Iklan

Iklan

Pertanyaan

Peta yang ideal ialah peta yang memenuhi persyaratan conform , equivalent , dan equidistant . Dapatkah sebuah peta memenuhi ketiga syarat tersebut sekaligus? jelaskan!

Peta yang ideal ialah peta yang memenuhi persyaratan conform, equivalent, dan equidistant. Dapatkah sebuah peta memenuhi ketiga syarat tersebut sekaligus? jelaskan!  

Iklan

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

untuk keperluan pemetaan topografi, jenis proyeksi yang paling baik digunakan adalah proyeksi conform.

untuk keperluan pemetaan topografi, jenis proyeksi yang paling baik digunakan adalah proyeksi conform.  

Iklan

Pembahasan

Menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi dari bidang yang lengung ke bidang datar (peta) bukalnah hal yang mudah. Peta yang ideal ialah peta yang memenuhi persyaratan conform (mempertahankan bentuk yang sama), equivalent (mempertahankan luas yang sama), dan equidistant (mempertahakan jarak yang sama). Akan tetapi, dalam proses pembuatan peta tidak memungkinkan untuk mempertahankan ketiga syarat tersebut . Karena permukaan bumi yang akan digambarkan pada bidang datar adalah berbeda-beda (mengikuti bentuk bumi), dan membutuhkan sistem proyeksi yang berbeda-beda dalam menggambarkannya. Sehingga untuk keperluan pemetaan topografi, jenis proyeksi yang paling baik digunakan adalah proyeksi conform.

Menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi dari bidang yang lengung ke bidang datar (peta) bukalnah hal yang mudah. Peta yang ideal ialah peta yang memenuhi persyaratan conform (mempertahankan bentuk yang sama), equivalent (mempertahankan luas yang sama), dan equidistant (mempertahakan jarak yang sama). Akan tetapi, dalam proses pembuatan peta tidak memungkinkan untuk mempertahankan ketiga syarat tersebut. Karena permukaan bumi yang akan digambarkan pada bidang datar adalah berbeda-beda (mengikuti bentuk bumi), dan membutuhkan sistem proyeksi yang berbeda-beda dalam menggambarkannya. Sehingga untuk keperluan pemetaan topografi, jenis proyeksi yang paling baik digunakan adalah proyeksi conform.  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

WAH YUNI

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Syarat peta dapat dikatakan baik jika ....

1

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia