RoboguruRoboguru
SD

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...

Pertanyaan

Bacalah teks berikut ini!


Iklan

     Iklan merupakan salah satu komoditi penting yang menjadi sumber devisa negara. Tidak hanya itu, iklan juga merupakan sumber penghidupan bagi para bintang iklan, pembuat iklan, blogger, youtuber, dan event organizer. Iklan pada dasarnya bisa dipahami sebagai media komunikasi untuk memperkenalkan suatu produk tertentu kepada publik melalui media massa, seperti TV, radio, koran, internet, atau papan reklame di pinggir jalan. Tujuannya, yaitu agar produk tersebut dikenal orang dan kemudian bisa laku dikonsumsi orang-orang.

    Suatu produk harus diperkenalkan secara terus-menerus melalui iklan. Iklan tidak akan bekerja efektip jika ditayangkan atau dihadirkan tidak secara terus-menerus. Dengan cara penayangan seperti ini, produk yang ditawarkan akan selalu diingat dan  mengendap dalam alam bawah sadar seseorang. Jadi, ketika orang itu berbelanja, dia akan cenderung memilih produk yang ditayangkan oleh iklan.

     Sebagai contoh, puluhan merk produk sabun cud dapat ditemui di pasar, toko-toko, minimarket atau swalayan. Barangkali mutu dan fungsi dari tiap-tiap produk tersebut tidaklah jauh berbeda, yakni untuk membersihkan cucian. Namun demikian, produk yang gencar melancarkan iklan di berbagai media massa akan dipercayai sebagai produk bermutu tinggi. Padahal, harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan merk tidak terkenal yang harganya jauh lebih murah dan bisa jadi mutunya tidak jauh berbeda.

     Memasang iklan bukanlah hal yang murah. Secuil iklan sekian cm di koran bahkan bisa berharga puluhan ribu dalam sekali cetak. Sementara itu, iklan yang ditayangkan di TV selama beberapa kali dalam seminggu bisa menghabiskan biaya ratusan juta hingga milyaran rupiah. Tentu angka tersebut sangat menggiurkan dan menjadi bisnis, baik dari pihak pengelola TV maupun pembuat iklan.

     Konon iklan yang paling sederhana dan paling awal muncul adalah iklan yang disampaikan dari mulut ke mulut. Pada jaman dahulu sebelum ada media elektronik, perusahaan tertentu tidak hanya menyiarkan iklan melalui media koran, poster atau selebaran, tetapi juga rela membayar beberapa orang untuk disebar ke berbagai penjuru masyarakat. Tujuannya, yaitu untuk memperkenalkan produk dengan cara bercerita tentang mutu, manfaat, dan keumggulan dari suatu produk kepada masyarakat seolah-olah dia telah mendapatkan manfaat yang mujarab dari produk tersebut.

      Iklan model kuno tersebut sebenarnya masih sangat efektip dan relevan hingga sekarang. Hal tersebut bisa dibuktikan dari kehidupan kita sehari-hari. Kita akan mempercayai dan akan memilih untuk membeli produk yang manfaatnya telah diceritakan oleh rekan kita yang telah terlebih dahulu menggunakannya. Iklan semacam ini sangat manjur, tidak memerlukan biaya, sekaligus akan menyebar dengan sendirinya dari mulut ke mulut dengan catatan produk tersebut benar-benar memuaskan.

     Semakin menarik suatu iklan ditayangkan maka akan semakin mudah melekat dalam ingatan seseorang. Semakin menarik suatu iklan tentu membutuhkan konseptor iklan yang kreatip dan inovatif. Tentu biaya pembuatan iklan ini tidak kalah besar daripada biaya menayangkan iklan. Oleh karena itu, iklan tidak hanya menjadi media komunikasi yang menawarkan sesuatu, tetapi juga menjadi lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Sumber: https://gudangpelajaran.com/contoh-teks-eksposisi/, dengan penyesuaianundefined 
 

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...undefined 

  1. Suatu produk tidak perlu diperkenalkan secara terus menerus melalui iklan.undefined 

  2. Iklan yang ditayangkan di TV bisa menghabiskan biaya ratusan ribu rupiah.undefined 

  3. Iklan yang paling sederhana dan paling awal muncul adalah iklan yang disampaikan di media massa.undefined 

  4. Iklan merupakan media komunikasi untuk memperkenalkan suatu produk tertentu kepada publik.undefined 

  5. Semakin menarik suatu iklan ditayangkan maka akan semakin sulit melekat dalam ingatan seseorang.undefined 

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

Pembahasan

Bacaan atau paragraf memuat informasi tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis secara jelas dalam bacaan. Informasi tersirat adalah informasi yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi. Pokok-pokok informasi terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok-pokok informasi itu dapat pula disingkat dengan ADIKSIMBA yaitu Apa, Di mana, Siapa, Mengapa, Bagaimana. Untuk menentukan pernyataan yang isi teks kita harus memahami isi teks secara keseluruhan. Setelah itu, kita membandingkan pernyataan pada pilihan jawaban dengan isi teks. Jika dilihat dari satu persatu pilihan jawaban, maka dapat dianalisis sebagai berikut:

  1. Suatu produk tidak perlu diperkenalkan secara terus menerus melalui iklan, pernyataan ini salah karena Iklan tidak akan bekerja efektip jika ditayangkan atau dihadirkan tidak secara terus-menerus. Dengan cara penayangan seperti ini, produk yang ditawarkan akan selalu diingat dan  mengendap dalam alam bawah sadar seseorang.
  2. Iklan yang ditayangkan di TV bisa menghabiskan biaya ratusan ribu rupiah, pernyataan ini salah karena  iklan yang ditayangkan di TV selama beberapa kali dalam seminggu bisa menghabiskan biaya ratusan juta hingga milyaran rupiah.
  3. Iklan yang paling sederhana dan paling awal muncul adalah iklan yang disampaikan di media massa, pernyataan ini salah karena iklan dari mulut ke mulut adalah yang paling sederhana dan paling awal muncul.
  4. Iklan merupakan media komunikasi untuk memperkenalkan suatu produk tertentu kepada publik, pernyataan ini benar karena sesuai dengan isi pada teks.
  5. Semakin menarik suatu iklan ditayangkan maka akan semakin sulit melekat dalam ingatan seseorang, pernyataan ini salah karena semakin menarik iklan maka semakin mudah melekat dalam ingatan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

(1) Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. (2) Alamnya indah dan buminya sangat subur. (3) Di kota itu banyak terdapat lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan menengah maupun lembaga pendid...

73

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia