Roboguru

Persamaan antara Pithecanthropus Erectus dengan manusia modern dalam aspek non fisik...

Pertanyaan

Persamaan antara Pithecanthropus Erectus dengan manusia modern dalam aspek non fisik...

Pembahasan Soal:

Berikut ciri pribadi manusia purba :

  1. Tertutup, suka tinggal digua- gua, tidak menerima orang yang asing, kanibal ( Memangsa manusia /sesama ). Manusia purba memiliki pribadi yang tertutup karena rendahnya intelektual mereka, bahkan mereka tidak suka berkomunikasi secara verbal, bahasa mereka lebih cenderung ke bahasa emosi, sangat mudah tersinggung, sensitif, sedikit mirip dengan hewan.
  2. Emosional : Karena kurang menerima dunia luar maka manusia purba lebih mudah marah, sangat egois dan suka memfonis berdasarkan kondisi moodnya.
  3. Bukan pemikir tapi lebih suka menghabiskan waktu bersenang- senang dihutan dan bersama koloninya.
  4. Membangun kekuatan sosial dari koloni, mirip srigala, dan koloni merekalah yang menjadi basis kekuatan.

Berikut ciri pribadi manusia modern :
Berpikir terbuka, dialogis,mudah bersahabat, kreatif, berpikir positif, konstruktif dalam berpikir, bertanggung jawab, mudah diajak kerja sama, dan yang paling penting adalah manusia modern bisa menahan marah.

Dengan demikian, persamaan antara Pithecanthropus Erectus dengan manusia modern dalam aspek non fisik sama-sama hidup bermasyarakat, mengelompok, terdapat pemimpin, terdapat pembagian kerja.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Manusia Purba yang sudah mengenal upacara pemakaman dalam menghormati tokoh atau anggota keluarganya yang sudah wafat adalah manusia purba jenis ….

Pembahasan Soal:

Manusia purba jenis Homo sapiens merupakan manusia purba yang mempunyai kemiripan dengan manusia purba modern. hal tersebut ditunjukkan dengan beberapa aktivitas manusia jenis ini seperti sudah mengenal upacara pemakaman, tinggal menetap dan sudah berburu dan mengenal makanan yang sudah dimasak. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Buatlah bagan manusia purba yang pernah ada di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan bagan di atas, manusia purba yang pernah ada di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Megantropus paleojavanicus (berasal dari kata mega: besar, Paleo: tua dan Java: Jawa, yang berarti manusia besar/raksasa) diperkirakan manusia pertama yang hidup di Jawa. Meganthropus ditemukan di Sangiran pada lapisan pleistosen bawah pada tahun 1941 oleh Von Koeningswald. 
  2. Pithecantropus mojokertensis yang artinya manusia kera dari Mojokerto ditemukan oleh Von Koenigswald di Mojokerto tahun 1936 pada lapisan pleistosen bawah. 
  3. Pithecantropus robustus yang artinya manusia kera yang perkasa ditemukan oleh Von Koenigswald dan F.Weidenrich pada tahun 1939 ada pada lapisan pleistosen tengah di lembah Bengawan Solo, Sangiran, Jawa Tengah. 
  4. Pithecantropus erectus (pithecos = kera; Erectus = berdiri tegak; manusia kera berjalan tegak) artinya manusia kera yang berjalan tegak dan ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 di Kedung Brubus, Trinil, Ngawi di tepi Sungai Bengawan Solo yang ada pada lapisan pleistosen tengah. 
  5. Homo soloensis artinya manusia dari Solo ditemukan di Ngandong lembah sungai Bengawan Solo oleh Von Koenigswald pada tahun 1931- 1934. 
  6. Homo wajakensis artinya manusia dari Wajak, ditemukan di lembah sungai Brantas, Wajak, Tulungagung, Jawa Timur oleh Eugene Dubois pada tahun 1889. Homo Wajakensis hidup antara 25.000-40.000 tahun yang lalu. 
  7. Homo sapiens artinya manusia cerdas yang ditemukan di Wajak, Tulungagung, Jawa Timur oleh Von Rietschoten pada tahun 1892. Jenis homo Sapiens berasal dari zaman Holosen atau Alluvium yang hidup kurang lebih 20.000 tahun yang lalu.

Jadi, manusia purba yang ada di Indonesia adalah Megantropus paleojavanicus, Pithecantropus mojokertensis, Pithecantropus robustus, Pithecantropus erectus, Homo soloensis, Homo wajakensis, dan Homo sapiens.

0

Roboguru

Manusia purba yang biasa disebut dengan manusia kera yang berjalan tegak adalah...

Pembahasan Soal:

Di Indonesia telah ditemukan 8 macam fosil manusia purba. Dari 8 fosil tersebut, masing-masing memiliki penamaan dan ciri khasnya tersendiri. Pithecantropus Erectus merupakan salah satu fosil manusia purba yang ditemukan di Indonesia. Pithecantropus Erectus yaitu manusia kera yang berjalan tegak. Fosil ini ditemukan oleh Eugene Dubois di Trinil pada tahun 1891. Fosil yang ditemukan berupa tulang rahang bagian atas tengkorak, geraham dan tulang kaki. Fosil ini ditemukan pada masa kala Pleistosen tengah, pithe=kera,anthro=manusia, dan erectus=berjalan tegak serta, dari tengkorak yang ditemukan, volume otaknya masih 600cc yang artinya masih bersifat seperti kera, dan juga dari tulang pahanya yang ditemukan yang berarti kalau dia sudah berjalan tegak.

Dengan demikian, manusia purba yang biasa disebut dengan manusia kera yang berjalan tegak adalah Pithecantropus Erectus.

0

Roboguru

Fosil Pithecanthropus Mojokertensis ditemukan oleh ….

Pembahasan Soal:

Pithecanthropus Mojokertensis, ditemukan di Mojokerto, Jawa Timur. Fosil Pithecanthropus Mojokertensis ditemukan oleh penemuan yang sama dengan Meganthropus Paleojavanicus, yaitu von Koenigswald pada tahun 1936.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Manusia purba yang ditemukan oleh Eugene Dubois di desa Trinil, Ngawi, Jawa Timur, pada tahun 1890 dan berasal dari lapisan plestosen tengah adalah....

Pembahasan Soal:

Eugene Dubois merupakan seorang ahli anatomi dari Belanda. Pada tahun 1890 ia melakukan penelitian dan menemukan sebuah kerangka fosil berjenis kelamin laki-laki. Fosil tersebut adalah fosil Pithecanthropus Erectus. Pithecanthropus Erectus ditemukan di daerah Trinil, Ngawi dan berasal dari lapisan Pleistosen Bawah. Pithecanthropus Erectus atau yang disebut juga manusia kera berjalan tegak memiliki ciri-ciri kening menonjol, atap tengkorak tebal, tinggi sekitar 160-180 cm, dan volume otak sekitar 900 cc.

Dengan demikian, maka jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved