Roboguru

Pesan yang ingin disampaikan penulis kepada para penonton disebut ….

Pertanyaan

Pesan yang ingin disampaikan penulis kepada para penonton disebut ….space

  1. dialogspace

  2. isi dramaspace

  3. amanatspace

  4. tokohspace

Pembahasan Soal:

Pesan adalah suatu perintah, permintaan, nasehat, amanat dan semacamnya untuk disampaikan (kepada orang lain). Dalam drama, pesan yang ingin disampaikan penulis kepada para penonton disebut amanat. Pesan merupakan ajaran moral yang disampaikan kepada penonton.
Dengan demikian, pesan yang ingin disampaikan penulis kepada para penonton disebut amanat.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan kutipan naskah drama berikut!     Terdengar teriakan orang-orang yang terkena musibah banjir. Mereka kalang kabut, berlarian sambil menjerit. Jalu: Rumah kita. Rumah kita. Ipah: Atapnya...

Pembahasan Soal:

Pesan moral dapat ditafsirkan pembaca secara tidak langsung. Pesan moral adalah ajaran baik yang dapat kita ambil melalui sebuah cerita yang ditunjukkan melalui drama. Pesan yang dapat diambil dari dialog suami istri tersebut adalah mengutamakan kesabaran dalam menghadapi permasalahan, kita harus sabar menghadapi bencana yang menimpa kita dan melakukan hal sebaik yang kita mampu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Tentukanlah unsur intrinsik (judul, tema, alur, latar, tokoh, watak, amanat) naskah drama tersebut!

Pembahasan Soal:

Drama adalah sebuah cerita atau kisah yang menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku dialog yang dipentaskan. Naskah drama dibentuk unsur-unsur drama yang disebut unsur intrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang berada di dalam karya itu sendiri. Unsur intrinsik drama terdiri dari judul, tema, alur, latar, tokoh, watak, amanat. Unsur intrinsik naskah drama tersebut adalah:

  • Judul adalah nama suatu drama. Dengan melihat judul, kita akan mengetahui beberapa hal atau jalan cerita dari suatu drama. Judul sebuah drama dapat ditentukan dengan membaca keseluruhan cerita. Cerita tersebut berisi tentang pertemuan Gita dan Dwi yang sudah lama tidak bertemu. Gita dan Dwi adalah sahabat sejak SD. Mereka bertemu tidak sengaja, lalu saling bertukar nomer HP dan akun twitter. Maka, judul yang dapat digunakan dan sesuai dengan kutipan naskah  drama tersebut adalah Sahabat Lama.
  • Tema adalah ide pokok yang menjadi dasar atau pokok utama dari drama. Pokok utama dari naskah drama tersebut adalah Pertemuan dengan sahabat lama.
  • Alur adalah rangkaian jalan cerita yang terjadi pada drama. Tahapan-tahapan dalam alur meliputi tahapan awal (pengenalan tokoh- tokoh cerita serta perwatakan, latar), Pemunculan konflik, Komplikasi (peningkatan konflik), Klimaks (puncak konflik), Resolusi (jalan keluar dari setiap konflik yang ada), dan koda (akhir dari cerita). Berdasarkan naskah drama tersebut, tahapan alur dimulai dari bagian pengenalan tokoh (Dwi dan Gita) yang tidak sengaja bertemu saat Dwi membantu Gita membereskan kertas. Komplikasi ditunjukkan pada saat Gita mengucapkan terima kasih dan terburu-buru meninggalkan Dwi, namun Dwi mengenali Gita. Klimaks terjadi pada saat Dwi memotong pembicaraan Gita untuk mengingatkan Gita bahwa dia adalah sahabat waktu SD. Gita yang terburu-buru. Namun, Dwi segera meminta no HP Gita, tapi Gita lupa nomer Hpnya. Setelah itu, resolusinya ditunjukkan dengan Gita yang menyarankan agar memfollow twitternya. Akhir cerita tersebut ditunjukkan dengan pertemuan Dwi dan Gita di kantin sekolah. Ternyata, mereka bertemu lagi di sekolah yang sama.
  • Latar adalah keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana di dalam naskah drama. Latar tempat dalam naskah drama tersebut adalah sebuah tempat saat Dwi membantu Gita membereskan kertas yang berjatuhan dan di kantin sekolah. Latar suasana dalam naskah drama tersebut adalah terkejut.
  • Tokoh adalah pelaku yang memerankan seorang tokoh dalam cerita. Tokoh yang ada dalam naskah drama tersebut adalah Dwi dan Gita.
  • Watak adalah karakter atau sifat yang dimiliki oleh tokoh. Dalam naskah drama, tokoh Dwi berwatak baik, suka membantu, sedangkan watak Gita adalah pelupa.
  • Amanat, yaitu pesan yang terkandung dalam drama. Amanat drama tersebut adalah Jangan melupakan sahabat lama.space
Roboguru

Pesan yang ingin disampaikan dari kutipan drama tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Dalam pementasan drama harus ada amanat atau pesan moral yang ingin disampaikan ke penonton. Amanat dalam drama biasanya akan diselipkan melalui dialog-dialog yang diperankan oleh para tokoh. Dengan adanya amanat, penonton akan mendapatkan pelajaran atau pesan yang ada di dalam drama tersebut.

Pesan yang ingin disampaikan dari kutipan drama tersebut adalah janganlah kita membiasakan diri melakukan kecurangan dan tidak jujur. Contohnya saat ulangan, hendaknya kita mempersiapkan diri dengan belajar saat akan menghadapi ulangan di sekolah, sehingga kita bisa menjawab pertanyaan dari setiap soal ulangan yang diberikan dengan baik, jujur, dan tidak mencontek jawaban orang lain.space 

Roboguru

Yang merupakan contoh sudut pandang adalah ....

Pembahasan Soal:

Notes: terdapat dua pilihan jawaban yang benar, yaitu jawaban B dan jawaban D. Akan tetapi, AT memilih jawaban D karena pada jawaban B terdapat kata tidak baku, yaitu kata tau.

Sudut pandang adalah sebuah teknik bercerita yang akan membuat ‘rasa’ yang berbeda pada alur dan cara penyampaian cerita.  Dengan sudut pandang, penulis seolah-olah dapat menjadi pelaku utama atau menjadi orang lain dalam cerita tersebut. Sudut pandang terbagi menjadi dua jenis, yaitu sudut pandang orang pertama dan orang ketiga.

Sudut pandang orang pertama dibagi lagi menjadi dua, yaitu sudut pandang orang pertama-tokoh utama dan sudut pandang orang pertama-tokoh sampingan. Sementara sudut pandang orang ketiga juga dibagi menjadi dua bagian, yaitu sudut pandang orang ketiga serba tahu/maha tahu dan sudut pandang orang ketiga pengamat. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Kalimat dalam teks drama yang ditulis dalam kurung, tidak didialogkan, melainkan diaktingkan disebut ….

Pembahasan Soal:

Drama adalah sebuah cerita atau kisah yang menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku dialog yang dipentaskan. Dalam drama, ada kalimat yang yang ditulis dalam kurung, tidak didialogkan, melainkan diaktingkan. Kalimat tersebut disebut kramagung. Kramagung merupakan petunjuk perilaku, tindakan, atau perbuatan yang harus dilakukan tokoh. Kramagung biasanya ditulis dalam tanda kurung dan dicetak miring. Sementara itu, prolog adalah pengantar cerita, wawancang adalah dialog yang harus diucapkan tokoh, dan monolog adalah dialog yang dilakukan dengan diri sendiri.
Dengan demikian, kalimat dalam teks drama yang ditulis dalam kurung, tidak didialogkan, melainkan diaktingkan disebut kramagung.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved