Pertanyaan

Pesatnya pertumbuhan Jakarta bisa menimbulkan efek negatif pada daerah di sekitarnya. Hal ini juga berpotensi meningkatkan kesenjangan sosial dan ketimpangan antarwilayah antara Jakarta dengan daerah sekitarnya. Dalam upaya untuk mencegah terjadinya hal tersebut, tindakan pemerataan wilayah yang tepat adalah ….

Pesatnya pertumbuhan Jakarta bisa menimbulkan efek negatif pada daerah di sekitarnya. Hal ini juga berpotensi meningkatkan kesenjangan sosial dan ketimpangan antarwilayah antara Jakarta dengan daerah sekitarnya. Dalam upaya untuk mencegah terjadinya hal tersebut, tindakan pemerataan wilayah yang tepat adalah ….  

  1. memberikan bantuan dana ke Kota Bandungundefined 

  2. memindahkan lokasi pusat bisnis ke Kota Bogorundefined 

  3. meningkatkan gaji para pekerja yang berasal dari luar daerahundefined 

  4. membangun fasilitas pelayanan umum dan infrastruktur di Depokundefined 

  5. mengurangi penyerapan tenaga kerja yang berasal dari Kota Tangerangundefined 

S. Fauziyah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Pemerataan pembangunan wilayah harus dilakukan agar tidak terjadi kesenjangan sosial di masyarakat dan ketimpangan antarwilayah . Namun, hal ini masih belum bisa dilaksanakan secara maksimal, bahkan padakota-kota pendukung atau kota satelit dari kota besar. Hal ini menjadikan kota satelit tersebut hanya berfungsi penyedia kebutuhan kota besar saja dan hanya sedikit menerima dampak positif dari interaksi tersebut.Oleh karena itu, pembangunan fasilitas dan infrastruktur di kota satelit diharapkan mampu mengejar ketertinggalannya dari pusat kota. Pembangunan tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggal di kota satelit , seperti Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi yang jumlahnya makin bertambah besar akibat perkembangan pesat dari Jakarta . Dengan adanya pembangunan infrastruktur ini, diharapkan masyarakat yang tinggal di kota satelit ini bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dan setara dengan pusat kota. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pemerataan pembangunan wilayah harus dilakukan agar tidak terjadi kesenjangan sosial di masyarakat dan ketimpangan antarwilayah. Namun, hal ini masih belum bisa dilaksanakan secara maksimal, bahkan pada kota-kota pendukung atau kota satelit dari kota besar. Hal ini menjadikan kota satelit tersebut hanya berfungsi penyedia kebutuhan kota besar saja dan hanya sedikit menerima dampak positif dari interaksi tersebut. Oleh karena itu, pembangunan fasilitas dan infrastruktur di kota satelit diharapkan mampu mengejar ketertinggalannya dari pusat kota. Pembangunan tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggal di kota satelit, seperti Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi yang jumlahnya makin bertambah besar akibat perkembangan pesat dari Jakarta. Dengan adanya pembangunan infrastruktur ini, diharapkan masyarakat yang tinggal di kota satelit ini bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dan setara dengan pusat kota.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

54

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor yang menyebabkan teori Gravitasi milik W.J. Reilly tidak dapat diterapkan pada seluruh wilayah Indonesia adalah ... kondisi topografinya beragam jumlah penduduknya sangat besar kond...

189

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia