Roboguru

Perubahan menurut konsep waktu dalam sejarah berdasarkan skala pengaruhnya ada 2, yaitu ...

Pertanyaan

Perubahan menurut konsep waktu dalam sejarah berdasarkan skala pengaruhnya ada 2, yaitu ...

  1. Pengaruhnya besar dan Pengaruhnya kecil

  2. Dampak langsung dan Dampak tidak langsung

  3. Berakibat keseluruhan dan Berakibat sebagian

  4. Berakibat fatal dan berakibat tidak fatal

  5. Cepat dan Lambat

Pembahasan Soal:

Sejarah tidak lepas dari proses perubahan dan keberlanjutan. Artinya, setiap peristiwa memiliki hubungan dengan peristiwa lainnya. Keberadaan hal tersebut tidak lepas dari dinamika waktu dalam sejarah atau dalam keilmuan sejarah disebut dengan konsep waktu dalam sejarah. Konsep waktu dalam ilmu sejarah, menurut Kuntowijoyo, dibagi menjadi empat, yaitu perkembangan, keberlanjutan, pengulangan, dan perubahan. Perubahan sendiri memiliki banyak bentuk, salah satunya didasarkan pada pengaruhnya. Berdasarkan pengaruhnya, perubahan di bagi menjadi dua, yaitu:

  1. perubahan besar, yaitu perubahan yang membawa pengaruh besar bagi kehidupan masyarakat, dan
  2. perubahan kecil, yaitu perubahan yang membawa pengaruh kecil bagi kehidupan masyarakat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu contoh konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah ....

Pembahasan Soal:

Proses keberlanjutan dalam sejarah dipengaruhi oleh adanya perubahan di setiap zaman sehingga akan berpengaruh di masa sekarang hingga masa yang akan datang. Salah satu konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah pembangunan. Pembangunan sendiri merupakan proses pertumbuhan terencana yang berangkat dari masa lalu untuk dikerjakan di masa sekarang serta mempersiapkan untuk keberlangsungan di masa yang akan datang.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Pada awalanya kolonialisme adalah kelanjutan dari patrimonialisme, dimana kebijakan kolonial hanya mengadopsi kebiasaan lama. Hal ini disebut dengan istilah ….

Pembahasan Soal:

Konsep keberlanjutan dalam sejarah adalah suatu rangkaian peristiwa di masa lalu, masa sekarang, dan masa depan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Setiap rangkaian peristiwa yang telah terjadi maupun yang akan terjadi pasti mengalami kontinuitas. Hal ini disebabkan tidak adanya peristiwa yang berdiri sendiri dan tidak bisa dipisahkan dengan peristiwa lainnya. Salah satu contoh dari hal tersebut adalah peristiwa kolonialisme yang merupakan kelanjutan dari patrimonialisme, dimana kebijakan kolonial hanya mengadopsi kebiasaan lama.

Dengan demikian, kontinuitas merupakan istilah yang menggambarkan keterkaitan satu peristiwa dengan peristiwa lainnya dalam sejarah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

Roboguru

Sejarah tidak hanya menggambarkan peristiwa masa lalu, tetapi juga menggambarkan perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah. Berikut yang merupakan contoh perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah adal...

Pembahasan Soal:

Perubahan  dapat  diartikan  sebagai  segala  aspek  kehidupan  yang  terus  bergerak seiring  dengan  perjalanan  kehidupan  masyarakat  dan  membuat  perbedaan.  Perubahan dapat  terjadi  secara  cepat  maupun  lambat.  Adapun konsep keberlanjutan, yaitu suatu keadaan yang telah berlangsung lama. Keberlanjutan dalam sejarah merupakan rangkaian peristiwa di masa lalu, masa sekarang, dan masa depan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Dari soal diatas, yang menggambarkan perubahan dan keberlanjutan adalah pemberontakan PKI di Madiun. Hal tersebut dikarenakan pemberontakan PKI di Indonesia sudah terjadi 3 kali dan setiap pemberontakan merupakan keberlanjutan dari pemberontakan sebelumnya di samping ada perubahan yang mengikutinya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

Roboguru

Gambar tersebut merupakan Tugu Yogyakarta merupakan salah satu simbol atau ciri khas Yogyakarta. Tugu Yogyakarta disebut Tugu Pal Putih atau dalam Bahasa Belanda disebut De Witte Paal. Dulu pada zaman...

Pembahasan Soal:

Dalam sejarah mengenal konsep perubahan dan berkelanjutan. Perubahan dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang berubah atau keadaan yang berbeda dari sebelumnya. Perubahan disebabkan oleh faktor internal atau eksternal. Faktor internal antara lain : penemuan baru, pertambahan jumlah penduduk, pemberontakan, dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan fisik, peperangan dan pengaruh budaya asing. Dengan demikian, deskripsi diatas menunjukkan konsep perubahan dalam sejarah. Lebih khususnya perubahan tersebut disebabkan adanya faktor eksternal yakni bencana alam.

Dengan demikian jawaban yang tepat ialah B.

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini ! Ada faktor ketidakpuasan masyarakat terhadap berbagai bidang kehidupan yang dimaksud dengan pernyataan di atas adalah .....

Pembahasan Soal:

Faktor selanjutnya, ketidakpuasan masyarakat terhadap berbagai bidang kehidupan, terkadang masyarakat menyadari kekurangan dalam hidupnya. Adanya rasa ketidakpuasan tersebut ternyata mendorong mereka untuk melakukan perubahan. Masyarakat yang terisolasi pun mulai menyadari tentang berbagai kebutuhan hidup. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi jika mereka menjalin hubungan dengan masyarakat lain. Akhirnya, masyarakat mulai mengubah pola pikirnya untuk menerima hal-hal baik dari sistem kebudayaan di luar masyarakat itu sendiri.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved