Roboguru

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah...

Pertanyaan

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah...space 

  1. Tokoh Neka selalu menerima ajakan kencan teman lelakinya.space 

  2. Tokoh Neka berparas cantik dengan kulit putih dan tinggi semampai.space 

  3. Tokoh Neka selalu menjaga jarak dengan lelaki yang mendekatinya.space 

  4. Tokoh aku mengetahui semua cerita tentang kehidupan tokoh Neka.space 

  5. Tokoh Neka selalu menceritakan keluarganya kepada tokoh aku.space 

Pembahasan Soal:

Salah satu unsur dalam cerpen adalah tokoh dan penokohan. Tokoh adalah orang atau pelaku dalam cerita. Tokoh diartikan oleh pembaca memiliki watak dan karakter yang menunjuk pada kualitas pribadinya. Tanpa tokoh, alur cerita tidak akan pernah sampai pada bagian akhir cerita. Penokohan adalah pelukisan gambaran jelas tentang seseorang dalam sebuah cerita. Dalam sebuah cerpen tokoh yang ditampilkan berupa tokoh fiksi. Tokoh tersebut diceritakan dalam satu situasi saja. Berdasarkan perwatakannya, tokoh dalam cerpen dapat dibagi menjadi dua yaitu tokoh protagonis dan antagonis.

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah tokoh Neka selalu menjaga jarak dengan lelaki yang mendekatinya. Hal itu dapat dilihat dalam kutipan kalimat berikut.

Tapi, setahuku ia tak pernah bergaul dekat dengan satu pun dari banyak lelaki yang mengejarnya. Selalu menjaga jarak aman. Tak pernah sekalipun ia mengiyakan ajakan kencan yang kerap diajukan mereka.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pengembangan konflik dalam petikan cerpen tersebut muncul melalui karakterisasi tokoh yang dikemas pengarang melalui ....

Pembahasan Soal:

Penggambaran watak tokoh pada cerpen dapat dilakukan secara analitik (langsung) dan dramatik (tidak langsung). 

Metode Analitik adalah metode di mana pengarang menggambarkan watak-watak tokoh dengan mendeskripsikan wataknya secara langsung.

Penggambaran watak tokoh secara tidak langsung (dramatik) melalui pikiran-pikiran tokoh, dialog antartokoh, tingkah laku atau tindakan tokoh, tanggapan tokoh, deskripsi fisik, lingkungan sekitar tokoh.

Berdasarkan penjelasan di atas, karakterisasi tokoh digambarkan pengarang secara tidak langsung, yaitu dengan cara reaksi tokoh utama terhadap tokoh lain. Hal ini dapat dibuktikan dengan kalimat Ayah ibu akan memarahi aku apabila aku melupakan sekolah atau mengaji. Ayahku akan memanggil aku. Disuruhnya aku menyaksikan wajahnya. Sebuah neraka terlintas dalam kepalaku bila ayah marah. Pada kakek lain sekali. Orang tua itu hanya dapat tersenyum. Ia jauh lebih baik hati daripada ayah. Ia katanya selalu memandang dunia dengan senyum di bibir dan ketenangan jiwa. Kalimat ini merupakan reaksi tokoh terhadap tokoh ayah dan tokoh kakek. Dari kalimat tersebut dapat kita pengembangan konflik yaitu perbedaan karakter ayah dan kakek menurut tokoh. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Bacalah kutipan cerpen berikut! (1) Setiap pagi dari jendela kendaraan Papa, Rani selalu megucapkan terima kasih dan berpesan agar Papa tidak mengebut dan tidak lupa makan siang. (2) Pap...

Pembahasan Soal:

Watak adalah sifat-sifat yang ditampilkan oleh penulis dalam sebuah karya. Dalam kutipan cerpen di atas, sifat penyayang dari tokoh Rani tampak pada kalimat nomor satu. Kalimat tersebut mengindikasikan rasa peduli Rani terhadap ayahnya.

0

Roboguru

Kalimat yang membuktikan bahwa tokoh Puutaro berwatak rajin dan cekatan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....

Pembahasan Soal:

Watak yaitu sifat/karakter tokoh. Kalimat yang membuktikan bahwa tokoh Puutaro berwatak rajin dan cekatan pada teks tersebut adalah "Keberuntungan pulang cepat ada padanya karena laporan akhir untuk project terbaru yang ditanganinya sebagai freelance programmer bisa diselesaikan lebih awal." Tampak pada kalimat ke-7.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

0

Roboguru

Ah, betul! itu dia. Dari tadi aku mau bilang begitu. Tarsa, kamu betul. Mata orang yang suka memberi tidak galak. Mata orang yang suka memberi, kata teman-teman yang melek, enak dipandang. Ya, kukira ...

Pembahasan Soal:

Watak tokoh Mirta terlihat pada dialognya "Percuma mengemis di kereta api utama. Aku sudah berpengalaman. Jadi, turutilah apa yang kubilang. Tunggu saja kereta kelas tiga." Berdasarkan dialog tersebut tergambarkan bahwa Mirta memarahi tokoh lain dalam cerpen tersebut dan meminta agar tokoh lain menuruti perkataannya

0

Roboguru

Pendeskripsian watak tokoh yang digunakan pengarang dalam kutipan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Cerita pendek adalah salah satu jenis prosa yang isi ceritanya bukan kejadian nyata dan hanya dibuat-buat. Jumlah kata di dalam cerita pendek tidak lebih dari 10.000 kata. Penulisan cerita pendek menggunakan gaya bahasa yang naratif, padat dan langsung kepada inti cerita.

Watak tokoh sering juga disebut sebagai penokohan. Penokohan merupakan gambaran watak atau karakter yang diberikan oleh pengarang terhadap tokoh-tokoh dalam cerita. Penokohan ini berkaitan dengan sikap, keinginan, ketertarikan, emosi, dan prinsip moral yang dimiliki tokoh-tokoh dalam cerita.

Pendeskripsian watak tokoh yang digunakan pengarang dalam kutipan tersebut adalah langsung menganalisis watak tokoh. Hal ini dapat dilihat dari isi teks berikut, yang memaparkan cara pengarang mendeskripsikan watak tokoh dengan menganalisisnya secara jelas dan terang-terangan:

 

Sikapnya sudah kembali seperti dulu, seperti ketika pertama kali Damita mengenalnya. Tenang. Anggun. Pandai menguasai diri. Wajahnya masih tetap cantik. Meskipun tampak lebih tua. Wajah seorang wanita berumur tiga puluh delapan tahun yang masih tetap menarik walaupun memendam kesepian. Sebentuk wajah yang menyimpan kesedihan. Membendung penderitaan, tetapi tidak menampilkan dendam.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved