Roboguru

Piagam Atlantik atau Atlantic Charter digunakan sebagai acuan untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul pada Perang Dunia 1. Mengapa demikian?

Pertanyaan

Piagam Atlantik atau Atlantic Charter digunakan sebagai acuan untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul pada Perang Dunia 1. Mengapa demikian?

Pembahasan Soal:

Pertemuan antara Winston Churchil dan  Franklin D. Rosevelt yang dilaksanakan pada 14 Agustus 1941 di Newfoundland ini kemudian menghasilkan perjanjian dikenal sebagai Piagam Atlantik (Atlantic Charter). Pertemuan ini bertujuan untuk menggaungkan kembali cita-cita perdamaian internasional seperti yang pernah dimiliki oleh Liga Bangsa-Bangsa pasca Perang Dunia I. Namun, pembuatan Piagam Atlantik ini jauh setelah Perang Dunia I berakhir pada tahun 1918 dan tidak ada kaitannya dengan penyelesaian permasalahan Perang Dunia I. Perang Dunia I diselesaikan lewat Perjanjian Versailles.

Dengan demikian, Piagam Atlantik bukan menjadi acuan untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul pada Perang Dunia I, karena Perang Dunia I yang berakhir pada tahun 1918 diselesaikan lewat Perjanjian Versailles.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 25 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan tiga misi perdamaian dunia yang tertuang dalam Piagam Atlantik!

Pembahasan Soal:

Piagam Atlantik merupakan dasar utama dalam pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB. Piagam Atlantik ditandatangani oleh Winston Churchill selaku Perdana Menteri Inggris dan F. D. Roosevelt selaku presiden Amerika Serikat pada 14 Agustus 1941. Isi pokok dari Piagam Atlantik adalah sebagai berikut.

  1. Tidak mengizinkan perluasan wilayah.
  2. Tiap bangsa berhak menentukan bentuk pemerintahannya sendiri.
  3. Semua negara berhak turut serta dalam perdagangan dunia.
  4. Mengusahakan perdamaian dunia sehingga tiap bangsa dapat hidup bebas dari kemiskinan dan ketakutan.

Dengan demikian, tiga misi perdamaian dunia yang tertuang dalam Piagam Atlantik adalah pelarangan ekspansi wilayah, pengakuan kedaulatan negara, dan upaya pembebasan dari rasa takut dan kemiskinan. 

0

Roboguru

Rumusan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) disahkan tepat pada tanggal 24 Oktober 1945, yang bertempat di ….

Pembahasan Soal:

Rumusan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menandai disahkannya pendirian Perserikatan Bangsa-Bangsa, bertempat di Sans Franscisco, Amerika Serikat. Pembentukan organisasi PBB ini ditandatangani oleh perwakilan dari 51 negara yang ada di dunia. undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan informasi berikut. Pernyataan kemerdekaan Indonesia sesuai dengan semangat Atlantik Carier (Piagam Atlantik)- dicelupkan oleh Presiden Amerika Serikat Franklin Depan Rooselvelt dan Perdana ...

Pembahasan Soal:

Pernyataan kemerdekaan Indonesia sesuai dengan semangat Atlantic Charter (Piagam Atlantik)-dicetuskan oleh Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roossevelt dan Perdana Menteri lnggris Sir Winston Churchill pada 14 Agustus 1941 yang salah satu isinya, diakuinya rights of self determination of peoples atau hak bangsa-bangsa untuk menentukan nasib sendiri. Atlantic Charter inilah yang menjadi landasan dari Charter of Peace (Piagam Perdamaian) yang dicetuskan di San Fransisco pada 24 Oktober 1945 dan tertuang dalam Preambul Perserikatan Bangsa-Bangsa. Preambule tersebut terinspirasi dari berbagai revolusi di Eropa, salah satunya Revolusi Prancis. Revolusi Prancis membuat masyarakat semakin bersatu sebagai satu bangsa nation yang dipayungi nilai-nilai yang sama, yairu liberte, equalite, fraternite. Berdasarkan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari pengaruh pemikiran-pemikiran Barat yang menjunjung tinggi hak asasi manusia dalam berbangsa dan bernegara.

0

Roboguru

Nobel perdamaian diberikan kepada Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson karena jasa-jasanya dalam ....

Pembahasan Soal:

Presiden ke-28 Amerika Serikat, Woodrow Wilson, mendapat penghargaan Nobel Perdamaian. Ia dianggap sangat berjasa dalam menciptakan perdamaian dunia dengan mengakhiri Perang Dunia I. Woodrow selaku pemimpin AS berkontribusi dalam menelurkan "Empat Belas Poin" (The Fourteen Point) yang bertujuan untuk membentuk organisasi perdamaian dunia, yang pada akhirnya tercipta Liga-Liga Bangsa (League of Nation atau disingkat LBB).

Dengan demikan, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Pada tanggal 14 Agustus 1941 Perdana Menteri Inggris, WIston Churchill, bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, F.D. Roosevelt, di atas kapal perang Inggris yang saat itu berada di Kanada. Pertemuan ...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 14 Agustus 1941 Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill, bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, F.D. Roosevelt, di atas kapal perng Inggris yang saat itu berada di Kanada. Pertemuan tersebut menghaislkan Piagam Atlantik (Atlantic Charter). Berdasarkan isi dari Piagam Atlantik, pertemuan ini memiliki arti penting yaitu Inggris dan Amerika Serikt sepakat untuk menjaga perdamaian dunia.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved