Roboguru

Petunjuk Buatlah rangkuman mengenai bagaimana perkembangan beberapa organisasi etnis kedaerahan dan keagaamaan pada masa pergerakan nasional!

Pertanyaan

Petunjuk

Buatlah rangkuman mengenai bagaimana perkembangan beberapa organisasi etnis kedaerahan dan keagaamaan pada masa pergerakan nasional!

Pembahasan Soal:

  1. Pada awalnya Jong Islaminten Bond dicetuskan oleh pemuda-pemuda muslim yang berasal dari Jawa dan Madura yang umumnya bergabung di dalam Jong Java. Di mana di antara anggota-anggota Jong Java merasa bahwa banyak organisasi pelajar atau pemuda waktu itu terbagi-bagi dalam wadah dan perasaan kedaerahan (primordialisme), sehingga di antara angota-anggota Jong Java berpikiran bahwa melalui agama Islam dapat membuat persatuan antara organisasi-organisasi pelajar dan pemuda. Sejarah Jong Islamieten Bond bermula dari gejolak dalam Jong Java sejak kongres tahun 1924. Ada yang setuju dengan pendapat Raden Syamsurizal sebagai ketua Jong Java yang bahwa barang siapa yang hendak mengenal roh bangsa Indonesia harus mempelajari dengan sungguh-sungguh agama Islam. Sehingga diperlukan bagi anggota Jong Java untuk diajarkan pendidikan Islam. Adapula yang menolak usul tersebut. Raden Syamsurizal kemudian mendirikan JIB pada 1 Januari 1925 di Jakarta dengan agama Islam sebagai dasar perjuangannya. Pada tanggal 29 Desember 1925, JIB mengadakan kongres I dan menetapkan anggaran dasarnya. tercatat tidak kurang dari seribu orang terdaftar sebagai anggota. Cabang-cabang JIB tersebar di Jakarta, Solo, Madiun, Yogyakarta, dan kemudian Bandung berkat jaringan Haji Agus Salim.
  2. Terdapat dua asas dan tujuan yang hendak diraih JIB sebagai wadah gerakan pemuda Islam. Pertama adalah mempelajari agama Islam dan menganjurkan agar ajaran-ajarannya diamalkan. Kedua adalah menumbuhkan simpati umat Islam dan pengikutnya, dan perlunya toleransi yang positif terhadap orang-orang yang berlainan agama. Bahkan JIB juga sangat menaruh perhatian pada persamaan hak dan kewajiban di antara laki-laki dan wanita, sesuai dengan ajaran Islam
  3. Untuk menyebarkan ide-ide dan pikiran-pikirannya, JIB menerbitkan majalah an Nur (Het Licht) yang berbahasa Belanda dan merupakan majalah cendekiawan Islam pertama di Indonesia, yang terbit sejak Maret 1925. Majalah ini bertahan sampai dibubarkannya JIB itu sendiri. JIB juga membentuk Organisasi Pandu Indonesia (National Indonesische Padvinderij, disingkat Natipij). Organisasi pandu pertama yang memakai nama Indonesia, suatu istilah yang belum lazim dipakai ketika itu. Di setiap cabang, JIB mengadakan kursus-kursus agama Islam. Pada bulan Oktober 1931 JIB membangun sekolah HIS (Hollandsch Inlandsche School) sejenis SD untuk anak Bumiputra golongan atas di Tegal dan pada bulan November 1931 dibangun lagi HIS di Tanah Tinggi Batavia.

Dengan demikian, Jong Islaminten Bond merupakan organisasi pemuda yang berlandaskan agama Islam. Organisasi ini memiliki tujuan untuk merebut kemerdekaan Indonesia dan partisipasi dalam memajukan rakyat Indonesia. Bentuk perjuangannya dengan cara menyebarkan ide-ide dan pikiran-pikirannya lewat penerbitan majalah an Nur (Het Licht) serta membentuk Organisasi Pandu dan Sekolah HIS.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebelum NU didirikan, KH. Abdul Wahab Chasbullah mendirikan sejumlah organisasi untuk mengobarkan nasisonalisme dan semangat cinta tanah air serta melawan penjajah. Organisasi-organisasi tersebut adal...

Pembahasan Soal:

Nahdlatul Ulama merupakan organisasi yang didirikan pada masa pergerakan nasional, tepatnya pada 31 Januari 1926, yang didirikan oleh K.H. Hasyim Asyari. Namun sebelum Nahdlatul Ulama berdiri,  KH. Abdul Wahab Chasbullah mendirikan sejumlah organisasi untuk mengobarkan nasisonalisme dan semangat cinta tanah air serta melawan penjajah. Organisasi-organisasi tersebut yakni Nahdlatul Wathan (Kebangkitan Bangsa), Nahdlatul Tujjar (Kebangkitan Pedagang), Tasywirul Afkar (dialog pemikiran) sampai dengan Nahdlatul Fikri (Kebangkitan Pemikiran). 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Organisasi yang lahir setelah Budi Uomo yang didirikan oleh R. Satiman Wiryosanjoyo dkk adalah ....

Pembahasan Soal:

Trikoro Dharmo didirikan di Jakarta pada tanggal 7 Maret 1915 oleh R. Satiman Wiryosanjoyo, Sunardi, dan Kadarman. Trikoro Dharmo artinya tiga tujuan mulia (sakti, budi, bhakti). Adapun tujuan Trikoro Dharmo adalah mencapai jaya raya dengan jalan memperkukuh persatuan antarpemuda Jawa, Sunda, Madura, Bali, dan Lombok. Dalam perkembangannya organisasi Tri Koro Dharmo mendapat simpati dari banyak pemuda dan pelajar dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk memfasilitasi antusiasme anggotanya, Tri Koro Dharmo membangun beberapa cabang organisasi di kota-kota besar. Selain itu, Tri Koro Dharmo juga menerbitkan majalah yang berisi tentang gagasan-gagasan nasionalisme pemuda Jawa.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C. 

0

Roboguru

Pada tahun 1937 Partai lndonesia Raya dibubarkan dan diganti dengan….

Pembahasan Soal:

Partai Indonesia Raya (Parindra) merupakan salah satu organisasi politik yang lahir pada masa pergerakan nasional. Pada tahun 1937 Partai lndonesia Raya dibubarkan dan diganti dengan Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo). Perubahan tersebut disebabkan organisasi Parindra dinilai kurang tegas terhadap pemerintah kolonial.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Organisasi Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Indische Partij merupakan organisasi yang bersifat ….

Pembahasan Soal:

Masa Pergerakan Nasional ditandai dengan bermunculan berbagai macam organisasi modern. Organisasi pergerakan yang muncul pun sangat beragam, mulai dari organisasi yang bersifat kedaerahan, organisasi nasional, bahkan organisasi yang bersifat keagamaan. Organisasi seperti Budi Utomo, Sarekat Islam dan Indische Partij merupakan organisasi yang bersifat nasional, karena organisasi ini menghimpun organisasi daerah dalam satu wadah perjuangan dan mengusung cita-cita persatuan nasional. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut!  No.  X Y  1)   Indische Partij   Sarekat Islam   2)   Perhimpunan Indonesia    Gabunga Partai Politik Indonesia    3) ...

Pembahasan Soal:

Organisasi-organisasi yang menjadi pelopor dari munculnya nasionalisme Indonesia adalah organisasi-organisasi pada fase awal. Organisasi-organisasi pada fase awal ini terjadi dari Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Indische Partij. Ketiga organisasi ini menjadi pelopor bagi munculnya organisasi-organisasi kebangsaan di masa selanjutnya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved