Roboguru

Perubahan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah ...

Pertanyaan

Perubahan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah ...

  1. Menuju kemajuan dan meninggalkan masa lalu

  2. Menghilangkan suatu kebiasaan sifat yang lama

  3. Menuju peradaban yang lebih maju

  4. Reformasi
  5. Ketika masyarakat membentuk praktik yang baru dan berbeda sama sekali dengan praktik sebelumnya

Pembahasan Soal:

Perubahan merupakan sebuah keadaan pada waktu terjadi pergeseran dari satu kondisi ke kondisi lain. Misalnya petani mengerjakan sawah. pada tahap awal petani menggunakan cangkul untuk mengolah sawah. Untuk mengolah sawah yang luas butuh tenaga yang banyak dan ekstra. Kemudian, petani menggunakan kerbau atau sapi untuk membajak. Seiring dengan perkembangan teknologi, petani menggunakan traktor untuk membajak sawah. Hal inilah yang disebut dengan perubahan dimana masyarakat menggunakan sarana dari yang sederhana ke sarana yang lebih kompleks. Oleh sebab itu, konsep perubahan dapat diartikan bahwa ketika masyarakat membentuk praktik yang baru dan berbeda sama sekali dengan praktik sebelumnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu contoh konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah ....

Pembahasan Soal:

Proses keberlanjutan dalam sejarah dipengaruhi oleh adanya perubahan di setiap zaman sehingga akan berpengaruh di masa sekarang hingga masa yang akan datang. Salah satu konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah pembangunan. Pembangunan sendiri merupakan proses pertumbuhan terencana yang berangkat dari masa lalu untuk dikerjakan di masa sekarang serta mempersiapkan untuk keberlangsungan di masa yang akan datang.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

3

Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud dengan konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah!

Pembahasan Soal:

Perubahan dapat diartikan sebagai segala aspek kehidupan yang terus bergerak seiring dengan perjalanan kehidupan masyarakat dan membuat perbedaan. Perubahan merupakan ketidaksamaan suatu keadaan dengan keadaan lain dari waktu ke waktu. Perubahan yang masuk kategori peristiwa sejarah adalah perubahan yang memiliki makna penting bagi kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, perubahan dari masa Kolonial ke masa Kemerdekaan dan dari masa Orde Lama ke masa Orde Baru.

Dalam mempelajari sejarah, rangkaian peristiwa yang ada merupakan peristiwa yang berkelanjutan. Karena tidak ada peristiwa yang berdiri sendiri dan bisa dipisahkan dengan peristiwa lain. Kehidupan manusia saat ini merupakan mata rantai dari kehidupan masa lampau, sekarang dan masa mendatang. Setiap peristiwa tidak berdiri sendiri tetapi berhubungan dengan peristiwa lain pada masa lalu. Kehidupan manusia selalu diwarnai dengan perubahan. Berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan harus dijalani sebagai bentuk keberlanjutan. Keberlanjutan ditunjukkan dengan adanya keajekan, sedangkan perubahan menunjukkan adanya dinamika.

Dengan demikian, perubahan adalah ketidaksamaan suatu keadaan dengan keadaan lain dari waktu ke waktu. Sedangkan keberlanjutan adalah rangkaian peristiwa yang berkelanjutan.

0

Roboguru

Salah satu faktor penting dan menjadi fondasi majunya sebuah peradaban adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI atau kamus besar bahasa indonesia, perubahan memiliki makna keadaan yang berubah, pertukaran dan peralihan. Perubahan memiliki beberapa faktor pendorong, antara lain :

  • Orientasi masa depan
  • Penduduk yang heterogen
  • Sistem masyarakat yang terbuka
  • Sistem pendidikan formal yang maju

Dengan demikian, salah satu faktor pendorong kemajuan peradaban adalah faktor pendidikan.

Jadi, jawaban yang benar adalah opsi B.

0

Roboguru

Bacalah informasi berikut! Mundurnya Presiden Soeharto pada 21 Mei 1998 menandai berakhirnya masa Orde Baru dan dimulainya masa Reformasi. Penggalan informasi mengenai peristiwa sejarah berikut meru...

Pembahasan Soal:

Informasi diatas berkenaan dengan konsep dalam sejarah, yaitu diakronik. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diakronis adalah berkenaan dengan pendekatan bahasa dengan melihat perkembangan sepanjang waktu atau bersifat historis. Diakronik berasal dari bahasa latin yakni "Dia" yang artinya melalui atau melampaui dan "Chronicus" yang berati waktu. Dikutip buku Historiografi Barat (2014) karya Wahyu Iryana, diakronik adalah memanjang dalam waktu tetap menyempit dalam ruang. Berpikir diakronik merupakan berpikir kronologis atau urutan. Kronologis adalah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan kejadian. Kronologis dalam peristiwa sejarah dapat membantu merekontruksis kembali suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat. Dapat membantu juga untuk membandingkan kejadian sejarah dalam waktu yang sama di tempat berbeda yang terkait peristiwa. Sejarah merupakan ilmu diakronik yang mementingkan proses. Sejarawan atau ahli sejarah akan menggunakan pendekatan diakronik saat berbicara sejarah. Karena melalui pendekatan itu, sejarah berupaya mengalisis evolusi atau perubahan sesuatu dari waktu ke waktu. Sehingga memungkinkan sejarawan untuk mendalilkan mengapa keadaan tertentu lahir dari keadaan sebelumnya atau mengapa keadaan tertentu berkembang atau berkelanjutan. Contohnya belajar mengenai Mundurnya Presiden Soeharto pada 21 Mei 1998 menandai berakhirnya masa Orde Baru dan dimulainya masa Reformasi. Jadi cara berpikir diakronis sangat mementingkan proses terjadinya sebuah peristiwa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Perubahan yang terjadi dalam masyarakat terbagi menjadi beberapa faktor yakni, perkembangan, berkelanjutan, pengulangan dan perubahan, jelaskan makna perubahan secara perkembangan dalam sejarah!

Pembahasan Soal:

Perubahan dapat diartikan sebagai segala aspek kehidupan yang terus bergerak seiring dengan perjalanan kehidupan masyarakat dan membuat perbedaan. Perubahan dapat terjadi secara cepat maupun lambat. Heraclitus mengatakan “Panta rei’’ artinya tidak ada yang tidak berubah, semuanya mengalir, masyarakat sewaktu-waktu bergerak dan berubah. Wertheim, menuliskan, “History is a continuity and change” Sejarah adalah peristiwa yang berkesinambungan dan perubahan. Perubahan merupakan ketidaksamaan suatu keadaan dengan keadaan lain dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, perubahan dari masa kolonial ke masa kemerdekaan dan dari masa orde lama ke masa orde baru. Perubahan yang masuk kategori peristiwa sejarah adalah perubahan yang memiliki makna penting bagi kehidupan masyarakat. Contoh konsep perubahan nusantara yang berjaya karena kerajaan-kerajaan besar lalu akhirnya datang masa penjajahan, setelah lama dijajah Indonesia akhirnya merdeka.

Berdasarkan penjelasan di atas Perubahan yang masuk kategori peristiwa sejarah adalah perubahan yang memiliki makna penting bagi kehidupan masyarakat. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved