Roboguru

Persebaran tenaga kerja yang tidak merata menyebabkan....

Pertanyaan

Persebaran tenaga kerja yang tidak merata menyebabkan....space space 

  1. inflasispace space 

  2. krisis ekonomispace space 

  3. pengangguranspace space 

  4. pendapatan meningkatspace space 

  5. sempitnya lapangan pekerjaanspace space 

Pembahasan Soal:

Di Indonesia jumlah tenaga kerja tidak merata, banyak tenaga kerja di Pulau Jawa sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Hal ini menyebabkan banyak terjadi pengangguran di Pulau Jawa, sementara di daerah lain masih banyak sumber daya alam yang belum dikelola secara maksimal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Tri

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Meningkatnya jumlah penduduk di Pulau Jawa menyebabkan lahan pertanian semakin sempit Kondisi ini dikarenakan alih fungsi lahan menjadi permukiman. Kenyataan tersebut berdampak terhadap ....

Pembahasan Soal:

Karena lahan yang ada semakin berkurang dan kegiatan pertanian membutuhkan lahan untuk bercocok taman, maka akibat yang ditimbulkan adalah jumlah petani semakin berkurang pula. Hal ini menyebabkan petani yang ada sebelumnya harus mulai mencari pekerjaan baru dan dalam proses pencairan pekerjaan tersebut, besar kemungkinannya mereka menjadi pengangguran, sehingga jumlah pengangguran yang ada semakin meningkat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space space  

Roboguru

Masalah ketenagakerjaan diantaranya ...

Pembahasan Soal:

Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sangat kompleks karena jumlah angkatan kerja tidak seimbang dengan kesempatan kerja, mutu angkatan kerja yang rendah, persebaran angkatan kerja tidak merata, dan upah tenaga kerja yang rendah. Berikut ini beberapa permasalahan ketenagakerjaan yang terjadi:

  1. Jumlah angkatan kerja tidak seimbang dengan kesempatan kerja. Laju pertumbuhan penduduk tidak diikuti oleh pertumbuhan kesempatan kerja sehingga terjadi ketidakseimbangan jumlah angkatan kerja dengan kesempatan kerja.
  2. Mutu angkatan kerja yang rendah. Sebagian besar angkatan kerja Indonesia belum memiliki pengalaman kerja dan keahlian.
  3. Persebaran angkatan kerja tidak merata. Pembangunan yang tidak merata di setiap daerah menjadi penyebab tidak meratanya persebaran angkatan kerja di Indonesia.
  4. Upah tenaga kerja yang rendah. Upah rendah umumnya terjadi pada sektor-sektor pertanian, industri kecil, dan sektor-sektor informal lainnya. space space space space 
Roboguru

Salah satu penyebab banyaknya pengangguran di pulau Jawa adalah persebaran tenaga kerja yang tidak merata. Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

Banyaknya penduduk di Pulau Jawa menyebabkan banyaknya pula jumlah tenaga kerja di Pulau Jawa. Namun, jumlah tenaga kerja tersebut tidak diimbangi dengan jumlah kesempatan kerja sehingga terjadilah pengangguran. Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan program transmigrasi kepada para pengangguran serta ditempatkan ke daerah-daerah yang membutuhkan tenaga kerja. 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E. undefined 

Roboguru

Jelaskan masalah-masalah ketenagakerjaan di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Masalah ketenagakerjaan dapat timbul karena beberapa faktor seperti pendidikan, kesempatan kerja maupun pertumbuhan ekonomi yang relatif rendah. Hal ini dialami oleh banyak negara yang termasuk Indonesia, karena hingga saat ini masih banyak pengangguran atau lebih tepatnya lagi orang yang tidak dapat bekerja karena minimnya lapangan pekerjaan.

Tiga masalah ketenagakerjaan yang sering terjadi di Indonesia:

  1. Lapangan Kerja yang Rendah. Timbul akibat jumlah angkatan kerja yang produktif tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang disediakan. Hal ini menjadi salah satu pemicu masalah pengangguran.
  2. Kualitas Tenaga Kerja yang Rendah. Tingkat pendidikan yang rendah baik formal maupun non formal. Kemampuan ekonomi masyarakat Indonesia tergolong rendah menyebabkan ketidakmampuan untuk meraih pendidikan yang tinggi.
  3. Banyaknya Pengangguran. Disebabkan karena tingginya jumlah penduduk dan tidak diikuti dengan lapangan kerja yang cukup, permasalahan ini merupakan yang paling utama di Indonesia. Begitu juga dengan rendahnya kualitas tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi yang menjadi faktor utama dalam timbulnya masalah ini.space 
Roboguru

Penduduk Indonesia yang terkonsentrasi di Pulau Jawa menyebabkan persebaran tenaga kerja tidak merata. Kenyataan ini menyebabkan kurangnya tenaga kerja di luar Pulau Jawa. Kurangnya tenaga kerja dapat...

Pembahasan Soal:

Berikut cara mengatasi permasalahan ketenagakerjaan:

  • Memperluas kesempatan kerja
  • Mengurangi tingkat pengangguran
  • Meningkatkan kualitas angkatatan kerja dan tenaga kerja
  • Meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja 
  • Menurunkan jumlah angkatan kerja
  • Cara mengatasi pengangguran teknologi

Maka untuk mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di atas dapat dilakukan dengan upaya mengadakan transmigrasi dengan membuka lapangan kerja baru.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved