Roboguru

Pertumbuhan penduduk di kota sering tidak seiring dengan ketersediaan lahan sehingga menimbulkan permasalahan sosial .... Pertumbuhan sektor informal Perubahan penggunaan lahan Peningkatan arus urbanisasi Perluasan permukiman kumuh

Pertanyaan

Pertumbuhan penduduk di kota sering tidak seiring dengan ketersediaan lahan sehingga menimbulkan permasalahan sosial ....

  1. Pertumbuhan sektor informal
  2. Perubahan penggunaan lahan
  3. Peningkatan arus urbanisasi
  4. Perluasan permukiman kumuhspace 
  1. (1), (2), dan (3) benarspace 

  2. (1) dan (3) benarspace 

  3. (2) dan (4) benarspace 

  4. (4) saja yang benarspace 

  5. semua jawaban benarspace 

Pembahasan Soal:

Perkembangan kota menciptakan magnet bagi penduduk untuk berdatangan dengan segala keperluan, terutama dalam mencari mata pencaharian. Fenomena ini sering disebut sebagai urbanisasi. Arus urbanisasi yang terlalu tinggi menyebabkan permintaan akan lahan meningkat. Ketersediaan lahan yang terbatas di wilayah perkotaan terutama sebagai lahan hunian bagi pendatang mampu memunculkan beberapa permasalahan lingkungan seperti meningkatnya angka kemiskinan dan permukiman kumuh sebagai akibat dari penduduk pendatang yang memiliki kemampuan ekonomi relatif rendah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Widyaningsih

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 08 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.   Meluasnya wilayah terbangun di sekitar kota-kota besar di Indonesia merupakan dampak dari interaksi den...

Pembahasan Soal:

Meluasnya wilayah terbangun di sekitar kota-kota besar di Indonesia merupakan dampak dari interaksi dengan daerah sekitarnya (Benar). Beatley dan Manning (1997) mengemukakan berbagai faktor penyebab perkembangan kota, seperti hubungan kekuatan politik dan pasar, kebutuhan politik, serta faktor sosial budaya. 

Perluasan wilayah urban di kota besar ditandai dengan adanya pembangunan yang telah melampaui batas administrasi (Benar). Hal ini dijelaskan melalui berbagai teori terkait perkembangan kota dan struktur tata ruang kota.

Pernyataan benar, alasan benar. Kalimat alasan berfungsi sebagai pejelas terhadap kalimat pertama, sehingga tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Dampak negatif yang bisa didapat oleh wilayah kota akibat adanya interaksi dengan desa adalah ....

Pembahasan Soal:

Interaksi dengan wilayah desa tidak hanya menimbulkan dampak positif bagi kota, tetapi juga bisa menimbulkan dampak negatif. Salah satu dampak negatif tersebut adalah meningkatnya jumlah permukiman kumuh (slum area). Meningkatnya jumlah dan luas wilayah permukiman kumuh bisa terjadi ketika penduduk desa yang melakukan urbanisasi ke kota tidak memiliki tempat tinggal yang tetap atau keterampilan kerja yang memadai. Akibat adanya keterbatasan ekonomi, penduduk yang melakukan urbanisasi cenderung bermukim atau membangun rumah nonpermanen di tanah-tanah yang ilegal, seperti di bantaran sungai, pinggir rel kereta api, dan lain-lain.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

0

Roboguru

Dampak positif interaksi desa dan kota terhadap kota, yaitu .... wawasan penduduk meningkat kebutuhan tenaga kerja tercukupi produktivitas pertanian meningkat area penjualan produk dari kotamelu...

Pembahasan Soal:

Interaksi desa dan kota menimbulkan dampat positif dan negatif. Beberapa dampak positif interaksi terhadap kota adalah sebagai berikut.

  • Kebutuhan bahan pangan masyarakat kota tercukupi.
  • Kebutuhan tenaga kerja di kota tercukupi.
  • Area penjualan produk dari kota makin luas.
  • Desa menjadi mitra pembangunan bagi kota.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Peran desa sebagai hinterland kota adalah... penyedia sarana-prasarana produsen hasil pertanian pasar barang produksi sumber tenaga kerja

Pembahasan Soal:

Desa sebagai daerah hinterland kota atau daerah yang menyediakan kebutuhan bahan baku dan tempat produksi memiliki peranan yang sangat penting bagi kota Sebagai wilayah hinterland, daerah pedesaan berfungsi sebagai berikut:

  • Desa yang sebagian besar wilayahnya berupa pertanian menjadi sumber bahan pangan masyarakat kota.
  • Desa memiliki sumber daya manusia yang melimpah dan berusia produktif yang mampu memenuhi kebutuhan dalam kegiatan sosial maupun ekonomi di kota.
  • Sifat desa yang masih berbaur dengan alam, masih bersifat tradisional dengan kebudayaan dan adat yang melekat di masyarakatnya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat kota untuk dikunjungi sebagai kegiatan pariwisata.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah C. 

0

Roboguru

Hukum gravitasi yang dikaitkan dengan masalah interaksi didasarkan pada pendapat…

Pembahasan Soal:

Teori gravitasi pertama kali dicetuskan oleh Sir Issac Newton pada tahun 1687. Teori ini menjelaskan bahwa dua benda yang mempunyai massa tertentu akan memiliki gaya tarik menarik antara keduanya yang dikenal sebagai gaya gravitasi. Teori gravitasi Newton tersebut kemudian diterapkan dalam bidang geografi untuk mengukur kekuatan interaksi keruangan anatara dua wilayah atau lebih oleh W.J. Reilly (1929) yang berpendapat bahwa kekuatan interaksi antara dua wilayah atau lebih dapat diukur dengan memperhatikan jumlah penduduk masing-masing wilayah, serta jarak mutlak antara wilayah-wilayah tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved