Roboguru

Perubahan struktur sosial yang terjadi sebagai akibat masuknya pengaruh agama Hindu-Buddha dalam masyarakat muncul dalam bentuk ....

Pertanyaan

Perubahan struktur sosial yang terjadi sebagai akibat masuknya pengaruh agama Hindu-Buddha dalam masyarakat muncul dalam bentuk .... 

  1. penggolongan sosial

  2. hak dan kewajiban yang sama

  3. golongan bangsawan

  4. pembedaan pemukiman berdasarkan pekerjaan

  5. pembagian tugas

Pembahasan Soal:

Sistem pelapisan sosial dalam kebudayaan Hindu adalah dengan sistem kasta, yang membagi masyarakat menjadi empat kasta yaitu kasta Brahmana,Ksatria, Waisya dan Sudra.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pembagian kasta dalam masyarakat Hindu tercermin dalam ...

Pembahasan Soal:

Para ahli sosial mengartikan kasta sebagai hirarki sosial, yakni merujuk pada karakteristik bawaan dan yang diwariskan. Sistem kasta mengatur mengatur stratifikasi sosial masyarakat dan jabatannya. Sistem kasta di definisikan sebagai sebuah tatanan yang membagi semua masyarakat Hindu ke dalam kelompok-kelompok endogami dengan keanggotaan herediter, yang serentak memisahkan dan menghubungkan seorang dengan yang lain melalui tiga karakteristik:

  • pemisahan menyangkut perkawinan dan kontak,
  • pembagian kerja dalam setiap kelompok yang mewakili satu profesi tertentu, dan
  • hirarki yang mengurutkan kelompok kelompok itu pada sebuah skala yang memilah mereka ke dalam kasta tinggi dan kasta rendah.

Kasta pada masyarakat India dibagi menjadi empat kasta, yakni Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. Golongan Brahmana (pendeta) menduduki golongan pertama. Ksatria (bangsawan, prajurit) menduduki golongan kedua. Waisya (pedagang dan petani) menduduki golongan ketiga, sedangkan Sudra (rakyat biasa) menduduki golongan terendah atau golongan keempat. Sistem kepercayaan dan kasta menjadi dasar terbentuknya kepercayaan terhadap Hinduisme. Penggolongan seperti inilah yang disebut caturwarna

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah A. 

0

Roboguru

Dalam agama Hindu, orang yang mengabdikan dirinya dalam urusan agama termasuk dalam golongan ....

Pembahasan Soal:

Sistem kasta adalah suatu sistem di mana terdapat pengelompokan orang-orang sesuai dengan derajat atau tingkatan dalam masyarakat. Adapun sistem sosial masyarakat dalam Agama Hindu dibedakan dalam empat kasta yang berbeda. Kasta tersebut di antaranya adalah:

  1. Kasta Brahmana, yaitu orang yang mengabdikan dirinya dalam urusan agama yaitu seorang pendeta. Seorang Brahmana adalah yang paling di hormati di kalangan masyarakat.
  2. Kasta Ksatria, yaitu para kepala dan anggota lembaga pemerintahan. Termasuk juga didalamnya adalah para golongan ningrat dan juga prajurit. 
  3. Kasta Waisya, yaitu orang yang telah memiliki pekerjaan dan harta benda sendiri misalnya petani, nelayan, pedagang, dan lain-lain.
  4. Kasta Sudra, berasal dari bangsa Dravida, mereka menjadi pelayan bagi ketiga kasta di atasnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut ini!   Dari pernyataan di atas, caturwarna yang memiliki hubungan paling tepat terdapat pada nomor ….

Pembahasan Soal:

Caturwarna merupakan pembagian kasta atau golongan masyarakat dalam kebudayaan Hindu. Masyarakat Hindu dibagi dalam empat kasta atau tingkatan, yakni brahmana (golongan pemuka agama), kesatria (golongan bangsawan dan prajurit), waisya (golongan pedagang dan petani), dan sudra (hamba sahaya atau budak). Berdasarkan tabel caturwarna di atas, keterkaitan atau hubungan yang tepat terdapat pada nomor 3. Caturwarna waisya merupakan golongan masyarakat yang menghidupkan perekonomian dalam masyarakat Hindu yang terdiri dari golongan pedagang atau pengusaha, petani, nelayan dan pengrajin.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.begin mathsize 14px style space end stylespace space 

0

Roboguru

Salah satu sumber primer untuk meneliti sejarah Majapahit adalah ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Majapahit berdiri sekitar abad ke 14-15 M setelah runtuhnya kerajaan Singhasari. Raja pertama dari Majapahit adalah Raden Wijaya dengan gelar Kertarajasa Jayawardhana setelah sebelumnya menyerang kerajaan Kadiri bersama dengan tentara Tiongkok yang mempunyai tugas membalaskan penghinaan Kertanegara terhadap Kubilai Khan. Kerajaan Majapahit ini bercorak Hindu-Buddha. Keberadaan kerajaan Majapahit di Nusantara terberitakan oleh banyak sumber, adapun sumber-sumber yang paling menjelaskan yaitu.

  1. Kitab Pararaton, menceritakan tentang raja-raja Singosari juga menjelaskan tentang raja-raja Majapahit.
  2. Kitab Kutaramanawa, Berisikan tentang aturan hukum di Majapahit.
  3. Kitab Negarakertagama, Kitab ini ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 yang menjelaskan tentang keadaan kota Majapahit, daerah jajahannya dan perjalanan Hayam Wuruk mengelilingi daerah kekuasaannya.
  4. Prasasti Butak, Mengisahkan peristiwa keruntuhan Singasari dan perjuangan Raden Wijaya untuk mendirikan Majapahit. 
  5. Kronik Ying Yai, Menceritakan tentang keadaan masyarakat dan kota Majapahit tahun 1418.
  6. Kronik Dinasti Ming, Menceritakan tentang stuktur dan filsafat Majapahit pada tahun 1368-1643.

Dari enam sumber sejarah tersebut, salah satu yang sumber sejarah yang paling sering dipakai untuk meneliti kerajaan Majapahit adalah adalah kitab Negarakertagama. Hal ini dikarenakan isi yang tertuang dalam kitab Negarakertagama berbicara banyak mengenai kerajaan Majapahit dimulai dari silsilah raja, keluarga raja, wilayah kekuasaan, perjalanan Hayam Wuruk hingga upacara keagamaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Patih Kerajaan Majapahit pengucap Sumpah Palapa, bernama…..

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1328-1350, Gayatri atau Bhre Kahuripan diangkat menjadi pemimpin di Majapahit dengan gelar Tribhuwana Tunggadewi. Namun, pada masa pemerintahannya sekitar tahun 1331 M terjadi pemberontakan di Sadeng dan Keta, keduanya berada di wilayah Besuki, Jawa Timur. Pemberontakan ini dapat diatasi oleh Gajah Mada. Atas jasanya ini, ia diangkat sebagai Mahapatih Hamengkubumi Majapahit. Pada saat pengangkatannya tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan sebuah sumpah yang kelak dikenal dengan nama Sumpah Palapa. Isinya yaitu menyatakan bahwa Gajah Mada pantang bersenang-senang sebelum dapat menyatukan Nusantara. Kawasan yang dimaksud sebagai Nusantara adalah pulau-pulau yang meliputi Malaka, Sumatra, Jawa, Madura, Bali, Kalimantan, Sunda Kecil, dan Maluku.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved