan pendapat anda mengenai maknanya bagi kehidupan bangsa dan negara pada masa kini!

Pembahasan Soal:

Piagam PBB adalah konstitusi PBB yang ditandatangani di San Francisco pada 26 Juni 1945. Piagam ini ditandatangi oleh 50 negara dan berlaku mulai 24 Oktober 1945. Sedangkan isi piagam PBB tersebut, antara lain:

  1. Menjamin terciptanya perdamaian dunia, hak-hak manusia dan kemajuan sosial-ekonomi.
  2. Perselisihan diselesaikan dengan cara damai dan tanpa perang.
  3. Larangan melanggar kedaulatan negara lain.
  4. Larangan intervensi terhadap urusan domestik suatu negara.
  5. Menjalin kerjasama dengan negara-negara yang dinilai dapat mengganggu perdamaian dunia.

Piagam tersebut lahir di tengah kecamuk Perang Dunia II dan sebelum Proklamasi RI pada 17 Agustus 1945. Dari banyak literatur sejarah tidak pernah disebutkan ada hubungan langsung antara Piagam PBB dan Proklamasi Kemerdekaan namun dari tanggal lahirnya piagam lebih dulu daripada proklamasi, dan hal tersebut memungkinkan bahwa bapak pendiri bangsa mendengarkan perihal Piagam PBB dan mengutakan niatan untuk mengadakan proklamasi kemerdekaaan. Apalagi isi dari Piagam PBB sejalan dengan niat kemerdekaan, yaitu kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.

Dengan demikian, ada keterkaitan antara piagam itu dan peristiwa proklamasi dimana isi piagam itu menyatakan bahwa setiap negara berhak menentukan bentuk dan corak pemerintahnya sendiri. Piagam pbb merupakan piagam yg memiliki tujuan untuk melaksanakan perdamaian dunia serta mensejahterakan anggotanya apabila ada negara menyatakan proklamasi kemerdekaan, maka PBB akan membantu.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 26 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi tercatat beberapa hasil keputusan yang berhasil di capai oleh PBB sebutkan beberapa hasil keputusan tersebut!

Pembahasan Soal:

Perserikatan Bangsa-Bangsa disingkat sebagai PBB adalah organisasi internasional yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional. Badan ini merupakan pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah terjadinya konflik serupa. Indonesia resmi menjadi anggota PBB ke-60 pada tanggal 28 September 1950 dengan suara bulat dari para negara anggota. Hal tersebut terjadi kurang dari setahun setelah pengakuan kedaulatan oleh Belanda melalui Konferensi Meja Bundar. Indonesia dan PBB memiliki keterikatan sejarah yang kuat mengingat kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada tahun 1945, tahun yang sama ketika PBB didirikan dan sejak tahun itu pula PBB secara konsisten mendukung Indonesia untuk menjadi negara yang merdeka, berdaulat, dan mandiri. PBB memiliki peran besar terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia, berikut peran PBB dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Indonesia diantaranya: mengadakan sidang Dewan Keamanan PBB pada bulan Agustus 1947 untuk membahas masalah kemerdekaan Indonesia, membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) untuk meredakan Agresi Militer Belanda I, membentuk United Nations Commisions for Indonesia (UNCI) untuk menyelesaikan konflik Indonesia-Belanda akibat Agresi Militer Belanda II.

Dengan demikian, dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi tercatat beberapa hasil keputusan yang berhasil di capai oleh PBB diantaranya: mengadakan sidang Dewan Keamanan PBB pada bulan Agustus 1947 untuk membahas masalah kemerdekaan Indonesia, membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) untuk meredakan Agresi Militer Belanda I, membentuk United Nations Commisions for Indonesia (UNCI) untuk menyelesaikan konflik Indonesia-Belanda akibat Agresi Militer Belanda II.

 

0

Roboguru

Pengaruh Piagam PBB bagi kehidupan kebangsaan Indonesia....

Pembahasan Soal:

Makna Piagam PBB bagi kehidupan kebangsaan Indonesia terbagi menjadi tiga hal yaitu.

     1. Makna piagam PBB terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia. Para pemimpin bangsa Indonesia memanfaatkan pemikiran-pemikiran yang terkandung dalam pasal 1 ayat 2 dan pasal 55 pada piagam PBB mengenai hak penentuan nasib sendiri untuk mewujudkan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Selain untuk mewujudkan proklamasi kemerdekaan Indonesia penegasan mengenai hak penentuan nasib sendiri pun tertuang dalam alinea pertama teks proklamasi dan alinea pertama Pembukaan Undang-undang dasar 1945.
       2. Makna piagam PBB terhadap pembentukan perangkat negara
dalam melakukan hak penentuan nasib sendiri Indonesia pun melakukan hak tersebut dalam pembentukan perangkat kenegaraan meskipun pada masa lalu di Nusantara terdiri dari berbagai macam kerajaan bercorak Hindu Budha dan Islam, setelah merdeka Indonesia memutuskan untuk menjadi negara dengan bentuk pemerintahan Republik dan di kepalai oleh Presiden serta di lengkapi dengan adanya lembaga perwakilan rakyat dan lembaga peradilan di Indonesia. hal ini menjukkan ada nya perbedaan perangkat kenegaraan saat ini dengan saat zaman kerajaan
      3. Makna piagam PBB terhadap kehidupan masa kini yang berhubungan dengan hak penentuan nasib sendiri adalah adanya kewenangan yang diberikan kepada seluruh daerah di Indonesia dalam menjalankan otonomi daerah dengan menerapkan sistem desentralisasi. Hal ini dilakukan demi menjaga kebhinekaan atau persatuan dengan menghormati budaya dan potensi dari setiap daerah-daerah di Indonesia. Selain itu, Indonesia juga turut aktif dalam menjaga perdamaian dunia sesuai yang tercantum dalam piagam PBB dengan membentuk badan nasional penanggulangan terorisme untuk memerangi terorisme serta turut membantu menyelesaikan konflik yang terjadi di negara-negara di dunia.  

Berdasarkan penjelasan di atas maka makna Piagam PBB dalam kehidupan kebangsaan di Indonesia adalah mewujudkan proklamasi kemerdekaan Indonesia, mewujudkan pembentukan perangkat kenegaraan yang berbentuk pemerintahan republik serta menerapkan sistem desentralisasi untuk memberikan otonomi daerah ke seluruh daerah di Indonesia, dan berperan aktif pula dalam menjaga perdamaian dunia. 
 
 

0

Roboguru

Piagam PBB yang ditandatangani pada 26 Juni 1945 sangat berhubungan erat dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 karena sama-sama memperjuangkan hak kedaulatan rakyat yang mana kita bi...

Pembahasan Soal:

Piagam PBB ditandatangani di San Francisco, Amerika Serikat (AS) oleh 50 negara anggota PBB. Piagam tersebut adalah adalah perjanjian dasar Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sebagai piagam, ini adalah perjanjian konstituen dan semua anggota terikat oleh isi piagam tersebut untuk memperjuangkan hak kedaulatan setiap bangsa dan negara yang terjajah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Piagam PBB turut mempengaruhi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Piagam PBB tersebut berisi tentang ....

Pembahasan Soal:

Piagam PBB merupakan dokumen internasional yang turut mempengaruhi kemerdekaan Indonesia Keberadaan Piagam PBB mendasari bangsa Indonesia untuk merdeka dan membentuk pemeritah sendiri. Bahkan, keberadaan Piagam PBB juga mendasari pemikiran salah satu tujuan negara Indonesia, yaitu menjaga perdamaian dunia. Oleh karena itu, kemerdekaan Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia.

0

Roboguru

Apakah piagam PBB ada kaitanya dengan kutipan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Jelaskan

Pembahasan Soal:

Pembukaan UUD 1945 adalah pernyataan kemerdekaan yang mengandung cita-cita luhur dari pada proklamasi kemerdekaan. Mengubah pembukaan UUD 1945 berarti pembubaran Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pembukaan UUD 1945 adalah deklarasi kemerdekaan Indonesia yang memuat cita-cita luhur dari proklamasi kemerdekaan Indonesia. Proklamasi tidak akan mempunyai arti tanpa deklarasi sebab tujuan proklamasi menjadi semata-mata hanya kemerdekaan. Pembukaan UUD 1945 terilhami dari isi Piagam PBB yaitu konstitusi PBB yang ditandatangani di San Francisco pada 26 Juni 1945. Piagam ini ditandatangi oleh 50 negara dan berlaku mulai 24 Oktober 1945. Secara umum isi Piagam PBB adalah pengakuan terhadap hak setiap bangsa untuk menentukan nasib sendiri. Berdasarkan Pembukaan UUD 1945 alinea keempat terdapat nilai-nilai dari Piagam PBB yaitu melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarakan kemerdekaan dan mengusahakan perdamaian dunia. Piagam PBB pada dasarnya mengajak setiap bangsa di dunia untuk menjunjung tinggi hak asasi manusia. Para founding father negara indonesia dalam proses perumusan UUD 1945 menyadari pentingnya hak asasi manusia. Kesadaran menjunjung tinggi hak asasi manusia dibuktikan dengan dasar neggara Indonesia yaitu sila pertama dan sila kedua Pancasila. Kedua sila Pancasila tersebut mencerminkan bahwa negara Indonesia tidak memaksa salah satu agama kepada rakyat serta menjamin kebebasan bagi setiap warga untuk memeluk agama tertentu. Jaminan mengenai hak asasi manusia juga dimuat dalam UUD 1945 pasal 28.

Dengan demikian, piagam PBB ada kaitanya dengan kutipan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarakan kemerdekaan dan mengusahakan perdamaian dunia. Piagam PBB pada dasarnya mengajak setiap bangsa di dunia untuk menjunjung tinggi hak asasi manusia.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved