Roboguru

Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada isi teks tersebut adalah ...

Pertanyaan

Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada isi teks tersebut adalah ...space 

  1. Kapan waktu ideal belajar kelompok?space 

  2. Apa keuntungan belajar kelompok?space 

  3. Bagaimana menerapkan belajar kelompok?space 

  4. Memang ada cara termudah untuk belajar?space 

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi adalah tulisan yang menguraikan pendapat penulis akan suatu permasalahan disertai argumen yang logis Secara umum, teks eksposisi terdiri atas pernyataan umum, rangkaian argumen, dan penegasan ulang. Kutipan teks tersebut merupakan bagian dari rangkaian argumen karena berisi argumen penulis mengenai cara termudah untuk belajar. Pertanyaan yang dapat ditemukan jawabannya melalui teks tersebut adalah "Apa keuntungan belajar kelompok?" karena teks tersebut menyebutkan keuntungan belajar kelompok untuk mendukung argumen yang dikemukakan penulis.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Struktur penutup dalam teks eksposisi disebut juga dengan ….

Pembahasan Soal:

Struktur terakhir dalam teks eksposisi adalah penutup yang disebut juga dengan penegasan ulang. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Sturktur teks eksposisi pada penggalan teks di atas adalah ...

Pembahasan Soal:

Struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut.

  • Pernyataan Umum

Berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Dalam contoh teks di atas. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang tsunami, mengapa tsunami terjadi, dan bagaimana proses peristiwa tsunami tersebut bisa terjadi.

  • Deretan Penjelas

Berisi tentang penjelasan proses mengapa tsunami bisa terjadi atau tercipta dan bisa terdiri lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan merincikan penyebab dan akibat dari tsunami.

  • Interpretasi

Teks penutup yang bersifat pilihan, dan bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Opsionalnya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

Kutipan pada soal di atas adalah bagian pernyataan umum karena berisi penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas yaitu bencana yang disebabkan kerusakan hutan dan pembangunan.undefined 

0

Roboguru

Tentukan struktur teks eksposisi tersebut!

Pembahasan Soal:

Struktur teks eksposisi pada kutipan teks di atas yaitu:

  1. Tesis, yaitu pengenalan isu, masalah ataupun pandangan penulis secara umum tentang topik yang akan dibahas. Terdapat pada paragraf pertama, yaitu :

        Selama ini, kita hidup di tengah barang-barang sekali pakai, kemasan plastik, dan sampah yang terus menggunung dan tidak dapat terurai. Kemudian, gunung sampah tersebut meluap dan mencemari lingkungan. Untuk menjaga masa depan ekosistem, diperlukan perubahan besar, salah satu caranya menerapkan gaya hidup zero waste alias bebas sampah.
     
  2. Rangkaian argumen, pendapat atau argumen penulis berguna sebagai penjelasan dari tesis yang dijelaskan sebelumnya. Biasanya berisi fakta-fakta untuk memperkuat argumen-argumen penulis. Terdapat pada paragraf kedua, paragraf ketiga, dan paragraf keempat.

        Gaya hidup bebas sampah ini mendorong orang-orang menghilangkan sebanyak mungkin sampah dari rumah tangga dan memanfaatkan sumber daya yang ada agar tidak jadi sampah mengancam·lingkungan. Proses menjalankan gaya hidup bebas sampah bisa dilakukan dengan cara menghindari plastik sekali pakaidan melakukan praktik 5R yaitu refuse, reduce, reuse, recycle, dan rot (menolak, mengurangi, menggunakan kembali, daur·ulang, dan .membusukkan). Anda bisa memulai dengan barang-barang yang bisa digunakan berulang, misalnya·saat Anda pergi membeli makanan di luar atau belanja bulanan, Anda bisa membawa tempat makan, botol minum, dan tas belanja sendiri.

        Saat belanja bulanan, pastikan Anda telah merencanakannya terlebih dahulu. Perencanaan ini dapat membantu menghilangkan limbah dari kemasan plastik. Bawalah wadah kecil dan stoples sebagai wadah makanan. Dengan demikian, Anda bisa menghindari plastik untuk mengemas ikan atau daging, serta tas terpisah untuk buah dan sayuran.

        Gunakan barang alternatif demi mengganti produk sekali pakai, misalnya ganti tisu dengan kain, bungkus roti isi dengan kain yang bisa dicuci. Untuk pakaian; akan lebih baik jika Anda mengutamakan kualitas di atas kuantitas. Ini bisa menghemat uang dalam jangka panjang. Bila sudah bosan, kreasikan baju agar tampil beda. Atau alih-fungsikan, misalnya dijadikan lap atau tas belanja. Salah satu cara termudah untuk mengurangi terlalu banyak barang adalah menjual atau mendonasikannya.

  3. Penegasan ulang, perumusan kembali secara ringkas. Biasanya bagian ini disebut dengan penutup atau simpulan. Terdapat pada paragraf terakhir, yang mengulang tesis tetapi tidak secara langsung yaitu :
        Zero waste bukanlah tujuan, melainkan proses. Proses tersebut bisa dimulai dari tindakari kecil. Pada akhirnya, gaya hidup sampah zero waste dimulai dengan keinginan untuk mengubah kebiasaan konsumsi dan berinvestasi di masyarakat demi masa bumi dan anak cucu kita.

Dengan demikian, dapat disimpulkan paragraf 1 merupakan struktur tesis, paragraf 2-4 merupakan struktur rangkaian argumen, dan paragraf 5 merupakan penegasan ulang.undefined 

0

Roboguru

Eksposisi berbentuk tulisan dapat pula berupa tajuk rencana. Nama lain dari tajuk rencana adalah ….

Pembahasan Soal:

Selain berupa esai dan tanggapan kritis, eksposisi berbentuk tulisan dapat pula berupa tajuk rencana atau editorial. Jadi, nama lain dari tajuk rencana adalah editorial. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Bacalah teks berikut dengan cermat, kemudian jawab pertanyaannya! Chairil Anwar      Chairil Anwar adalah seorang penyair legendaris. Karyanya yang paling dikenal “Aku” dan “Senja di Pelabuhan Kec...

Pembahasan Soal:

Teks “Chairil Anwar” ini menceritakan kehidupan seorang penyair legendaris Indonesia yaitu Chairil Anwar. Dalam teks ini dipaparkan karya-karya yang pernah ditulis Chairil Anwar semasa hidupnya.

Teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan duduk kasus disebut dengan Teks Biografi. Teks biografi memuat identitas dan kejadian yang dialami seseorang, termasuk karya dan penghargaan yang diterima serta permasalahan yang dihadapinya.

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa teks “Chairil Anwar” termasuk dalam jenis teks biografi. space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved