Roboguru

Pertanian di lereng Dieng berpotensi merusak struktur tanah dan memicu longsor di masa depan. Pendekatan yang sesuai dengan fenomena tadi adalah ....

Pertanyaan

Pertanian di lereng Dieng berpotensi merusak struktur tanah dan memicu longsor di masa depan. Pendekatan yang sesuai dengan fenomena tadi adalah ....space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Metode pendekatan dalam ilmu geografi terdiri atas tiga yaitu analisis keruangan (spasial), kelingkungan (ekologi) dan kompleks wilayah. Dimana pernyataan mengenai pertanian di lereng Dieng berpotensi merusak struktur tanah dan memicu longsor di masa depan merupakan fenomena dengan pendekatan kelingkungan karena terdapat interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Interaksi dalam fenomena ini adalah pertanian  merupakan salah satu aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan yaitu kerusakan tanah yang memicu terjadinya longsor. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ada berapa jenis lingkungan? Sebutkan!

Pembahasan Soal:

Lingkungan adalah segala bentuk kenampakan, baik alam maupun buatan yang ada di sekitar. Jenis lingkungan dibagi menjadi tiga, yaitu lingkungan abiotik, biotik, dan sosial.

0

Roboguru

Pendekatan geografi yang mengkaji tentang hubungan timbal balik manusia dengan lingkungan adalah ....

Pembahasan Soal:

Pendekatan ekologi atau kelingkungan adalah pendekatan geografi yang mengkaji tentang hubungan timbal balik manusia dengan lingkungan. Pendekatan ini menekankan bahwa segala aktivitas manusia bisa memengaruhi kondisi alam.space 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Sungai Musi merupakan salah satu tempat wisata di kota Palembang, namun sayang kebersihan dan kelestariannya tidak dapat dijaga dengan baik. Penduduk kota Palembang banyak yang membuang sampah di Sung...

Pembahasan Soal:

Ilmu geografi mengenal tiga macam pendekatan, yaitu pendekatan keruangan (spasial), pendekatan kelingkungan (ekologi), dan pendekatan kompleks wilayah. Penjelasan ketiga pendekatan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pendekatan keruangan atau pendekatan spasial mengkaji tentang berbagai gejala geografis yang terjadi pada suatu ruang/tempat di permukaan bumi. Gejala geografis ini erat kaitannya dengan aspek fisik. Dalam pendekatan ini dapat dikaji mengenai perubahan gejala, persebaran gejala, perbedaan gejala, persamaan gejala, dan lain sebagainya.
  • Pendekatan kelingkungan atau yang sering disebut sebagai pendekatan ekologi lebih menfokuskan kajiannya pada hubungan antara manusia dengan lingkungan. Fenomena yang dapat dikaji dengan pendekatan ini harus mengandung dua aspek, yaitu aspek fisik dan aspek nonfisik. Contohnya seperti fenomena pada soal. Dalam fenomena tersebut dibahas mengenai hubungan negatif antara manusia dengan lingkungan yang terjadi pada penduduk sekitar Sungai Musi, Palembang. Walaupun Sungai Musi merupakan salah satu tempat wisata, namun penduduk tidak memerhatikan kelestarian dan kebersihan sungai tersebut. Mereka memiliki kebiasaan buruk yang suka membuang sampah sembarangan di sepanjang aliran Sungai Musi. Fenomena tersebut sangat sesuai jika dikaji dengan pendekatan kelingkungan/ekologi.
  • Pendekatan kompleks wilayah merupakan kombinasi dari pendekatan keruangan dan pendekatan kelingkungan. Pada pendekatan ini, masalah yang dikaji biasanya lebih kompleks sehingga membutuhkan penanganan yang melibatkan beberapa wilayah di muka bumi.

0

Roboguru

Banjir di sekitar hilir Sungai Musi disebabkan karena masih banyak penduduk yang membuang sampah di aliran sungai. Kasus tersebut dapat dikaji dengan pendekatan ....

Pembahasan Soal:

Kasus pada soal dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan kelingkungan atau ekologi. Hal ini dikarenakan kasus tersebut berkaitan dengan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya.  Sungai Musi sebagai variabel lingkungan dan tindakan buang sampah sembarangan sebagai variabel tindakan manusia. Jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pada musim kemarau selalu terjadi bencana kabut asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan, karena masyarakat membuka areal pertanian dengan cara membakar lahan. Pendekatan geografi untuk melengkapi fen...

Pembahasan Soal:

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Pendekatan geografi ada 3 (tiga), yakni:

  1. Pendekatan spasial/keruangan, pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan.
  2. Pendekatan ekologi/kelingkungan, penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam.
  3. Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan, permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan.

Sesuai dengan penjabaran pendekatan geografi di atas, maka jawaban yang sesuai untuk kondisi kebakaran hutan yang terjadi di Sumatra dan Kalimantan adalah pendekatan kelingkungan. Keterkaitan fenomena geosfer yakni kebakaran hutan yang disebabkan oleh membakar lahan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved