Roboguru

Persatuan dan kesatuan di Indonesia dapat terwujud apabila...

Pertanyaan

Persatuan dan kesatuan di Indonesia dapat terwujud apabila...

Pembahasan Soal:

Persatuan artinya tidak terpecah-pecah, gabungan, keterpaduan. Kesatuan berarti keadaan utuh, tidak terpecah-pecah, gabungan keterpaduan dari keanekaragaman atau kemajemukan. Jadi, prinsip persatuan dan kesatuan adalah keadaan satu atau tunggal yang menuntut adanya keterpaduan dari kemajemukan bangsa Indonesia.

Persatuan Indonesia merupakan sila ke-3 dalam Pancasila. Sesuai sila tersebut, bangsa Indonesia adalah bangsa multikultural yang terdapat banyak kebudayaan, suku, dan ras. Semua perbedaan itu hanya bisa bergabung menggunakan persatuan. Pengertian persatuan adalah menggabung menjadi satu dan mutlak, tidak dapat dipisahkan. Untuk terhindar dari disintegrasi, maka sangat dibutuhkan persatuan di Indonesia.

Sebagai bangsa yang majemuk, bangsa Indonesia harus mampu bergaul dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa. Wujud perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan, yaitu:

  • membina keserasian, keselarasan dan keseimbangan,
  • saling mengasihi,
  • saling membina dan saling memberi,
  • tidak menonjolkan perbedaan, melainkan mencari kesamaan,
  • menjauhi pertentangan dan perkelahian, serta
  • menggalang persatuan dan kesatuan melalui berbagai kegiatan.

Jadi, persatuan dan kesatuan di Indonesia dapat terwujud apabila semua rakyatnya saling menghargai perbedaan diantara banyaknya kebudayaan, suku, dan ras.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 21 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan tabel berikut!  No.  X Y  1)   Indische Partij   Sarekat Islam   2)   Perhimpunan Indonesia    Gabunga Partai Politik Indonesia    3) ...

Pembahasan Soal:

Organisasi-organisasi yang menjadi pelopor dari munculnya nasionalisme Indonesia adalah organisasi-organisasi pada fase awal. Organisasi-organisasi pada fase awal ini terjadi dari Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Indische Partij. Ketiga organisasi ini menjadi pelopor bagi munculnya organisasi-organisasi kebangsaan di masa selanjutnya.

0

Roboguru

Contoh nilai-nilai persatuan yang diperlukan pada masa pergerakan nasional adalah …

Pembahasan Soal:

Pada masa pergerakan nasional, yaitu setelah tahun 1908, rakyat Indonesia mulai merasakan adanya satu perasaan senasib sepenanggungan. Penderitaan akibat penjajahan yang dirasakan bertahun-tahun lamanya menumbuhkan sebuah rasa persatuan dan kesatuan sehingga melahirkan suatu kesadaran nasional. Hal ini mendorong adanya bentuk kerja sama antara satu pihak dengan pihak yang lain. Kerja sama ini ditujukan untuk melepaskan bangsa Indonesia dari segala bentuk belenggu penjajahan.

Maka, berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, istilah "Persatuan Indonesia"digunakan untuk ...

Pembahasan Soal:

Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, persatuan Indonesia adalah sebagai faktor kunci, yaitu sebagai sumber semangat, motivasi dan penggerak perjuangan Indonesia. Tahap-tahap pembinaan persatuan bangsa Indonesia yang paling menonjol adalah: perasaan senasib, Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda, Proklamasi Kemerdekaan.

Dengan demikian, pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, istilah "Persatuan Indonesia" digunakan untuk memacu semangat perjuangan bangsa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan konsep persatuan yang dibangun oleh bangsa Indonesia!

Pembahasan Soal:

Persatuan berasal dari kata satu yang artinya tidak terpecah-belah atau utuh. Jadi arti persatuan yaitu bersatunya bermacam-macam aneka ragam kebudayaan menjadi satu yang utuh dan serasi. Adapun proses persatuan dan kesatuan tidak terlepas dari peristiwa kebangkitan nasional, sumpah pemuda, dan proklamasi kemerdekaan. Kebangkitan nasional sebagai titik balik dari perjuangan yang konvensional ke perjuangan modern. Perjuangan modern tidak hanya mengandalkan fisik tapi juga melalui cara diplomatis melalui organisasi, tidak hanya membela daerah masing-masing tetapi membela bangsa Indonesia. Sumpah pemuda menegaskan persatuan di kalangan para pemuda, bahwa pemuda-pemudi Indonesia telah mengakui bertanah air dan berbangsa satu serta menjunjung tinggi bahasa yang satu, bahasa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia adalah puncak kesadaran persatuan dan kesatuan, karena sejak kemerdekaan diproklamirkan, bangsa Indonesia telah menjasi suatu negara kesatuan yang utuh. Persatuan Indonesia adalah persatuan bangsa yang tinggal di wilayah Negara Indonesia, didorong untuk mencapai kehidupan yang bebas dalam negara yang merdeka dan berdaulat. Berikut ini terdapat 3 makna penting di dalam persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia, yaitu:

  1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
  2. Menjalin rasa kemanusiaan dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan.
  3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong menolong antar sesama, serta sikap nasionalisme.

Pasca kemerdekaan,  rakyat tetap harus berusaha untuk mewujudkan wawasan nusantara yaitu sikap mengutamakan persatuan kesatuan wilayah Negara Indonesia serta menghargai dan menghormati keberagaman setiap Warga Negara Indonesia.

Dengan demikian, persatuan dan kesatuan yang dibangun bangsa indonesia bukan untuk meniadakan kemajemukan masyarakat artinya adalah. Persatuan dan kesatuan tidak bertujuan menghilangkan perbedaan-perbedaan yang ada. Melainkan, mempersatukannya menjadi suatu kesatuan. Perbedaan akan tetap ada, namun bukan menjadi suatu hambatan,  melalui adanya persatuan dan kesatuan merupakan suatu upaya untuk membuat kita bisa menghargai perbedaan itu sendiri.

0

Roboguru

Puncak semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia berlangsung pada peristiwa ....

Pembahasan Soal:

Dalam mencapai Proklamasi Kemerdekaan, bangsa Indonesia melalui sejarah panjang perjuangan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan didampingi Moh. Hatta di Jl. Pegangsaan Timur 56 Jakarta pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 jam 10.00 WIB. Dilanjutkan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih oleh Pemuda Suhud dan eks Shudancho Latif Hendraningrat. Upacara diakhiri dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Meski berlangsung singkat, namun peristiwa proklamasi kemerdekaan mengandung arti sangat penting dan membawa perubahan sangat besar dalam kehidupan bangsa Indonesia, yaitu.

  1. Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaannya.
  2. Puncak persatuan dan kesatuan dari Bangsa Indonesia.
  3. Dengan proklamasi berarti bangsa Indonesia mendapat kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri sebagai bangsa yang berdaulat.
  4. Proklamasi merupakan jembatan emas untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Dengan demikian, puncak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia terjadi pada peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved