Roboguru

Pernyataan yang BUKAN merupakan cakupan dari kegiatan perdagangan internasional adalah …

Pertanyaan

Pernyataan yang BUKAN merupakan cakupan dari kegiatan perdagangan internasional adalah …space space 

  1. Pak Harto senang mengenakan produk otomotif asal Jepangspace space

  2. Indonesia rutin mengirimkan tenaga kerja ke beberapa negara ASEANspace space

  3. Pak Rudi warga negara Indonesia, menjual barang kepada rekannya berkebangsaan Australia tinggal di Semarangspace space

  4. Saat bulan puasa impor kurma dari Arab Saudi menongkat untuk memenuhi kebutuhan dalam negerispace space

  5. Taiwan menjual produk pakan pertanian ke Thailandspace space

Pembahasan Soal:

Pak Rudi seorang warga Indonesia menjual barang pada warga negara asing yang tinggal di Indonesia berarti tidak ada pertukaran barang antar 2 negara.


Jadi, jawaban yang sesuai adalah C.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Setiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kebijakan pemerintah untuk melindungi produksi dalam negeri disebut ....

Pembahasan Soal:

Kebijakan proteksi adalah kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri yang sedangtumbuh (infant industry), dan melindungi perusahaan baru dari perusahaan-perusahaan besar yangsemen-mena dengan kelebihan yang ia miliki, selain itu persaingan-persaingan barang-barang impor.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A. space space

0

Roboguru

Bagaimana langkah kebijakan Indonesia untuk mempersiapkan diri memasuki Era perdagangan bebas Global Free Trade agar bisa bersaing dalam kompetisi dunia ....

Pembahasan Soal:

Lima langkah strategis Indonesia dalam mempersiapkan diri memasuki Era perdagangan bebas Global Free Trade:

  1. Pertama, Indonesia harus mampu melakukan subsitusi bahan baku, barang dan jasa impor.
  2. Kedua, peningkatan kemampuan logistik yang diiringi dengan penurunan ongkos distribusi.
  3. Ketiga, adanya bunga kredit perbankan yang rendah sehingga industri di dalam negeri bisa mengembangkan kegiatan bisnisnya.
  4. Keempat, pekerja lokal tidak lagi melakukan aksi-aksi tuntutan kenaikan upah.
  5. Kelima, pekerja lokal meningkatkan produktivitas sehingga tidak kalah dibandingkan pekerja asing. undefined 

0

Roboguru

Jelaskan istilah - istilah berikut ini : Wesel, Ekspor, Impor, Subsidi !

Pembahasan Soal:

Wesel adalah sebuah surat perintah yang dibuat oleh orang yang memberi kredit kepada Anda dan diperuntukan kepada debitur untuk membayar sejumlah uang dan tanggal tertentu sebagaimana disebutkan dalamnya. Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) dijelaskan bahwa “Surat yang memuat kata wesel yang diterbitkan dengan tanggal dan tempat tertentu yang mana penerbit memerintahkan tanpa syarat kepada yang tersangkut untuk membayar sejumlah  uang kepada pemegang atau penggantinya pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan.” Pengertian wesel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah “surat pos untuk mengirimkan uang; surat pembayaran yang dapat diuangkan ke bank oleh pemegangnya.”

Ekspor adalah suatu aktivitas mengeluarkan produk barang dari dalam negeri ke luar negeri dengan tetap memenuhi standar peraturan dan ketentuan yang ada. Aktivitas ini umumnya dikerjakan oleh suatu negara jika negara tersebut mampu menghasilkan produk barang dalam jumlah yang cukup besar dan jumlah produk barang tersebut ternyata sudah terpenuhi di dalam negeri, sehingga bisa dikirimkan ke negara yang memang tidak mampu memproduksi barang tersebut atau karena jumlah produksinya tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat negara tujuan.

Impor adalah suatu aktivitas memasarkan produk barang dari Daerah Pabean atau membeli suatu produk barang atau jasa dari negara lain untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar dalam negeri. Aktivitas pengiriman barang impor yang dilakukan dengan skala besar ini membutuhkan proses pendampingan oleh bea cukai. Umumnya, pihak pemerintah akan menetapkan tarif pajak atas setiap produk impor ke masing-masing importirnya. Hal tersebut menyebabkan produk barang impor mempunyai harga yang lebih mahal karena di dalamnya telah dibebankan biaya pajak yang harus dibayar oleh konsumen. Untuk itu, tidak heran jika barang impor memiliki harga yang cenderung lebih mahal daripada produk lokal.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) subsidi adalah bantuan uang atau komoditas pada suatu yayasan, perkumpulan atau masyarakat yang umumnya diberikan oleh pihak pemerintah. Milton H. Spencer dan Orley M. Amos, Jr. dalam bukunya yang berjudul Contemporary Economics, subsidi adalah suatu pembayaran yang dilakukan oleh pihak pemerintah dalam suatu perusahaan ataupun rumah tangga agar bisa mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam dunia ekonomi, tujuan dari subsidi adalah demi mengurangi harga atau meningkatkan pengeluaran. Saat ini, subsisi terbagi menjadi dua jenis, yaitu subsidi dalam bentuk uang, atau subsidi dalam bentuk komoditi atau yang disebut dengan innatura. Subsidi juga bisa diterapkan dalam dunia perdagangan internasional, yakni bantuan keuangan yang diberikan oleh pihak pemerintah pada suatu perusahaan, industri, atau eksportir untuk bisa meningkatkan kegiatan ekspor atau meminimalisir kegiatan impor dari atau ke negara berkembang.
 

0

Roboguru

Perhatikan tujuan-tujuan berikut!   Menentukan harga produk di pasaran Meningkatkan kualitas produk impor Mengurangi defisit neraca perdagangan Melindungi sektor industri dalam negeri Memperl...

Pembahasan Soal:

Kebijakan perdagangan internasional adalah langkah-langkah yang dilakukan pemerintah suatu negara dalam melakukan perdagangan dengan negara lain. Kebijakan perdagangan internasional memiliki beberapa tujuan di antaranya:

  • Menentukan harga produk di pasaran, artinya dengan adanya kebijakan perdagangan internasional, pemerintah bisa menentukan produk negara tersebut di negara lain menjadi lebih murah atau produk negara lain di negara tersebut menjadi lebih mahal.
  • Mengurangi defisit neraca perdagangan artinya dengan adanya kebijakan perdagangan internasional, jumlah barang ekspor lebih sedikit dari jumlah barang impor sehingga bisa mengurangi defisit neraca perdagangan.
  • Melindungi sektor industri dalam negeri, artinya dengan adanya kebijakan perdagangan internasional, produk dari negara lain sulit masuk sehingga produk yang dihasilkan oleh industri dalam negeri dapat dilindungi.

Dengan demikian, tujuan kebijakan perdagangan internasional yang benar ditunjukkan oleh nomor 1, 3 dan 4.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B. space

0

Roboguru

Kebijakan perdagangan luar negeri terbagi dari ....

Pembahasan Soal:

Kebijakan perdagangan internasional adalah kebijakan yang mencakup rangkaian tindakan pemerintah/negara yang akan diambil untuk mengatasi kesulitan atau masalah hubungan perdagangan internasional guna melindungi kepentingan nasional.

Kebijakan perdagangan internasional terbagi 2 :

  1. Kebijakan ekspor, terdiri atas diskriminasi harga, pemberian premi, dumping, politik dagang bebas, dan larangan ekspor.
  2. Kebijakan impor, terdiri atas kuota impor, tarif, subsidi, dan larangan impor. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved