Roboguru

Perubahan yang terjadi dalam naskah pembukaan UUD 1945 dan Piagam Jakarta dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan SEBAB Perubahan yang dilakukan mencerminkan sikap toleransi, saling menghargai dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan Negara Indonesia

Pertanyaan

Perubahan yang terjadi dalam naskah pembukaan UUD 1945 dan Piagam Jakarta dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan

SEBAB

Perubahan yang dilakukan mencerminkan sikap toleransi, saling menghargai dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan Negara Indonesia

  1. jika pernyataan benar dan alasan benar yang keduanya memiliki hubungan

  2. jika pernyataan benar dan alasan benar namun, keduanya tidak memiliki hubungan atau keterkaitan

  3. jika pernyataan benar dan alasan sala

  4. jika pernyataan salah dan alasan benar

  5. jika pernyataan salah dan alasan salah

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar. Pada 18 Agustus 1945 PPKI menggelar sidang ke I yang menghasilkan keputusan sebagai berikut ;

  1. mengesahkan dan menetapkan UUD sebagai konstitusi negara
  2. memilih Ir.Soekarno sebagai Presiden dan Moh.Hatta sebagai Wakil Presiden
  3. Presiden dibantu oleh Komite Nasional

sebelum disahkannya UUD 1945 terdapat beberapa perubahan yaitu;

  1. kata “Muqaddimah” diubah menjadi “pembukaan”
  2. pembukaan alinea keempat anak kalimat “Ketuhanan Yang Maha Esa, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” diubah menjadi “ Ketuhanan Yang Maha Esa”
  3. Pasal 6 Ayat (1) yang semula berbunyi “Presiden ialah orang asli Indonesia dan beragama Islam” diubah menjadi “Presiden  adalah orang Indonesia asli”

Alasan benar. Perubahan-perubahan terjadi setelah dikritik oleh tokoh-tokoh Kristen yang berasal dari Indonesia Timur yang mengajukan keberatan terhadap rumusan UUD 1945 yang sangat kental bercorak Islam. Berlandaskan semangat menjaga persatuan dan kesatuan maka para tokoh Islam mengubah kata atau kalimat yang lebih plural sehingga semua golongan bangsa, agama dan ras masuk di dalamnya.

Dengan demikian, jawaban paling tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 03 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Alasan yang mendasari terjadinya perubahan pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah….

Pembahasan Soal:

Perubahan-perubahan pada rumusan undang-undang dasar tersebut adalah usulan dari tokoh-tokoh Indonesia yang beragama Kristen, khususnya yang berasal dari Indonesia Timur. Mereka keberatan terhadap rumusan undang-undang dasar yang lama dikarenakan bercorak Islam. Para tokoh saat sepakat untuk merubah karena yang terpenting adalah rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

0

Roboguru

Untuk menggantikan Supriyadi yang hilang dalam pemberontakan PETA di Blitar, maka pemerintah melakukan berbagai upaya. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengisi kekosongan kepemimpinan dalam ...

Pembahasan Soal:

Pada 12 November 1945 diadakan konferensi yang bertujuan untuk menggantikan posisi Supriyadi yang hilang dalam pemberontakan PETA di Blitar. Hasil dari konferensi tersebut maka terpilihnya Soedirman sebagai panglima tertinggi dalam TKR, namun pelantikan Soedirman dilakukan pada 18 Desember 1945 pasca menyelesaikan Perang di Ambarawa. 

0

Roboguru

Melalui sidang PPKI III yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 1945 menyatakan bahwa PNI (Partai Nasional Indonesia) merupakan partai tunggal yang ada di Indonesia SEBAB PNI diharapkan sebagai wa...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar. Pada sidang PPKI ketiga yang dilaksanakan pada 22 Agustus 1945, agenda yang dibahas adalah pembentukan tiga badan baru yang terdiri dari:

  1. KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat)
  2. PNI (Partai Nasional Indonesia)
  3. BKR (Badan Keamanan Rakyat)

Alasan benar. Pada awalnya pembentukan PNI bertujuan menjadikannya sebagai partai tunggal di Indonesia. PNI diharapkan sebagai wadah persatuan pembinaan politik bagi rakyat Indonesia. PNI dipimpin oleh Soekarno, Hatta, dan dewan pimpinan lainnya. Namun, pendirian partai tunggal ini tidak disetujui oleh Badan Pekerja KNIP. BP-KNIP mengusulkan agar dibentuk beberapa partai politik, jangan hanya satu partai, karena akan mendominasi pemerintahan.

Pernyataan benar dan alasan benar yang keduanya memiliki hubungan, maka jawabannya adalah A

0

Roboguru

mendaratnya South East Asia Command (SEAC) di Jakarta pada 16 September 1945 menandai alih fungsi tugas Badan Keamanan Rakyat (BKR), yaitu  ….

Pembahasan Soal:

Pada awalnya BKR memiliki tugas untuk menjaga keamanan rakyat. Dalam badan ini terhimpun unsur-unsur mantan anggota Peta, Heiho, Polisi, Seinendan, dan Keibodan. Awalnya BKR dibentuk bukan sebagai kesatuan militer yang resmi dan tugas BKR hanya menjaga keamanan rakyat saja. Pada 16 September 1945, angkatan perang Inggris yang tergabung dalam South East Asia Command (SEAC) mendarat di Jakarta. Tujuannya adalah Inggris ingin menekan Jepang agar tidak menyerahkan kekuasaan pada Indonesia. Selain SEAC terdapat ancaman lain yaitu tentara sekutu yang tergabung dalam Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) yang memboncengi Netherlands Indies Civil Administration (NICA) mendarat di Jakarta. Maka tugas BKR beralih fungsi sebagai tentara yang mempertahankan keamanan dan pertahanan wilayah Indonesia dari serangan musuh.space 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Usulan yang dilakukan oleh Otto Iskandardinata pada sidang PPKI I adalah….

Pembahasan Soal:

Sebelum berakhirnya sidang PPKI I, Otto Iskandardinata mengusulkan pengangkatan Soekarno dan Moh.Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden Bangsa Indonesia.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved