Roboguru

Peta yang dapat mendukung untuk pembangunan jalan dari sebuah desa ke kota adalah ....

Pertanyaan

Peta yang dapat mendukung untuk pembangunan jalan dari sebuah desa ke kota adalah ....undefined

  1. peta kepadatan penduduk dan peta iklimundefined

  2. peta curah hujan dan tata guna lahanundefined

  3. peta tata guna lahan dan topografiundefined

  4. peta arah angin dan peta geologiundefined

  5. peta persebaran penduduk dan peta tanahundefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pembangunan merupakan hal yang penting dilakukan untuk pemerataan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah ataupun negara. Salah satu strategi pembangunan daerah adalah dengan memperbaiki sarana dan prasarana yang menunjang aksesibilitas antar daerah. Misalnya dengan membangun jalur yang menghubungkan sebuah desa ke kota. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, salah satunya adalah kondisi lingkungan dan aktivitas masyarakat di sepanjang jalur pembangunan. Kita memerlukan peta penggunaan lahan yang menunjukkan jenis dan intensitas penggunaan lahan yang berbeda di wilayah tertentu. Peta penggunaan lahan merupakan salah satu peta tematik atau peta khusus. Peta topografi adalah peta yang  memperlihatkan keadaan bentuk, penyebaran roman muka bumi dan dimensinya dengan ditandai dengan adanya skala besar dan lebih detail. Peta topografi bermanfaat untuk menampilkan kondisi keadaan bentuk permukaan bumi yang sebenarnya. Semua peta tematik menggunakan peta topografi sebagai dasarnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan: (1) manajemen pemilihan jaringan jalan; (2) pemilihan lokasi proyek; (3) analisis kesesuaian rute; (4) mengidentifikasi fenomena perusahaan penduduk; (5) melakukan evaluasi terhadap batas ...

Pembahasan Soal:

Dalam pemanfaat sistem informasi geografi dibidang pengelolaan jaringan jalan, pilihan pernyataan yang paling sesuai dengan bidang tersebut adalah pernyataan (1), (3), dan (5). Pernyataan (2) kurang tepat karena membahas mengenai lokasi proyek, sedangkan (4) kurang tepat karena membahas perusahaan penduduk.

Roboguru

Pada saat berkendara dan kondisi macet, citra Google Maps yang beresolusi tinggi bermanfaat untuk ...

Pembahasan Soal:

Citra pada Google Maps bermanfaat saat berkendara karena dapat mengetahui kepadatan jalan yang hendak dilalui secara aktual. Setiap rute akan ditandai dengan warna untuk menggambarkan tingkat kemacetan/kepadatan jalan. Contohnya adalah warna hijau untuk jalan yang lancar dan merah untuk jalan yang sangat macet. Namun, citra ini bisa digunakan untuk hal lainnya saat berkendara. Jika citra beresolusi tinggi, informasi yang ditampilkan pada citra sangat detail sehingga kita bisa melihat berbagai jenis jaringan jalan, dari jalanan primer sampai ke jalan-jalan kecil atau gang yang ada di antara permukiman penduduk. Dengan adanya citra resolusi tinggi pada Google Maps, kita bisa menemukan jalur jalan alternatif yang bisa digunakan saat kondisi macet. Biasanya, jalan alternatif yang digunakan adalah jalan-jalan kecil.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Peta yang dibutuhkan masyarakat untuk meminimalisir kemacetan adalah peta ....

Pembahasan Soal:

Kemacetan merupakan salah satu permasalahan pada jaringan transportasi. Untuk mengatasinya perlu data jaringan transportasi yang telah diperbarui dari analisis menggunakan peta jalur transportasi. Peta jalur transportasi memiliki tujuan untuk menunjukkan kondisi jalan, sehingga dapat bermanfaat untuk mengetahui lokasi titik kemacetan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

Roboguru

Perhatikan jenis-jenis peta berikut: peta persebaran penduduk peta topografi peta penggunaan lahan Dalam SIG, peta-peta di atas lebih tepat digunakan untuk....

Pembahasan Soal:

Dalam pembangunan jaringan transportasi, maka peta yang dibutuhkan:

  • Peta persebaran penduduk digunakan untuk melihat distribusi penduduk di wilayah tersebut. Semakin banyak dan padat penduduknya, maka kebutuhan akan jaringan jalan yang baik semakin tinggi.
  • Peta topografi digunakan untuk menganalisis wilayah yang akan dibangun jaringan jalan, apakah wilayah tersebut memiliki medan mendatar atau curam/berbukit-bukit.
  • Peta penggunaan lahan untuk melihat sebaran penggunaan lahan yang ada di wilayah tersebut, dengan tujuan untuk memprediksi arah arus transportasi.
Roboguru

Perhatikan peta-peta berikut: 1. peta penggunaan lahan 2. peta jenis tanah 3. peta permukiman 4. peta jaringan jalan 5. peta umum Dalam SIG, peta-peta yang dibutuhkan untuk membuat sebuah perenc...

Pembahasan Soal:

Dalam merencanakan transportasi, maka peta-peta yang dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan adalah:

  • Peta permukiman penduduk digunakan untuk memprediksi asal dari pergerakan penduduk.
  • Peta jaringan jalan untuk merencanakan rute transportasi yang dapat digunakan secara efisien oleh masyarakat.
  • Peta penggunaan lahan untuk melihat sebaran penggunaan lahan yang ada di wilayah tersebut, dengan tujuan untuk menelaah keberadaan lahan kosong untuk pembangunan jaringan jalan.
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved