Roboguru

Pernyataan yang dikutip dari resensi buku nonfiksi adalah ...

Pertanyaan

Pernyataan yang dikutip dari resensi buku nonfiksi adalah ...space

  1. Mochtar Lubis memperlihatkan sikap jiwa yang ditemukan pada diri orang-orang masa revolusi melalui tokoh Hasil dan Guru Isa.space

  2. Kekuatan novel ini tidak hanya terletak pada realitas hidup tokoh Ongga yang sulit diduga.space

  3. Kemunculan buku ini telah memperkaya khasanah literatur bisnis khususnya bagi pengusaha konglomerat.space

  4. Novel ini termasuk novel serius yang tidak cukup menghibur seperti halnya dalam novel pop.space

  5. Tidak berlebihan pula jika dikatakan bahwa buku ini sangat baik dibaca oleh orang yang terusik dengan ulah tamunya.space

Pembahasan Soal:

Resensi adalah karangan yang berisi ulasan sebuah karya, baik itu yang berupa buku, film, ataupun album lagu. Isinya berupa penilaian atas keunggulan dan kelemahan karya tersebut.

Buku itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Buku fiksi merupakan buku yang berisi cerita, sifatnya imajinatif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata fiksi berarti cerita rekaan atau khayalan yang tidak berdasarkan pada kenyataan. Contohnya: cerpen, novel, dongeng, drama, puisi, hikayat, fabel, mitos, komik, cerita rakyat.
  2. Buku nonfiksi merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nonfiksi adalah yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tentang karya sastra, karangan, dan sebagainya). Contohnya: karya tulis ilmiah, skripsi, tesis, disertasi, buku pelajaran, jurnal, buku ensiklopedia, biografi, literatur, esai, opini, dan pidato.

Berikut ini adalah analisis pernyataan yang dikutip dari resensi buku nonfiksi, yaitu:

  • Pernyataan A yang berbunyi "Mochtar Lubis memperlihatkan sikap jiwa yang ditemukan pada diri orang-orang masa revolusi melalui tokoh Hasil dan Guru Isa" tidak termasuk kutipan resensi buku nonfiksi karena kutipan tersebut berasal dari isi sebuah novel, dan novel merupakan salah satu jenis buku fiksi.
  • Pernyataan B yang berbunyi "Kekuatan novel ini tidak hanya terletak pada realitas hidup tokoh Ongga yang sulit diduga" tidak termasuk kutipan resensi buku nonfiksi karena kutipan tersebut berasal dari isi sebuah novel, dan novel merupakan salah satu jenis buku fiksi.
  • Pernyataan C yang berbunyi "Kemunculan buku ini telah memperkaya khasanah literatur bisnis khususnya bagi pengusaha konglomerat" termasuk kutipan resensi buku nonfiksi karena kutipan tersebut berasal dari isi sebuah buku literatur bisnis yang menjelaskan tentang ilmu berbisnis khususnya bagi pengusaha konglomerat.
  • Pernyataan D yang berbunyi "Novel ini termasuk novel serius yang tidak cukup menghibur seperti halnya dalam novel pop" tidak termasuk kutipan resensi buku nonfiksi karena kutipan tersebut berasal dari isi sebuah novel, dan novel merupakan salah satu jenis buku fiksi.
  • Pernyataan E yang berbunyi "Tidak berlebihan pula jika dikatakan bahwa buku ini sangat baik dibaca oleh orang yang terusik dengan ulah tamunya" tidak termasuk kutipan resensi buku nonfiksi karena kutipan tersebut berasal dari isi sebuah novel, dan novel merupakan salah satu jenis buku fiksi.

Berdasarkan analisis di atas, pernyataan yang dikutip dari resensi buku nonfiksi adalah "Kemunculan buku ini telah memperkaya khasanah literatur bisnis khususnya bagi pengusaha konglomerat".


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Nama lain dari resensi adalah ...

Pembahasan Soal:

Resensi adalah tulisan berisi penilaian atas suatu karya. Sebutan lain dari resensi adalah ulasan karena penulis mengulas hal apapun yang menjadi kelebihan maupun kekurangan dari karya tersebut, kemudian memberi rekomendasi pada pembaca.

Dengan demikian, nama lain dari resensi adalah ulasan.space 

Roboguru

Kalimat resensi yang tepat sesuai dengan penjelasan novel tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Resensi adalah karangan yang berisi ulasan sebuah karya, baik itu yang berupa buku, film, ataupun album lagu. Isi sebuah kalimat resensi adalah berupa penilaian atas keunggulan dan kelemahan karya tersebut.

Berikut ini adalah analisis kalimat pada setiap pilihan jawaban yang menyatakan kalimat resensi, yaitu:

  • Kalimat pada pilihan jawaban A berisikan mengenai sang tokoh yang sedang memperlihatkan dunia pendidikan.
  • Kalimat pada pilihan B berisikan mengenai sang tokoh yang sedang memberikan gambaran tentang dunia pendidikan di Indonesia.
  • Kalimat pada pilihan C berisikan mengenai sang tokoh sebagai sosok guru ideal.
  • Kalimat pada pilihan D berisikan tentang keunggulan tema pada novel tersebut yang mampu menjadi acuan bagi para orang tua.
  • Kalimat pada pilihan E berisikan amanat dari sang tokoh bahwa tugas mendidik siswa tidaklah mudah.

Berdasarkan analisis di atas, maka kalimat resensi yang tepat sesuai dengan penjelasan novel tersebut adalah kalimat yang berbunyi "Tema novel ini memperlihatkan kekuatannya untuk menjadi acuan  bagi orang tua." karena berisikan tentang keunggulan tema pada novel tersebut yang mampu menjadi acuan bagi para orang tua.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space

Roboguru

Resensi disertai alasan yang tepat terdapat pada ...

Pembahasan Soal:

Resensi adalah karangan yang berisi ulasan sebuah karya, baik itu yang berupa buku, film, ataupun karya lain yang berisi berisi pertimbangan baik-buruknya sebuah karya yang dicipta orang lain. Pertimbangan harus dilakukan secara objektif, sesuai dengan kualitas isi karya.

Berikut ini adalah analisis resensi disertai alasan yang tepat pada setiap pilihan jawaban, yaitu:

  • Jawaban pilihan A resensinya tidak tepat karena teks pada kutipan 1 tidak mengandung penilaian hanya berisi judul, penjelasan tentang pengertian cerpen dan asal terciptanya kisah yang diangkat ke dalam cerpen.
  • Jawaban pilihan B resensinya tidak tepat karena teks pada kutipan 1 tidak mengandung pertimbangan baik-buruknya sebuah karya, hanya disinggung mengenai kelebihan dari karya, yaitu tepatnya pada kalimat "Cerpen karya Liana Yusoli Ibadiyah ini mempunyai judul yang menarik, yakni Kidung Kebekuan."
  • Jawaban pilihan C merupakan resensi dengan alasan yang tepat karena kutipan 2 isinya mencakup judul dan pengarang, tema, kilasan isi cerpen, penggunaan bahasa, dan mengungkapkan keunggulan cerpen.
  • Jawaban pilihan D dan E tidak tepat karena alasan tersebut terdapat pada teks kutipan 1 bukan pada teks kutipan 2.

Berdasarkan hasil analisis, maka resensi disertai alasan yang tepat terdapat pada kutipan 2 karena isi mencakup judul dan pengarang, tema, kilasan isi cerpen, penggunaan bahasa, dan mengungkapkan keunggulan cerpen.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

Roboguru

Pengertian resensi adalah. . .

Pembahasan Soal:

Pengertian resensi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku.undefined 

Roboguru

Teks tersebut termasuk resensi buku ...

Pembahasan Soal:

Buku nonfiksi membahas permasalahan berdasarkan fakta dan data yang ada. Teks di atas membahas permasalahan di remaja. Dengan demikian buku tersebut berjenis nonfiksi.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan C.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved