Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perubahan iklim global yang dapat berdampak pada terganggunya produktivitas pertanian adalah ....

Perubahan iklim global yang dapat berdampak pada terganggunya produktivitas pertanian adalah ....

  1. musim tidak menentu

  2. banjir merusak tanaman

  3. kemarau makin panjang

  4. intensitas curah hujan tinggi

  5. frekuensi hujan tidak merata

Iklan

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Perubahan iklim adalah perubahan jangka panjang pada kondisi udara selama bertahun-tahun. Istilah ini bisa juga berarti perubahan keadaan cuaca rata-rata atau perubahan distribusi peristiwa cuaca rata-rata, contohnya, jumlah peristiwa cuaca ekstrem yang semakin banyak atau sedikit. Banyak faktor yang digabungkan untuk membuat iklim daerah tertentu, termasuk suhu rata-rata siang dan malam, curah hujan, kelembapan, tekanan udara, dan arah angin. Dampak dari perubahan iklim ini adalah meningkatnya suhu di permukaan bumi sebesar 0,5 – 1ᵒC dala kurun waktu 20 tahun terakhir. Perubahan pola iklim ini tentunya akan berdampak bagi semua sektor, termasuk di dalamnya sektor pertanian. Sektor pertanian sangat bergantung pada faktor iklim, sebab dalam penentuan musim tanam, para petani memerlukan curah hujan dalam jumlah yang cukup. Jika kondisi ini tidak terpenuhi karena fenomena perubahan iklim (seperti pola musim yang tidak menentu, berupa kemarau panjangatau musim penghujan dengan curah hujan di atas intensitas normal), maka para petani akan gagal dalam menanam padi dan akhirnya padi terlambat panen ataupun gagal panen. Hal tersebut akan menyebabkan kelangkaan dan berujung pada kenaikan harga pangan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Perubahan iklim adalah perubahan jangka panjang pada kondisi udara selama bertahun-tahun. Istilah ini bisa juga berarti perubahan keadaan cuaca rata-rata atau perubahan distribusi peristiwa cuaca rata-rata, contohnya, jumlah peristiwa cuaca ekstrem yang semakin banyak atau sedikit. Banyak faktor yang digabungkan untuk membuat iklim daerah tertentu, termasuk suhu rata-rata siang dan malam, curah hujan, kelembapan, tekanan udara, dan arah angin. Dampak dari perubahan iklim ini adalah meningkatnya suhu di permukaan bumi sebesar 0,5 – 1ᵒC dala kurun waktu 20 tahun terakhir. Perubahan pola iklim ini tentunya akan berdampak bagi semua sektor, termasuk di dalamnya sektor pertanian. Sektor pertanian sangat bergantung pada faktor iklim, sebab dalam penentuan musim tanam, para petani memerlukan curah hujan dalam jumlah yang cukup. Jika kondisi ini tidak terpenuhi karena fenomena perubahan iklim (seperti pola musim yang tidak menentu, berupa kemarau panjang atau musim penghujan dengan curah hujan di atas intensitas normal), maka para petani akan gagal dalam menanam padi dan akhirnya padi terlambat panen ataupun gagal panen. Hal tersebut akan menyebabkan kelangkaan dan berujung pada kenaikan harga pangan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

32

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemanasan global ( global warming ) secara tidak langsung mengakibatkan rawan pangan bagi manusia karena … (SBMPTN 2015)

6

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia