Roboguru

Pertandingan sepak bola antara kesebelasan X dan Y di sebuah kota berakhir ricuh karena para pendukung atau suporter masing-masing kesebelasan terlibat tawuran. Perilaku anarkis diawali oleh suporter kesebelasan X yang mengalami kekalahan. Akhirnya, mereka melakukan pelemparan terhadap suporter lawannya. Menurut teori interaksionisme simbolis, masalah sosial tersebut muncul karena ...

Pertanyaan

Pertandingan sepak bola antara kesebelasan X dan Y di sebuah kota berakhir ricuh karena para pendukung atau suporter masing-masing kesebelasan terlibat tawuran. Perilaku anarkis diawali oleh suporter kesebelasan X yang mengalami kekalahan. Akhirnya, mereka melakukan pelemparan terhadap suporter lawannya. Menurut teori interaksionisme simbolis, masalah sosial tersebut muncul karena ...space space  

  1. pihak yang berinteraksi panik karena perilaku lawan tidak bersahabatspace space 

  2. interaksi berlangsung secara bersahabat dan akrabspace space 

  3. ada pihak ketiga yang memengaruhi proses interaksi sosialspace space 

  4. kontak dan komunikasi dilakukan secara tidak langsungspace space 

  5. pihak yang berinteraksi tidak saling mengenal satu sama lainspace space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Tokoh pencetus teori interaksionisme simbolis adalah George H. Mead, Charles Horton Couley, dan Erving Goffman. Fokus teori ini, yaitu interaksi negatif antarindividu. Pandangannya mengenai masalah- masalah sosial muncul karena pergaulan dengan pelanggar hukum dan pelabelan karakter yang buruk.space space 

Kasus pada soal mengenai tawuran antar suporter bola kesebelasan X dan Y dalam perspektif teori interaksionisme simbolis  munculnya masalah sosial dikarenakan adanya pelabelan terhadap kelompok tertentu yang dianggap bermasalah yaitu suporter kesebelasan X tidak bisa menerima kekalahan sehingga melakukan tindakan anarkis terhadap suporter kesebelasan Y.space space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tokoh sosiologi yang terkenal dengan pemikirannya mengenai act, thing, dan meaning adalah ....

Pembahasan Soal:

Salah satu tokoh yang mengembangkan teori interaksionisme simbolik adalah seorang sosiolog Amerika, yaitu Herbert Blumer. Menurut Blumer, pokok pikiran interaksionisme simbolik ada tiga, yang pertama menjelaskan bahwa manusia bertindak (act) terhadap sesuatu (thing) atas dasar makna (meaning) yang muncul dari sesuatu tersebut baginya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined  

0

Roboguru

Berikut ini contoh dari teori interaksionisme simbolik yang berkaitan dengan masalah sosial sehari-hari, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Teori interaksi simbolik merupakan teori yang memiliki asumsi bahwa manusia membentuk makna melalui proses komunikasi. Teori interaksi simbolik berfokus pada pentingnya konsep diri dan persepsi yang dimiliki individu berdasarkan interaksi dengan individu lain. Jika  interaksi yang  diciptakan seolah-olah menggambarkan sebuah pertentangan, maka  hubungan antara dua  orang tersebut mengalami keretakan.

Dalam hal ini, di kehidupan sehari-hari kita selalu saja dihadapkan oleh  prasangka yang  menandakan perilaku seseorang di  masa  lalu. Berprasangka yang  seperti ini  diakibatkan oleh  penilaian terhadap seseorang tanpa melihat keadaannya sekarang, seolah-olah ia tidak akan dapat berubah menjadi lebih baik. Hal tersebut dinamakan sebagai labelling atau tindakan untuk menjuluki orang lain. Contohnya adalah menjauhi mantan pengedar narkoba. Hal tersebut muncul karena adanya prasangka bahwa pengedar narkoba akan selamanya menjadi pengedar narkoba, seolah-olah dia tidak akan berubah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space

0

Roboguru

Menurut teori interaksi simbolik masalah sosial terjadi karena ....

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah tentang pemahaman teori interaksi simbolik.

Menurut teori interaksionisme simbolik yang dikemukakan oleh George H. Mead, C.H. Cooley dan Erving Goffman,  masalah sosial terjadi karena adanya pergaulan dengan pelanggar hukum dan pelabelan karakter yang buru, dimana fokus dari teori ini adanya interaksi negatif antarindividu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Menurut teori interaksi simbolis, masalah sosial terjadi karena ....

Pembahasan Soal:

Dalam membahas teori interaksionalisme sibolik, manusia adalah makhluk pembuat simbol. Selain menggunakan bahasa sehari-hari dalam berbicara, manusia dapat memahami apa yang diungkapkan melalui reaksi yang tampilkan, baik melalui kata-kata mapupn raut wajah. Jika  interaksi yang  diciptakan seolah-olah menggambarkan sebuah pertentangan maka  hubungan antara dua  orang tersebut mengalami keretakan.

Di sisi lain, di kehidupan ini kita dipenuhi prasangka yang menandakan perilaku seseorang di masa lalu. Berprasangka yang  seperti ini  diakibatkan oleh  penilaian terhadap seseorang tanpa melihat keadaannya sekarang, seolah-olah ia tidak akan dapat berubah menjadi lebih baik. Hal tersebut dinamakan sebagai labelling atau tindakan untuk menjuluki orang lain. Apabila seorang yang dulunya dikenal sebagai preman, dan pada suatu ketika ia merubah sikapnya maka ia sebenarnya masih terjebak pada kesan dirinya seperti dulu. Orang lain akan tetap menjulukinya sebagai seorang preman karena ketidakpercayaan terhdap dirinya atau berprasangka buruk.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space

0

Roboguru

Bagaimana pandangan teori interaksionisme simbolik dalam meninjau masalah sosial? Berikan contohnya.

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan teori masalah sosial dan poin yang ditanyakan adalah masalah sosial dalam pandangan teori interaksionisme simbolik.

Menurut pandangan teori interaksionisme simbolik, masalah sosial dilihat sebagai interaksi simbolis antara individu yang tidak memiliki masalah sosial dengan individu yang memiliki masalah sosial. Contoh: Seorang remaja yang bergabung dengan teman-temannya yang merokok, maka lama kelamaan akan mengikuti pola tersebut.

Menurut teori interaksionisme simbolik, ada pandangan yang berbeda mengenai masalah sosial.

  1. Teori pelabelan. Kondisi sosial dianggap bermasalah karena kondisi tersebut sudah dicap bermasalah.
  2. Kontruksionisme sosial. Individu menginterpretasikan dunia sekitarnya secara sosial mengontruksi realitas sosial. Hal ini disebabkan oleh interaksi intens individu dengan orang-orang yang mendefinisikan hal-hal menyimpang sebagai suatu hal yang biasa.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved