Roboguru

Persediaan bahan yang ada dalam perusahaan manufaktur adalah ....

Pertanyaan

Persediaan bahan yang ada dalam perusahaan manufaktur adalah ....  

  1. persediaan bahan baku  

  2. barang dalam proses  

  3. persediaan barang jadi  

  4. A, B, C benar  

Pembahasan Soal:

Persediaan bahan baku adalah bahan baku yang digunakan untuk membantu proses produksi dan disimpan pada gudang untuk digunakan sewaktu-waktu. Persediaan selain ada bahan baku adalah bahan dalam proses. Bahan dalam proses adalah bahan baku yang memerlukan waktu pemrosesan lebih lanjut lagi menjadi barang jadi atau produk akhir, misalkan kain bahan bakunya kapas. Persediaan juga mencakup persediaan barang jadi yang mana produk akhir yang siap dikonsumsi oleh masyarakat dan bisa dibeli.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Sumiati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 24 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan pengertian biaya tetap, biaya variabel, dan biaya marginal!

Pembahasan Soal:

Biaya tetap/fixed cost (FC) adalah biaya yang dalam periode waktu tertentu jumlahnya tetap, tidak bergantung pada jumlah produk yang dihasilkan. Contohnya, penyusutan peralatan, sewa gedung atau penyusutan gedung, pajak perusahaan, dan biaya administrasi.

Biaya variabel/variable cost (VC) yaitu biaya yang jumlahnya berubah-ubah sesuai dengan jumlah produk yang dihasilkan. Dalam hal ini, semakin banyak jumlah produk yang dihasilkan, semakin besar pula jumlah biaya variabelnya. Contohnya, biaya bahan baku dan upah tenaga kerja yang dibayar berdasarkan jumlah produk yang dihasilkannya.

Biaya marjinal/marginal cost (MC) adalah biaya tambahan yang diperlukan untuk tambahan satu unit produk yang dihasilkan. Munculnya MC karena adanya perluasan produksi yang dilakukan perusahaan dalam rangka menambah jumlah produk yang dihasilkannya. undefined 

0

Roboguru

Setiap hari kegiatan produksi rumahan telur asin menghabiskan biaya untuk belanja bahan baku makanan sebanyak Rp2.000.000,-, untuk membeli kemasan sebanyak Rp500.000,-. Pembayaran gaji 5 orang setiap ...

Pembahasan Soal:

Biaya variabel atau variable cost ialah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan yang dipengaruhi oleh output, sehingga ketika output yang dihasilkan banyak, maka biaya yang dikeluarkan juga akan meningkat. Dari kasus di atas, besarnya biaya variabel berasal dari bahan baku makanan, pembelian kemasan, pembayaran gaji, penggunaan listrik dan air, serta nilai penyusutan. Total biaya variabel, dapat dihitung sebagai berikut:

space   

0

Roboguru

Jika dihipotesiskan fungsi biaya total (TC) sebagai berikut TC= 4 + 6Q - 3Q2 + 0,30Q3. Maka buatlah tabel biaya untuk Q=0 sampai Q=10!

Pembahasan Soal:

Biaya Tetap Total (Total Fixed Cost), biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan yang tidak dipengaruhi oleh output yang dihasilkan. Ketika perusahaan memproduksi banyak atau memproduksi sedikit biaya yang dikeluarkan tetap seperti itu.

Biaya Variabel Total (Total Variable Cost), biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan yang dipengaruhi oleh output yang dihasilkan. Ketika perusahaan memproduksi banyak maka biaya yang dikeluarkan meningkat, begitu pun sebaliknya.

Menentukan TFC dan TVC dari Fungsi TC

Karena di soal diketahui TC = 4 + 6Q - 3Q2 + 0,30Q3, maka besarnya TFC = 4, dan besarnya TVC = 6Q - 3Q2 + 0,30Q3. Maka Ketika perusahaan menghasilkan 5 barang, besarnya TFC tetap di angka 4, dan besarnya TVC pada penghitungan berikut:

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row blank blank cell TVC equals space 6 straight Q space minus space 3 straight Q squared space plus space 0 comma 30 straight Q cubed TVC equals space 6 left parenthesis 5 right parenthesis space minus space 3 left parenthesis 5 right parenthesis squared space plus space 0 comma 30 left parenthesis 5 right parenthesis cubed TVC equals space 30 space minus space 3 left parenthesis 25 right parenthesis space plus space 0 comma 30 left parenthesis 125 right parenthesis TVC equals space 30 space minus space 75 space plus space 37 comma 5 TVC space equals space minus 7 comma 5 end cell end table end style 

Tabel Penghitungan TC, TFC, dan TVC saat output 0 - 10:

 space 

0

Roboguru

Kenaikan biaya variabel lebih kecil dibandingkan dengan jumlah produksi merupakan ....

Pembahasan Soal:

Ada beberapa tipe biaya berdasarkan pada perbandingan biaya variabel dan jumlah produksi sebagai berikut.

  • Biaya proporsional adalah kenaikan biaya variabel yang dikeluarkan sama dengan jumlah produksi unit produk yang dihasilkan. 
  • Biaya progresif adalah kenaikan biaya variabel yang dikeluarkan lebih besar daripada jumlah produksi unit produk yang dihasilkan.
  • Biaya degresif adalah kenaikan biaya variabel yang dikeluarkan kurang dari jumlah produksi unit produk yang dihasilkan.
  • Biaya tetap adalah biaya yang besarnya tetap sama selama satu periode ke periode selanjutnya. Misalnya ada biaya sewa tempat usaha, gaji karyawan, asuransi, biaya iklan langanan.
  • Biaya variabel adalah biaya yang selalu berubah dikarenakan ada pengaruh kapasitas produksi yang tidak sama atau kenaikan harga bahan baku. Misalnya ada bahan baku, uang lembur, biaya listrik, biaya PDAM, dll.


Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

0

Roboguru

Perhatikan macam-macam faktor produksi dalam pabrik garmen berikut ini.  bahan baku  mesin-mesin pabrik  bahan penolong  tenaga kerja langsung  gedung pabrik Dari daftar produksi diatas, pili...

Pembahasan Soal:

Faktor produksi variabel adalah faktor produksi yang jumlahnya sangat tergantung dari kuantitas produksi yang dihasilkan. Yang termasuk faktor produksi variabel adalah bahan baku, bahan penolong, dan tenaga kerja langsung karena jumlahnya tidak tetap, namun berubah-ubah sesuai dengan output produksi yang dihasilkan. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved