Roboguru

Pernyataan yang tepat tentang kedua puisi tersebut adalah ....

Pertanyaan

Pernyataan yang tepat tentang kedua puisi tersebut adalah ....space 

Pembahasan Soal:

Puisi dibangun atas dua unsur, yaitu unsur fisik dan unsur batin. 

Unsur batin adalah unsur yang berkaitan dengan batin dalam pembacaan puisi. Secara umum ada 4 unsur batin puisi yakni tema, rasa, nada, dan amanat.

  1. Tema. Tema adalah unsur utama pada puisi karena tema berkaitan erat dengan makna yang dihasilkan dari suatu puisi. Pada puisi, sebuah tema menjadi landasan dan garis besar dari isi puisi tersebut.
  2. Rasa. Rasa atau feeling pada puisi merupakan sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat dalam puisinya. Pengungkapan tema dan rasa erat kaitannya dengan latar belakang sosial, pengalaman, dan psikologi penyair.
  3. Nada dan suasana. Yang dimaksud nada atau suasana pada puisi adalah sikap penyair terhadap pembacanya. Nada berhubungan dengan tema dan rasa yang ditujukan penyair pada pembaca, bisa dengan nada menggurui, mendikte, nada sombong, nada tinggi atau seolah ingin bekerja sama dengan pembaca.
  4. Amanat. Pada puisi, amanat atau tujuan merupakan pesan yang terkandung di dalam sebuah puisi. Amanat dapat ditemukan dengan memaknai puisi tersebut secara langsung atau tidak langsung.

Setelah membaca kedua puisi tersebut dengan saksama, yang paling menonjol dari kedua puisi tersebut adalah tema puisi. Tema kedua puisi itu adalah tentang pandemi. Teks satu mengisahkan asal virus hingga menjadi pandemi, yaitu dari kota Wuhan. Teks dua mengingatkan walau pandemi telah berlalu, protokol kesehatan harus tetap dijaga. 

Dengan demikian, pernyataan yang tepat tentang kedua puisi tersebut adalah tema kedua puisi sama, yaitu tentang pandemi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan puisi berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!                                   Maju                            Chairil Anwar Bagimu negeri Menyediakan api Punah di atas menghamba Binas...

Pembahasan Soal:

Tema dalam puisi adalah gagasan pokok yang diungkapkan oleh seorang penyair dalam puisinya. Tema puisi di atas adalah perjuangan. Hal itu tampak dari larik Maju, Serbu, Serang, dan Terjang. Kata-kata tersebut menunjukkan adanya semangat yang membara untuk berjuang. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Puisi di atas termasuk jenis puisi ….

Pembahasan Soal:

Puisi adalah bentuk karya sastra yang terikat oleh irama, rima dan penyusun bait dan baris yang bahasanya terlihat indah dan penuh makna.

Berikut jenis-jenis puisi:

  1. Puisi Naratif: mengungkapkan cerita atau penjelasan penyair, terdiri dari balada (cerita tentang orang-orang perkasa ataupun tokoh pujaan), dan romansa (berisi kisah percintaan).
  2. Puisi Lirik: terdiri dari elegi (mengungkapkan perasaan duka), serenada (sajak percintaan yang dapat dinyanyikan), dan ode (berisi pujaan terhadap seseorang, sesuatu hal, atau sesuatu keadaan).
  3. Puisi Deskriptif: terdiri dari satire (mengungkapkan perasaan ketidakpuasan penyair terhadap suatu keadaan melalui sindiran), dan puisi kritik sosial (menyatakan ketidakpuasan penyair terhadap keadaan dengan membeberkan ketidakberesan keadaan tersebut).

Dalam puisi di atas, penyair menunjukkan ketidakpuasannya terhadap kondisi yang ada. Menurut penyair, kondisi ekonomi dan politik di negerinya sedang tidak baik-baik saja. Oleh karena itu, orang yang berilmu harus mulai bicara.

Puisi tersebut dapat dikategorikan ke dalam puisi deskriptif, khususnya puisi kritik sosial. Kritik tersebut disampaikan kepada orang berilmu yang diam saja melihat keadaan di negerinya, seperti ditunjukkan pada baris berikut.

apa guna punya ilmu
kalau hanya untuk mengibuli
apa guna banyak baca buku
kalau mulut kaubungkam melulu

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Tulislah karakteristik dari teks puisi dan prosa di atas!

Pembahasan Soal:

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. Sedangkan prosa adalah karya sastra yang berbentuk cerita yang disampaikan menggunakan narasi.

Karakteristik dari teks puisi dan prosa di atas adalah

  1. Penyampaian bahasa yang digunakan pada puisi di atas lebih ringkas, sedangkan penyampaian pada prosa di atas menggunakan bahasa yang lebih panjang dan terperinci.
    Misalnya, untuk menyatakan bahwa sekolah tersebut bersih, teks puisi menggunakan kalimat "Bersih berseri memikat hati".
    Sementara itu, pada paragraf prosa menyatakannya dengan kalimat "Sekolahku selalu bersih. Tidak ada sampah berserakan baik di kelas maupun di halaman sekolah. Saya bersama teman-teman selalu berusaha untuk memungut dan membuang sampah pada tempat sampah yang ada di sekitar sekolah".
  2. Puisi di atas juga banyak menggunakan bahasa kiasan, sementara pada prosa di atas menggunakan kata yang bermakna denotatif.
    Misalnya untuk menyatakan di taman sekolah terdapat bunga-bunga yang indah, puisi menggunakan kalimat "Bunga-bunga berbaris menebar senyum". Pada kalimat tersebut, kita harus menafsirkan terlebih dahulu makna kiasan dari bunga yang menebar senyum.
    Sementara itu, paragraf prosa menggunakan kalimat "bunga-bunga dan tanaman lain selalu dirawat sehingga membuat sekolahku indah dan asri". Dari kalimat tersebut, kita langsung mengetahui maksud atau makna kalimat tersebut.
  3. Penggunaan diksi pada puisi terkesan lebih ekspresif, sedangkan pada prosa lebih bersifat objektif. Penggunaan kata kiasan pada puisi, memberikan kesan lebih ekspresif dibandingkan dengan penyampaian prosa yang lebih bersifat objektif.

Dengan demikian, karakteristik dari teks puisi dan prosa di atas adalah penyampaian bahasa yang digunakan pada puisi di atas lebih ringkas, sedangkan penyampaian pada prosa di atas menggunakan bahasa yang lebih panjang dan terperinci. Puisi di atas juga banyak menggunakan bahasa kiasan, sementara pada prosa di atas menggunakan kata yang bermakna denotatif. Penggunaan diksi pada puisi terkesan lebih ekspresif, sedangkan pada prosa lebih bersifat objektif.space 

0

Roboguru

Puisi di atas termasuk jenis puisi ....

Pembahasan Soal:

Puisi adalah karya sastra yang berisi tanggapan serta pendapat penyair mengenai berbagai hal. Puisi dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu puisi lama dan puisi baru.

Puisi baru terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Puisi naratif adalah salah satu bentuk puisi yang menceritakan sebuah cerita, seringkali juga bersuara sebagai narator dan tokoh; keseluruhan cerita biasanya ditulis dalam bait terukur. Puisi ini terbagi menjadi dua macam, yaitu balada dan romansa.
  2. Puisi lirik berisi ungkapan perasaan yang tersusun dalam larik-larik atau baris. Puisi lirik terdiri dari tiga jenis, yaitu elegi, ode, dan serenada.
  3. Puisi deskriptif adalah puisi yang disampaikan oleh penulis untuk memberi kesan terhadap keadaan, peristiwa, benda, atau suasana yang dipandang menarik kepada pembaca. Adapun jenis puisi deskriptif, yaitu satire, puisi impresionistik dan puisi kritik sosial.

Puisi di atas berisi tentang sebuah cerita tentang peristiwa tadi pagi. Penyair dalam puisi tersebut berusara sebagai narator. Jadi, puisi di atas termasuk jenis puisi naratif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A. 

0

Roboguru

Perhatikan puisi berikut!   Perempuan Berpayung Tampah Kutatap mata sendunya yang selalu tersenyum kulit keriputnya yang seolah tertawa kaki-kaki kecilnya yang tak pernah lelah melangkah Perempuan ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan cara penyair mengungkapkan gagasannya, terdapat beberapa jenis puisi, yaitu
●    puisi deskriptif, meliputi kritik sosial dan satire;
●    puisi naratif, meliputi balada dan romansa; serta
●    puisi lirik, meliputi elegi, serenada, dan ode.
Puisi di atas mengisahkan perempuan berpayung tampah. Larik mata sendunya yang selalu tersenyum, kulit keriputnya yang seolah tertawa, dan kaki-kaki kecilnya yang tak pernah lelah melangkah menunjukkan bahwa si perempuan berpayung tampah selalu bersemangat meskipun keadaan hidupnya sulit. Perempuan tersebut merupakan pujaan penyair seperti diperlihatkan pada larik kukagumi kau wahai perempuan yang tabah. Oleh karena itu, puisi di atas dapat digolongkan dalam puisi naratif, khususnya balada, yaitu puisi yang berisi cerita tentang orang-orang perkasa ataupun tokoh pujaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A. space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved