Roboguru

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ....

Pertanyaan

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ....space 

  1. subjek yang melakukanspace 

  2. waktu kegiatanspace 

  3. usaha yang dilakukanspace 

  4. aktivitas kegiatanspace 

Pembahasan Soal:

Pada teks 1 membahas kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) bagi siswa kelas I-VI yang tinggal beberapa minggu lagi, sedangkan pada teks 2 membahas kegiatan Ujian Sekolah (US) bagi siswa kelas VI yang akan dilaksanakan beberapa bulan lagi. Dari kedua teks sama-sama memuat anjuran untuk belajar lebih giat. Hal ini menunjukkan bahwa persamaan kedua teks tersebut adalah perihal aktivitas kegiatan yang dibahas.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurutmu, apakah mudik perlu dilaksanakan? Berikan alasanmu!

Pembahasan Soal:

Menurut saya pribadi, mudik perlu dilaksanakan karena sebagai perantau atau pekerja migran seharusnya tetap ingat akan asal-usul atau tanah kelahirannya dan keluarganya sehingga tali silaturahmi tetap terjaga dan tak lupa dengan kampung halaman tempat mereka dibesarkan.

Dengan demikian, mudik perlu dilaksanakan karena perantau harus tetap ingat keluarga dan kota kelahirannya.undefined 

Roboguru

Sekelompok astronom baru saja menemukan sebuah binatang baru yang dianggap sebagai binatang tertua di alam semesta. Penemuan ini bisa dikatakan langka. Keanehan tersebut terjadi karena setiap binatang...

Pembahasan Soal:

Kata tanya adalah kata yang digunakan untuk menanyakan sesuatu. Contoh kata tanya yaitu, apa, siapa, dimana, kapan, bagaimana, mengapa, bolehkah dan  darimana.

Kata tanya yang sesuai dengan teks di atas adalah mengapa. Kalimat tanya yang sesuai adalah Mengapa penemuan binatang baru termasuk peristiwa langka?

Kalimat tanya ini tepat karena memiliki jawaban sesuai dengan yang ada pada teks. Jawaban dari kalimat tanya ini terdapat pada kalimat ketiga, yaitu Keanehan tersebut terjadi karena setiap binatang yang berhasil ditemukan dan terbentuk setelah peristiwa Big Bang lokasinya akan jauh dari alam semesta.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Temukan informasi faktual pada paragraf keempat!

Pembahasan Soal:

Faktual dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti berdasarkan kenyataan; mengandung kebenaran. Informasi faktual berarti informasi yang berdasarkan kenyataan. Agar dapat mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi, kita perlu membaca teks eksplanasi di atas terlebih dahulu.

"Manfaat baterai di bidang sosial adalah mempermudah komunikasi masyarakat, bahkan dalam tingkat global. Manfaat baterai di bidang ekonomi adalah sebagai barang yang diperjualbelikan sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat pelaku usaha. Manfaat baterai di bidang budaya adalah memperlancar segala bentuk kegiatan masyarakat sehingga secara tidak langsung, listrik membawa pengaruh yang besar dalam perubahan budaya masyarakat. Manfaat baterai di bidang pendidikan adalah digunakan dalam proses kegiatan belajar-mengajar dan menjadi jembatan atas penemuan-penemuan baru yang merupakan hasil dari pendidikan teknologi mutakhir."

Paragraf keempat di atas berbicara tentang manfaat baterai. Informasi faktual yang terdapat pada teks tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Manfaat baterai di bidang sosial adalah mempermudah komunikasi masyarakat;
  2. Manfaat baterai di bidang ekonomi adalah sebagai barang yang diperjualbelikan sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat pelaku usaha;
  3. Manfaat baterai di bidang budaya adalah memperlancar segala bentuk kegiatan masyarakat sehingga secara tidak langsung, contohnya pengaruh listrik dalam perubahan budaya masyarakat;
  4. Manfaat baterai di bidang pendidikan adalah dalam proses belajar-mengajar dan menjadi jembatan penemuan-penemuan baru yang merupakan hasil dari pendidikan teknologi mutakhir.

Jadi, informasi faktual pada paragraf keempat adalah tentang contoh nyata manfaat baterai di bidang sosial, ekonomi, budaya, dan pendidikan.space 

Roboguru

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal! James Watt, Sang Penemu Mesin Uap     James Watt adalah penemu yang mengembangkan mesin uap sehingga menjadi  dasar dari revolusi Industri. la lahir pada ta...

Pembahasan Soal:

Informasi penting yang terdapat pada teks di atas adalah James Watt penemu mesin uap.

James Watt adalah penemu mesin uap merupakan unsur siapa pada teks di atas.

Kalimat yang menyatakan bahwa James Watt penemu mesin uap terdapat pada paragraf pertama yaitu James Watt adalah penemu yang mengembangkan mesin uap sehingga menjadi  dasar dari revolusi Industri.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Roboguru

Temukan informasi faktual pada paragraf kedua!

Pembahasan Soal:

Faktual dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti berdasarkan kenyataan; mengandung kebenaran. Informasi faktual berarti informasi yang berdasarkan kenyataan. Agar dapat mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi, kita perlu membaca teks eksplanasi di atas terlebih dahulu.

"Baterai ditemukan pertama kali oleh Alessandro Giuseppe Antonio Anastisio Gerolamo Umberto Volta atau lebih dikenal dengan nama Alessandro Volta, seorang ilmuwan Italia yang lahir di Como, Italia. Baterai yang kita kenal sekarang merupakan pengembangan dari electrophorus, yakni sebuah alat yang menghasilkan muatan listrik statis. Alat tersebut merupakan pengembangan dari penemuan Profesor Johan Wilcke dari Swedia. Nama Alessandro Volta pun diabadikan sebagai satuan beda potensial (volt). Elemen baterai terdiri dari pasta amonium klorida (NH subscript 4 Cl), lapisan zink (Zn), karbon, ruang antara batang karbon, dan zink klorida (ZnCl subscript 2)."

Paragraf kedua di atas berbicara tentang penemuan baterai (oleh siapa dan bagaimana). Informasi faktual yang terdapat pada teks tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Ditemukan pertama kali oleh Alessandro Volta;
  2. Baterai merupakan pengembangan dari electrophorus, yakni sebuah alat yang menghasilkan muatan listrik statis;
  3. Electrophorus merupakan pengembangan dari penemuan Profesor Johan Wilcke dari Swedia. Nama Alessandro Volta pun diabadikan sebagai satuan beda potensial (volt).
  4. Elemen baterai terdiri dari pasta amonium klorida (NH subscript 4 Cl), lapisan zink (Zn), karbon, ruang antara batang karbon, dan zink klorida (ZnCl subscript 2).

Jadi, informasi faktual pada paragraf kedua adalah tentang penemu bateraipengembangan baterai, dan elemen baterai.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved