Roboguru

Perwilayahan mempengaruhi perkembangan suatu wilayah. Proses yang terjadi dalam perwilayahan tersebut yaitu....

Pertanyaan

Perwilayahan mempengaruhi perkembangan suatu wilayah. Proses yang terjadi dalam perwilayahan tersebut yaitu....space 

  1. Membagi wilayah menjadi daerah daerah administratifspace 

  2. Merencanakan penataan keruangan sesuai potensi wilayahspace 

  3. Membatasi wilayah terluar yang berbatasan dengan wilayah lainspace 

  4. Mengembang perbedaan karakteristikspace 

  5. Mengelompokkan wilayah wilayah yang memiliki kesamaan karakteristikspace 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perwilayahan (regionalisasi) adalah suatu proses penggolongan wilayah berdasarkan kriteria/karakteristik tertentu. Klasifikasi atau penggolongan wilayah dapat dilakukan secara formal maupun fungsional.

  • Generalisasi wilayah (regional generalizationyang merupakan proses pembagian wilayah dengan menyamakan beberapa unsur. Hal tersebut bertujuan untuk menunjukkan karakter tertentu.
  • Klasifikasi wilayah (regional classificationyang merupakan proses pengelompokkan wilayah secara sistematis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut Koppen, wilayah Indonesia dapat dibedakan menjadi wilayah iklim Af, Am, dan Aw. Contoh tersebut termasuk ke dalam ….

Pembahasan Soal:

Perwilayahan (regionalisasi) adalah suatu proses penggolongan wilayah berdasarkan kriteria tertentu. Klasifikasi atau penggolongan wilayah dapat dilakukan secara formal maupun fungsional. Dalam perencanaan pembangunan, pemerintah harus memahami kondisi suatu wilayah karena setiap wilayah memiliki kondisi yang berbeda-beda. Penggolongan wilayah secara garis besar terbagi atas:

  1. Natural Region (Wilayah Alamiah atau Fisik); berdasarkan ketampakan alami, seperti wilayah pertanian dan kehutanan.
  2. Single Feature Region (Wilayah Ketampakan Tunggal); berdasarkan pada satu ketampakan, seperti wilayah berdasarkan iklim, hewan, atau iklim saja.
  3. Generic Region (Wilayah Berdasarkan Jenisnya); didasarkan pada ketampakan jenis atau tema tertentu. Misalnya di wilayah hutan hujan tropis yang ditonjolkan hanyalah flora tertentu seperti anggrek.
  4. Specific Region (Wilayah Spesifik atau Khusus); dicirikan kondisi grafis yang khas dalam hubungannya dengan letak, adat istiadat, budaya, dan kependudukan secara umum. Misalnya wilayah Asia Tenggara, Eropa Timur, dsb.
  5. Factor Analysis Region (Wilayah Analisis Faktor); berdasarkan metoda statistik-deskriptif atau dengan metoda statistik-analitik. Penentuan wilayah berdasarkan analisis faktor terutama bertujuan untuk hal-hal yang bersifat produktif, seperti penentuan wilayah untuk tanaman jagung dan kentang.

Berdasarkan soal diatas, wilayah iklim Af, Am, dan Aw termasuk kedalam Natural Region (Wilayah Alamiah atau Fisik), karena wilayah tersebut didasarkan ilkim yang bersifat alamiah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Metode pembatasan wilayah dengan menggunakan lebih dari satu kriteria dinamakan ....

Pembahasan Soal:

Terdapat dua metode perwilayahan, yaitu :

  1. Metode Delineasi (Pembatasan) Wilayah Formal, adalah pembatasan pada wilayah formal dilakukan dengan “Nilai Bobot Indeks”, yaitu membatasi wilayah berdasarkan lebih dari satu kriteria. Contohnya adalah pembatasan wilayah iklim (wilayah tropis, subtropis, kutub) berdasarkan letak lintang dan temperatur rata-rata.
  2. Metode Delineasi (Pembatasan) Wilayah Fungsional, yaitu pembatasan wilayah yang menyangkut hubungan timbal balik antara pusat wilayah dengan beberapa bagian wilayahnya (unit wilayah). Contohnya adalah pembatasan wilayah jalur angkutan umum antara pusat wilayah dengan bagian wilayah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Suatu penggolongan terhadap wilayah yang ada di muka bumi dengan keperluan suatu perencanaan disebut …

Pembahasan Soal:

Perwilayahan (regionalisasi) adalah suatu proses penggolongan wilayah berdasarkan kriteria tertentu. Klasifikasi atau penggolongan wilayah dapat dilakukan secara formal maupun fungsional. Dalam perencanaan pembangunan, pemerintah harus memahami kondisi suatu wilayah karena setiap wilayah memiliki kondisi yang berbeda-beda.space 

0

Roboguru

Proses difusi dalam ruangan yang memiliki prinsip desentralisasi dan mengikut sertakan sebagian besar penduduk pedesaan dalam pembangunan, adalah konsep pengembangan wilayah......

Pembahasan Soal:

Agropolitan merupakan kawasan pertanian yang melayani pengembangan daerah pertanian yang menjadi wilayah pengaruhnya dan melayani pemasaran produksi pertanian yang dihasilkan untuk dikirim ke luar daerah. Konsep wilayah agropolitan ini timbul akibat dari adanya permasalahan ketimpangan pembangunan wilayah antara kota sebagai pusat kegiatan dan ekonomi dengan wilayah perdesaan sebagai pusat kegiatan pertanian. Melalui pengembangan agropolitan, diharapkan terjadi interaksi yang kuat antara pusat kawasan agropolitan dengan wilayah produksi pertanian dalam sistem kawasan agropolitan. Sehingga, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A

1

Roboguru

Suatu wilayah memiliki potensi sumber daya alam barang tambang melimpah. Wilayah tersebut sebaiknya dikembangkan menjadi kawasan ....

Pembahasan Soal:

Kawasan budi daya merupakan wilayah yang fungsi utamanya untuk dibudidayakan atas dasar kondisi dan potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, maupun sumber daya buatan dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia. Dengan demikian, wilayah yang memiliki potensi sumber daya alam barang tambang melimpah sebaiknya dikembangkan menjadi kawasan budi daya, sehingga barang tambang tersebut dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia secara optimal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved