Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen berikut!


    Aku membaca catatan harian Neka dengan pikiran tersedak. Tak kusangka sahabat baikku ini menyimpan pergolakan batin yang begitu keras di balik diamnya. Sebagai teman satu jurusan di satu kampus, bahkan teman satu kamar kosnya, tak sekalipun kudengar ia bercerita tentang pergulatan hasrat pulang melawan takutnya itu.

    Sesekali Neka memang bercerita kentang kerinduannya pada ayah yang sangat ia agungkan. "Lelaki ringkih yang menyerahkan seluruh hidup dan matinya untuk keluarga, tanpa menyisakan secuil pun untuk dirinya sendiri." Begitulah Neka menggambarkan ayahnya dalam sebuah obrolan ketika kami membunuh waktu di kamar kos kami senja itu.

    Aku mengenal Neka sebagai perempuan cerdas yang pendiam dan tak suka bercerita tentang dirinya sendiri. la seperti menyimpan terlalu banyak luka dalam masa lalunya sehingga selalu enggan tiap kali harus mengembalikan ingatan ke belakang.

    Tak perlu perdebatan panjang untuk bersepakat betapa cantiknya Neka. Kulit cokelatnya, mata bundarnya, hidung portugisnya dan tinggi semampainya adalah perlengkapan yang lebih dari cukup untuk menaklukkan banyak lelaki. Tapi, setahuku ia tak pernah bergaul dekat dengan satu pun dari banyak lelaki yang mengejarnya. Selalu menjaga jarak aman. Tak pernah sekalipun ia mengiyakan ajakan kencan yang kerap diajukan mereka.

Dikutip dari: Eep Saefulloh Fatah, "Neka" dalam Di Tubuh Tarra, dalam Rahim Pohon, Jakarta, Kompas, 2015.

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah...

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah...space 

  1. Tokoh Neka selalu menerima ajakan kencan teman lelakinya.space 

  2. Tokoh Neka berparas cantik dengan kulit putih dan tinggi semampai.space 

  3. Tokoh Neka selalu menjaga jarak dengan lelaki yang mendekatinya.space 

  4. Tokoh aku mengetahui semua cerita tentang kehidupan tokoh Neka.space 

  5. Tokoh Neka selalu menceritakan keluarganya kepada tokoh aku.space 

Iklan

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined

Iklan

Pembahasan

Salah satu unsur dalam cerpen adalah tokoh dan penokohan.Tokoh adalah orang atau pelaku dalam cerita. Tokoh diartikan oleh pembaca memiliki watak dan karakter yang menunjuk pada kualitas pribadinya. Tanpa tokoh, alur cerita tidak akan pernah sampai pada bagian akhir cerita. Penokohan adalah pelukisan gambaran jelas tentang seseorang dalam sebuahcerita. Dalam sebuah cerpen tokoh yang ditampilkanberupa tokoh fiksi. Tokoh tersebut diceritakan dalam satu situasi saja. Berdasarkan perwatakannya, tokoh dalam cerpen dapat dibagi menjadi dua yaitu tokoh protagonis dan antagonis. Pernyataan yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah tokoh Neka selalu menjaga jarak dengan lelaki yang mendekatinya. Hal itu dapat dilihat dalam kutipan kalimat berikut. Tapi, setahuku ia tak pernah bergaul dekat dengan satu pun dari banyak lelaki yang mengejarnya. Selalu menjaga jarak aman. Tak pernah sekalipun ia mengiyakan ajakan kencan yang kerap diajukan mereka. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Salah satu unsur dalam cerpen adalah tokoh dan penokohan. Tokoh adalah orang atau pelaku dalam cerita. Tokoh diartikan oleh pembaca memiliki watak dan karakter yang menunjuk pada kualitas pribadinya. Tanpa tokoh, alur cerita tidak akan pernah sampai pada bagian akhir cerita. Penokohan adalah pelukisan gambaran jelas tentang seseorang dalam sebuah cerita. Dalam sebuah cerpen tokoh yang ditampilkan berupa tokoh fiksi. Tokoh tersebut diceritakan dalam satu situasi saja. Berdasarkan perwatakannya, tokoh dalam cerpen dapat dibagi menjadi dua yaitu tokoh protagonis dan antagonis.

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah tokoh Neka selalu menjaga jarak dengan lelaki yang mendekatinya. Hal itu dapat dilihat dalam kutipan kalimat berikut.

Tapi, setahuku ia tak pernah bergaul dekat dengan satu pun dari banyak lelaki yang mengejarnya. Selalu menjaga jarak aman. Tak pernah sekalipun ia mengiyakan ajakan kencan yang kerap diajukan mereka.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined

Latihan Bab

Mengenal Cerpen

Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Kebahasaan Cerpen

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat yang membuktikan bahwa tokoh Puutaro berwatak rajin dan cekatan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....

30

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia