Roboguru

Pernyataan yang tepat untuk melengkapi surat lamaran tersebut adalah...

Pertanyaan

Pernyataan yang tepat untuk melengkapi surat lamaran tersebut adalah...space

  1. Saya berhasrat untuk melamar pekerjaan tersebut.space

  2. Saya mencoba melamar sebagai tenaga pembukuan.space

  3. Saya berkeinginan melamar pekerjaan tersebut.space

  4. Saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut.space

  5. Dengan kerendahan hati, menyampaikan keinginan melamar.space

Pembahasan Soal:

Surat lamaran adalah surat yang bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan. Penggalan surat lamaran di soal merupakan bagian paragraf pembuka dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Paragraf pembuka adalah bagian pembuka surat yang berfungsi sebagai pengantar ke inti pokok surat. Penggalan surat tersebut berisi pernyataan sumber informasi yang pelamar dapatkan (Suara Merdeka, 27 Oktober 2007) dan pekerjaan yang dilamar (tenaga sekretaris/pembukuan), maka pelamar bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut.
Dengan demikian, pernyataan yang tepat untuk melengkapi surat lamaran tersebut adalah Saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.spacespace

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan untuk bekerja pada suatu instansi atau lembaga. Surat lamaran pekerjaan termasuk ke dalam jenis surat dinas karena surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal. Surat dinas merupakan surat yang ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surat dinas bersifat resmi.

Surat lamaran pekerjaan memiliki isi dan sistematika yang berbeda dengan jenis surat lainnya. Isi surat meliputi bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan dan hal-hal yang harus ada di dalam surat lamaran pekerjaan. Sistematika adalah klasifikasi atau penggolongan atas isi atau bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan.

Isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan nama terang. Isi surat terdiri atas unsur nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, alamat, serta beberapa hal yang dilampirkan. Hal-hal penting yang dilampirkan antara lain daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, sertifikat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pasfoto. Kadang-kadang instansi/lembaga juga meminta persyaratan lain, seperti surat keterangan pengalaman kerja, surat keterangan berbadan sehat, dan surat izin orang tua.

Contoh iklan lowongan pekerjaan:

Sebuah perusahaan konstruksi nasional yang sedang berkembang pesat membutuhkan sekretaris dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. wanita,
  2. pendidikan minimal D3 jurusan kesekretariatan atau manajemen,
  3. usia maksimal 27 tahun,
  4. menguasai bahasa Inggris aktif, dan
  5. menguasai word, excel, dan powerpoint.

Kirimkan lamaran Anda ke HRD PT Tamnas Jalan D. Limboto No. 7 Jakarta Pusat.
Kompas, 3 Juni 2009

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah sebagai berikut:

Berdasarkan iklan yang dimuat di harian Kompas, 3 Juni 2009, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai sekretaris.

Kalimat pembuka sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan sopan agar pihak atau instansi yang membaca tidak tersinggung. Dalam kalimat pembuka, pernyataan umum tentang diri pelamar harus dimunculkan. Selain itu, penggunaan kalimat dalam surat lamaran pekerjaan harus efektif. Ciri-ciri kalimat efektif itu adalah, singkat, jelas, dan tidak ambigu serta penyampaian pun harus sopan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Bagian yang merupakan tesis (pernyataan umum) adalah ...

Pembahasan Soal:

Tesis berisi informasi awal yang dikemukakan pelamar yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Informasi yang terdapat dalam tesis, di antaranya adalah sumber pelamar mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan posisi yang diinginkan pelamar serta informasi singkat tentang diri pelamar.undefined 

Contoh bagian tesis terdapat pada pilihan jawaban C. Pada paragraf pertama, dituliskan asal informasi lowongan pekerjaan didapatkan, yaitu dari laman www.lokerkarawang.com pada tanggal 21 November 2017. Pelamar juga menuliskan posisi yang ingin dilamarnya. Sementara itu, paragraf kedua memuat informasi singkat tentang diri pelamar, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, alamat, serta nomor telepon.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Kalimat pembuka yang tepat untuk surat tugas menghadiri rapat adalah ....

Pembahasan Soal:

Surat tugas adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang berwenang pada instansi tertentu untuk melaksanakan tugas tertentu.

Syarat penulisan surat tugas:

  • Menggunakan bahasa baku.
  • Kalimat lugas.
  • Kalimat efektif dan efisien.

Kalimat pembuka yang tepat untuk surat tugas menghadiri rapat adalah “Dengan ini kami menugaskan Saudara untuk menghadiri rapat pelaksana ujian akhir semester.”


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space  

0

Roboguru

Kalimat yang dicetak miring dalam penggalan surat balasan lamaran pekerjaan di atas kurang tepat. Kalimat yang tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Surat lamaran pekerjaan adalah sebuah surat pribadi bersifat resmi yang dibuat oleh seseorang kepada seseorang di instansi tertentu yang menawarkan lowongan pekerjaan.

Kalimat tersebut merupakan surat balasan terhadap surat lamaran pekerjaan yang dikirimkan seseorang.

Surat lamaran dan balasan lamaran pekerjaan memiliki beberapa kaidah kebahasaan, yaitu menggunakan kalimat logis, baku, jelas, dan mudah dipahami

Kalimat yang dicetak miring dalam penggalan surat balasan lamaran pekerjaan di atas kurang tepat. Kalimat yang tepat adalah “Hal ini disebabkan lowongan kerja yang Bapak harapkan sudah terisi.”


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space  

0

Roboguru

Cermatilah kalimat surat lamaran pekerjaan berikut! Pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut kurang tepat, perbaikannya adalah ....

Pembahasan Soal:

Kalimat pembuka merupakan bagian awal isi surat. Kalimat pembuka surat digunakan sebagai pengantar untuk menyampaikan isi surat dan menarik perhatian pembaca terhadap isi·pokok surat.

Perbaikan untuk kalimat di atas terletak pada kata "Bersama ini". Kata ini, merupakan kata tunjuk (pronomina) yang penggunaan kata nya, harus disertai dengan benda yang ditunjuk. Dalam kalimat tersebut, kata "ini" merujuk pada benda surat lamaran pekerjaan yang ditulis. Selanjutnya, kata bersama dapat diganti dengan kata melalui. Untuk menerangkan bahwa melalui surat ini, sang pelamar pekerjaan ingin mengajukan lamaran pekerjaan. Sehingga, perbaikan untuk kalimat di atas menjadi kata bersama diganti dengan melalui surat. 

Dengan demikuan, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved